MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Ambil Cuan, Hodl, atau Serok? Pantau Koin-Koin Ini!
Ringkasan Reku
Bagikan!

Ambil Cuan, Hodl, atau Serok? Pantau Koin-Koin Ini!

06 March 2023
2 menit membaca
Ambil Cuan, Hodl, atau Serok? Pantau Koin-Koin Ini!

Senin, 12 Desember 2022

 

SOL 

Source: https://analytics.solscan.io/ 

 

Solana merupakan sebuah proyek platform infrastruktur blockchain publik untuk mengakomodasi pengembang aplikasi menciptakan smart contract, token, dan aplikasi terdesentralisasi berbasis jaringan blockchain. FTX dan Alameda Research diketahui menjadi salah satu investor terbesar di ekosistem Solana. Krisis yang menimpa FTX juga turut memberikan dampak finansial baik kepada Solana maupun Solana Foundation yang juga menyimpan sebagian aset di FTX dan sebagian aset dalam bentuk token FTT.

Situasi tersebut kemudian berkembang dan sepertinya sekarang sampai pada kondisi dimana jaringan Solana mulai ditinggalkan oleh para penggunanya. Hal itu dapat dilihat dari biaya transaksi jaringan yang mengalami penurunan drastis sebesar 97,8% dari 13,42 SOL per hari pada titik tertinggi tiga bulannya di 9 November, menjadi 0,294 SOL pada 11 Desember – seperti yang dapat dilihat pada grafik diatas. Selain itu, rata-rata likuiditas per hari di jaringan Solana juga turun 96% dari $32,9 Miliar menjadi $1,4 Miliar menurut analisis Delphi Digital. 

 

AXS

Source: https://dappradar.com/ronin/games/axie-infinity 

 

AXS, aset kripto pada game Axie Infinity mengalami kenaikan harga lebih dari 20% pada Senin, 5 Desember lalu menyusul temuan data peningkatan volume transaksi harian lebih dari 1000% setelah rilisnya informasi terkait Axie Core. AXS sendiri merupakan aset kripto utilitas dan governance yang berfungsi sebagai media pertukaran aset di ekosistem Axie Infinity serta sekaligus akan memberikan hak voting kepada para pemiliknya untuk mengelola Axie Community Treasury yang menyimpan pendapatan platform Axie Infinity. Dengan naiknya volume transaksi di marketplace Axie, besaran pendapatan Axie Infinity mengalami peningkatan karena adanya fee transaksi yang dikenakan, yang kemudian akan membuat dana yang tersimpan di Community Treasury tadi bertambah. Hal ini membuat token AXS mendapatkan katalis positif. Namun, kenaikan volume transaksi tersebut tidak dapat bertahan, dan saat ini volume transaksi sudah turun 90% dari volume yang terjadi pada 5 Desember. Penurunan ini telah membentuk sebuah tren yang sepertinya masih akan berlanjut khususnya mengingat jumlah pemain game Axie Infinity sendiri belum mengalami peningkatan dan banyak pemain game yang memutuskan untuk pensiun menyusul penundaan perilisan Season 2 Axie Origin. Setidaknya dalam satu minggu kedepan, AXS kami rasa masih akan cukup tertekan. Kehadiran land gameplay dan Axie part upgrade tentu dapat menjadi katalis positif terhadap AXS namun hal itu sepertinya masih tidak akan terjadi di bulan ini. 

 

APE

Source: https://dune.com/ponzidope/apecoin-staking-apy 

 

APE, sebuah token ekosistem NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) dan NFT lain yang dikembangkan oleh Yuga Labs, merilis fitur staking yang kemudian diterima secara sangat positif oleh pasar. Hal itu dapat dilihat dari grafik total token yang distaking (TVL) melalui fitur baru tersebut. Respon positif para pelaku pasar ini diprediksi masih akan berlanjut dalam satu pekan kedepan terlebih dengan besaran reward yang terbilang masih cukup tinggi saat ini. 

Token APE sendiri oleh para pelaku pasar dipercaya memiliki potensi pengembangan yang cukup baik mengingat brand BAYC sebagai pemimpin pasar pada kategori profile picture NFT (PFP), yang memiliki ekosistem produk yang cukup beragam termasuk rencana pengembangan metaverse Otherside Land. Token APE diprediksi akan menjadi aset vital pada ekosistem produk tersebut.