MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Analisis Aliran Masuk ETF Bitcoin Spot di AS: Tren, Implikasi, dan Ekspektasi Harga Bitcoin
Analisis Pasar
Bagikan!

Analisis Aliran Masuk ETF Bitcoin Spot di AS: Tren, Implikasi, dan Ekspektasi Harga Bitcoin

28 June 2024
7 menit membaca
Analisis Aliran Masuk ETF Bitcoin Spot di AS: Tren, Implikasi, dan Ekspektasi Harga Bitcoin

Key Takeaways:

  • Kripto Pilihan: Aliran masuk yang terus berlanjut ke dalam ETF bitcoin spot meskipun dengan laju yang melambat menunjukkan bahwa minat investor terhadap aset digital ini tetap kuat. Meskipun ada beberapa aliran keluar dari produk tertentu seperti GBTC, secara keseluruhan, ETF bitcoin spot menunjukkan kinerja yang solid. Ekspektasi terhadap terobosan harga Bitcoin dari tren penurunan bulan Juni menambah optimisme di kalangan investor. Namun, penting untuk terus memantau dinamika pasar dan pergerakan harga untuk membuat keputusan investasi yang tepat.
  • Berita Altcoin: Hashrate pertambangan Bitcoin turun ke level terendahnya sejak awal Maret, menunjukkan penurunan kekuatan komputasi total yang terhubung ke blockchain Bitcoin oleh para penambang, yang kemungkinan mematikan mesin mereka karena kurang menguntungkan akibat penurunan harga Bitcoin, yang berpotensi memperburuk momentum bearish pada harga BTC.
  • Berita Sepekan: Anggota Kongres AS Mike Flood dari Nebraska memimpin upaya pembentukan kebijakan aset kripto yang efektif dan komprehensif di Kongres AS, dengan fokus pada perlindungan investor, integritas sistem keuangan, dan inovasi teknologi keuangan, termasuk penambangan Bitcoin yang berkelanjutan, mendapat dukungan luas dari komunitas aset kripto meskipun dihadang skeptisisme dari rekan-rekannya, dengan harapan dedikasinya akan membentuk masa depan regulasi cryptocurrency di AS.

 

Analisis Aliran Masuk ETF Bitcoin Spot di AS: Tren, Implikasi, dan Ekspektasi Harga Bitcoin

Aliran masuk bersih sebesar $11,8 juta ke dalam ETF bitcoin spot di AS pada hari Kamis menandakan lanjutan tren positif selama tiga hari berturut-turut, meskipun dengan kecepatan yang lebih lambat dibandingkan awal minggu ini. Pada hari Selasa, aliran masuk bersih tercatat sebesar $31 juta. Artikel ini akan menganalisis tren ini, implikasinya bagi pasar serta investor, dan ekspektasi terhadap harga Bitcoin berdasarkan analisis terbaru.

Tren Aliran Masuk dan Performa ETF:

  • Performa Terbaik:
    • Bitwise’s BITB: Menarik aliran masuk terbesar sebesar $8 juta. Ini menunjukkan minat investor yang kuat terhadap produk ini.
    • Fidelity’s FBTC: Mencatat aliran masuk sebesar $7 juta, mencerminkan kepercayaan investor terhadap manajemen dan strategi ETF ini.
    • ETF Franklin Templeton: Menyaksikan aliran masuk terbesar sejak pertengahan Mei sebesar $3,6 juta, menandakan pemulihan minat investor.
    • Invesco dan Galaxy Digital’s BTCO: Mencatat aliran masuk sebesar $3 juta.
    • Ark Invest dan 21Shares’ ARKB: Menarik $1,84 juta.
  • Aliran Keluar:
    • Grayscale’s GBTC: Satu-satunya yang mengalami aliran keluar bersih sebesar $11,5 juta. Hal ini mungkin disebabkan oleh kinerja yang kurang memuaskan atau perpindahan dana ke ETF lain yang lebih menarik.
  • Tidak Ada Aliran Masuk/Keluar:
    • BlackRock’s IBIT: Tidak mencatat aliran selama lima hari berturut-turut meskipun nilai perdagangan mencapai $520 juta. Hal ini menunjukkan stabilitas dalam posisi investor.
    • VanEck, Valkyrie, WisdomTree, dan Hashdex: Tidak mencatat aliran, menunjukkan bahwa investor mungkin sedang menunggu sinyal pasar yang lebih jelas.

VanEck baru-baru ini mengajukan aplikasi untuk ETF Solana spot, menyebabkan harga token melonjak sekitar 10%.

Aktivitas Pasar dan Volume Perdagangan:

  • Volume perdagangan harian untuk 11 dana bitcoin pada hari Kamis sekitar $920 juta, jauh lebih rendah dibandingkan puncak bulan Maret yang melebihi $10 miliar. Penurunan ini mungkin mencerminkan kondisi pasar yang lebih tenang dan kurangnya volatilitas yang biasanya mendorong volume perdagangan yang tinggi.
  • Sejak Januari, ETF ini telah mengumpulkan aliran masuk bersih total sebesar $14,45 miliar, menunjukkan minat yang terus meningkat terhadap investasi bitcoin melalui ETF.
  • Harga bitcoin naik 1% dalam 24 jam terakhir menjadi $61,677.

Sentimen Investor dan Implikasinya:

  • Jay Jacobs dari BlackRock: Mengatakan bahwa investor melihat Bitcoin sebagai lindung nilai terhadap risiko geopolitik dan moneter. Hal ini mencerminkan pandangan bahwa meskipun volatilitas tinggi, Bitcoin menawarkan diversifikasi yang berbeda dibandingkan dengan aset tradisional seperti obligasi dan saham.

Ekspektasi Harga Bitcoin: 

Dengan harga Bitcoin yang terus menurun sepanjang bulan Juni, gagal bertahan di atas $62.000, banyak analis percaya bahwa ada potensi besar untuk terobosan harga ke arah atas. Saat ini, harga Bitcoin berada pada $61.657 dengan kapitalisasi pasar sebesar $1,2 triliun. Dalam sepekan terakhir, harga Bitcoin turun sekitar 5%.

Analisis Rekt Capital:

  • Rekt Capital memprediksi bahwa tren penurunan saat ini akan segera berakhir dan Bitcoin dapat memberikan terobosan besar dari tren penurunan bulan Juni.
  • BTC tampaknya membentuk pola Bull-Flag awal yang, jika mendapatkan kekuatan, dapat menantang tren penurunan bulan Juni dan memberikan terobosan besar ke arah atas.

Level Kunci untuk Diperhatikan:

  • Support Level: Bitcoin perlu menutup dalam struktur pola Bull-Flag pada basis mingguan untuk mempertahankan level dukungan ini.
  • Tingkat Kritikal: Jika harga Bitcoin turun ke $60.700, likuidasi besar-besaran senilai $22 juta bisa terjadi.

Pengaruh Kedaluwarsa Opsi Bitcoin: 

Traders juga mengamati dengan cermat kedaluwarsa opsi Bitcoin hari ini dengan nilai kontrak sebesar $6,6 miliar yang dipertaruhkan, yang dapat memicu volatilitas besar dalam harga Bitcoin.

Kesimpulan: 

Aliran masuk yang terus berlanjut ke dalam ETF bitcoin spot meskipun dengan laju yang melambat menunjukkan bahwa minat investor terhadap aset digital ini tetap kuat. Meskipun ada beberapa aliran keluar dari produk tertentu seperti GBTC, secara keseluruhan, ETF bitcoin spot menunjukkan kinerja yang solid. Ekspektasi terhadap terobosan harga Bitcoin dari tren penurunan bulan Juni menambah optimisme di kalangan investor. Namun, penting untuk terus memantau dinamika pasar dan pergerakan harga untuk membuat keputusan investasi yang tepat.

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Altcoin Update

  • 🐲 Neutral – Hashrate pertambangan Bitcoin turun ke level terendahnya sejak awal Maret, menurut data on-chain terbaru. Hashrate ini mencerminkan kekuatan komputasi total yang terhubung ke blockchain Bitcoin oleh para penambang. Penurunan ini menunjukkan bahwa sejumlah penambang telah mematikan mesin mereka, mungkin karena tidak lagi menganggap aset kripto ini menguntungkan. Dengan penurunan harga Bitcoin belakangan ini, pendapatan para penambang juga menurun, karena hadiah blok BTC yang mereka terima berkurang nilainya seiring dengan turunnya harga aset tersebut. Turunnya hashrate ini dapat memperburuk momentum bearish yang saat ini mempengaruhi harga Bitcoin.

Cek Harga BTC Sekarang!

  • 🌍 Bullish –  Aptos Foundation dan Alibaba Cloud telah bergabung untuk meningkatkan aksesibilitas dan memperkuat ekosistem web3 di Jepang. Mereka bersama-sama meluncurkan Alcove, komunitas pengembang pertama di Asia yang dibangun bersama, dengan tujuan untuk meningkatkan dampak web3 dan mendorong inovasi di wilayah tersebut. Alcove akan mempromosikan bahasa pemrograman kontrak pintar Move di Asia-Pasifik, dengan fokus pada pengembang yang mahir. Kolaborasi ini diharapkan dapat mendukung transformasi digital berikutnya dan memperkuat ekosistem web3 di Jepang, membuka peluang bagi proyek-proyek baru untuk bersaing secara global.

Cek Harga APTOS Sekarang!

  • 🚀 Bullish – MOG Coin melonjak ke posisi 100 besar aset kripto berdasarkan kapitalisasi pasar, memimpin pasar dengan kenaikan 32,34% dalam 24 jam terakhir dan lebih dari 130% dalam seminggu terakhir. Kenaikan ini menunjukkan minat dan investasi yang meningkat dalam MOG Coin, menegaskan posisinya sebagai pemain utama dalam ruang aset kripto. Meme coin lainnya seperti Book of Meme (BOME) dan Bonk Inu (BONK) juga mengalami kenaikan signifikan, menyoroti dominasi meme coin di pasar saat ini. Dogecoin (DOGE) yang sebelumnya telah memasuki zona bullish, kemungkinan telah membuka jalan bagi meme coin lain seperti MOG Coin untuk mengalami lonjakan serupa.

 

Berita Terkini dalam Sepekan Terakhir

  • 🌜 Bullish – Anggota Kongres AS Mike Flood dari Nebraska memimpin upaya pembentukan kebijakan aset kripto yang efektif dan komprehensif di Kongres AS. Sebagai legislator berpengalaman, Flood berfokus pada perlindungan investor, menjaga integritas sistem keuangan, dan mendorong inovasi dalam teknologi keuangan. Dengan perhatian khusus pada penambangan Bitcoin yang berkelanjutan, Flood aktif dalam merumuskan undang-undang untuk memberikan kejelasan dan stabilitas di pasar kripto. Upaya ini mendapat dukungan dari komunitas aset kripto meskipun menghadapi tantangan dari rekan-rekannya yang skeptis. Dedikasi Flood diharapkan akan membentuk masa depan regulasi cryptocurrency di AS.

Cek Harga BTC Sekarang!

  • 💰 Bullish – Stripe dan Coinbase telah bermitra untuk meningkatkan adopsi on-chain dan menyediakan infrastruktur keuangan yang lebih cepat dan lebih murah. Stripe akan menambahkan dukungan untuk Base dalam rangkaian produk kriptonya untuk menawarkan transfer uang yang lebih cepat dan murah bagi pengguna. Coinbase menambahkan jalur masuk fiat-ke-kripto milik Stripe ke dalam Coinbase Wallet, memungkinkan pengguna membeli kripto secara instan dengan kartu kredit dan Apple Pay. Dengan dukungan untuk Base, jaringan global pengguna Stripe akan memiliki akses ke transfer uang yang lebih cepat dan lebih murah.
  • 🤖 Bullish – MicroStrategy (MSTR) telah mengungguli kinerja harga Bitcoin (BTC) dengan lonjakan 115% sepanjang tahun ini. Sementara Bitcoin mengalami kenaikan sekitar 40% sepanjang tahun ini namun stagnan dalam pertumbuhannya, saham MicroStrategy justru mengalami lonjakan signifikan lebih dari 115%. Kinerja saham MicroStrategy yang mengagumkan ini menjadi sorotan investor, terutama karena eksposur besar perusahaan terhadap Bitcoin dan strategi agresifnya dalam memanfaatkan mata uang digital ini sebagai aset strategis, yang kini menyumbang sekitar 55% dari nilai saham perusahaan tersebut.

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Disclaimer: Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.

Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.