MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Analisis Makro
Ringkasan Reku
Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Adopsi Shibarium naik, tapi Kenapa SHIB dan BONE turun?
Analisis Pasar
Bagikan!

Adopsi Shibarium naik, tapi Kenapa SHIB dan BONE turun?

19 September 2023
8 menit membaca
Adopsi Shibarium naik, tapi Kenapa SHIB dan BONE turun?

Key Takeaways:

  • Makroekonomi: Bank Sentral Prancis revisi proyeksi pertumbuhan ekonomi negaranya, sektor ritel dan manufaktur di AS mensinyalir potensi terjadinya pelemahan lanjutan dengan turunnya rekrutmen pekerja musiman dan produksi kendaraan bermotor.
  • Analisis On Chain: Adopsi Shibarium dalam ekosistem Shiba Inu meningkat dengan lebih dari 1,2 juta dompet dan efisiensi tinggi. Namun, token BONE dan SHIB mengalami penurunan dalam sebulan terakhir. Sentimen pasar lebih memengaruhi harga daripada adopsi Shibarium, dan investor disarankan berhati-hati sambil memonitor perkembangan ekosistem Shiba Inu, termasuk Shibarium, yang dapat memengaruhi pemulihan SHIB dan BONE.
  • Berita Altcoin: Harga token LINK dari Chainlink menguat lebih dari 10% berkat kemitraan dengan SWIFT. Sui Foundation merilis zkLogin, solusi otentikasi Web3. Kaspa, blockchain PoW dengan arsitektur BlockDAG, naik 30% dalam seminggu. Semua ini menunjukkan optimisme dalam ekosistem kripto.
  • Berita Sepekan: Blockchain Capital kumpulkan $580 juta untuk investasi di crypto gaming, DeFi, dan teknologi sosial. Investor Bitcoin optimis menghadapi kerugian $100 miliar oleh Federal Reserve AS. Mark Cuban kehilangan hampir $1 juta akibat serangan phishing

 

 

Analisis Makroekonomi

Perubahan Proyeksi Ekonomi Prancis

Bank Sentral Prancis (Banque de France) telah memperbarui proyeksi pertumbuhan ekonominya untuk tahun-tahun mendatang. Berdasarkan prospek ekonomi per-kuartal terbaru. Untuk tahun 2023, perkiraan pertumbuhan dinaikkan menjadi 0,9%, naik dari perkiraan sebelumnya sebesar 0,7%. Revisi optimis ini disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dari estimasi sebesar 0,5% pada kuartal kedua tahun 2023, yang juga didukung oleh mulai beroperasinya kembali kilang minyak setelah mogok kerja, produksi tenaga nuklir pasca pemeliharaan, dan pengiriman kapal laut. 

Untuk tahun 2024, prediksi pertumbuhannya sedikit diturunkan dari 1,0% menjadi 0,9%. Pertumbuhan diperkirakan akan meningkat pada tahun 2025, mencapai 1,3%. Namun, angka ini lebih rendah dari pertumbuhan 1,5% yang diperkirakan sebelumnya pada bulan Juni. Bank sentral mengidentifikasi beberapa tantangan terhadap pertumbuhan ekonomi pada periode tersebut, seperti prospek ekonomi yang lebih lemah bagi Jerman, yang merupakan mitra dagang utama Prancis, dan lambatnya pertumbuhan ekonomi di China. Namun, bank sentral memperkirakan belanja konsumen akan meningkat di tahun-tahun mendatang seiring menurunnya inflasi.

Bank sentral Prancis juga cukup optimis mengenai proyeksi inflasi. Setelah mencapai puncaknya sebesar 7,3% pada bulan Februari lalu, inflasi pada tahun 2023 ini diperkirakan akan mencapai rata-rata 5,8%, dan akan turun menjadi 2,6% pada tahun 2024, dan selanjutnya turun menjadi 1,8% pada tahun 2025. Proyeksi tahun 2025 ini lebih rendah dari target Bank Sentral Eropa (ECB) sebesar 2%. 

Dalam hal ketenagakerjaan, meskipun pasar tenaga kerja masih cukup kuat pada tahun 2023, ketidakselarasan antara pasar tenaga kerja dan lanskap ekonomi yang lebih luas diproyeksikan dapat mengakibatkan lebih banyak hilangnya lapangan kerja dibandingkan penciptaan lapangan kerja pada tahun 2024 dan seterusnya. Pengangguran diperkirakan meningkat dari 7,2% pada tahun 2023 menjadi 7,5% pada tahun 2024 dan 7,8% pada tahun 2025.

Rekrutmen Tenaga Kerja Musiman di AS Tahun ini Terendah sejak Krisis 2008

Untuk musim liburan akhir tahun ini, AS diperkirakan akan mempekerjakan pekerja musiman paling sedikit sejak tahun 2008, yang mana pada waktu itu terjadi krisis keuangan akibat kredit perumahan. Hal ini diperkirakan disebabkan oleh kenaikan upah dan penurunan belanja masyarakat di sana, akibat penguatan nilai dollar dan meningkatnya suku bunga untuk menyimpan uang di bank.

Perusahaan ritel diperkirakan akan mempekerjakan sekitar 410.000 orang selama liburan musim ini, walaupun masih lebih banyak dibandingkan 324.900 orang yang dipekerjakan pada krisis keuangan tahun 2008 angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan penambahan pekerjaan sebesar 519.400 pada tahun lalu. Retailer besar saat ini juga banyak yang belum mengumumkan rencana perekrutan pekerja lepas, hal ini tidak seperti yang biasanya terjadi.

Produksi Kendaraan Bermotor di AS Turun, Sektor Manufaktur Masih Tertekan

Output sektor manufaktur AS menunjukkan peningkatan kecil sebesar 0,1% pada bulan Agustus karena penurunan produksi kendaraan bermotor. Serikat pekerja United Auto Workers (UAW) telah memulai pemogokan di tiga pabrik, yang dapat menyebabkan penurunan produksi lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang. Pemogokan ini terjadi pada saat yang penuh tantangan bagi sektor manufaktur, yang sedang bergulat dengan konsekuensi kenaikan suku bunga Federal Reserve yang relatif cukup signifikan bagi sektor tersebut. Kenaikan bunga telah mengurangi permintaan terhadap barang-barang yang biasanya dibeli secara kredit seperti kendaraan bermotor.

Implikasi Bagi Pasar Crypto

Perekonomian Prancis terlihat akan cukup resilien jika mengacu pada perkiraan pertumbuhan terbaru oleh Bank Sentral Prancis. Namun, tantangan masih tetap ada, khususnya terkait dengan mitra dagang Prancis dan perkiraan peningkatan pengangguran pada tahun-tahun yang akan datang. 

Kehati-hatian retailer di AS menjelang akhir tahun dapat mencerminkan kekhawatiran terhadap perekonomian secara umum, dan kecenderungan para pelaku industri untuk mengambil keputusan secara lebih konservatif. 

Secara umum, situasi-situasi tersebut mungkin akan mendorong investor untuk lebih mendiversifikasi portofolionya. Aset kripto sebagai sebuah instrumen yang tidak terkait secara langsung dengan aktivitas ekonomi sehari-hari bisa menjadi alternatif yang cukup menarik. Proyeksi menurunnya tingkat inflasi juga dapat berimbas pada turunnya suku bunga yang akan membuat investor mencari instrumen investasi yang menawarkan return lebih tinggi.

 

Analisis On Chain

Adopsi Shibarium Meningkat, SHIB dan BONE Justru Melemah.

Ekosistem Shiba Inu terus menjadi topik hangat akhir-akhir ini berkat serangkaian perkembangan yang terjadi. Salah satunya adalah Shibarium, yang merupakan solusi layer 2 dalam ekosistem Shiba Inu. Shibarium telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam hal penggunaan dan adopsi. Data dari Shibariumscan.io mengungkapkan bahwa jumlah total dompet di Shibarium telah melampaui angka 1,2 juta, dengan lebih dari 2,8 juta transaksi yang telah berhasil diproses. Kecepatan rata-rata blok Shibarium hanya 5 detik, yang merupakan bukti efisiensi dan skalabilitas platform ini. Hal ini mencerminkan minat besar dari pengguna dalam ekosistem Shiba Inu, serta kemampuan Shibarium dalam mengatasi masalah biaya transaksi yang tinggi yang sering muncul di jaringan Ethereum.


Sumber: Shibarium blockchain explorer | Blockscout

Update Terbaru: Peningkatan Keamanan Token BONE

Tim Shiba Inu baru-baru ini merilis sebuah artikel yang membahas tindakan perlindungan terhadap token BONE. Mereka telah menerapkan sebuah kontrak timelock yang dikendalikan oleh dompet multisignature terdesentralisasi, dengan tujuan untuk menjaga keamanan BONE dari potensi ancaman. Meskipun tindakan ini meningkatkan tingkat kompleksitas dalam proses pencetakan sisa BONE dan penyerahan kepemilikan kontrak BONE, langkah ini dianggap positif untuk menjaga keamanan ekosistem.


Sumber: π‹π”π‚πˆπ„ | ✨Shibarium✨ on X

Cek Harga BONE Sekarang!

 

BONE dan SHIB Melemah di Tengah Adopsi Jaringan yang Meningkat

Meskipun adopsi Shibarium terus berkembang, BONE mengalami penurunan harga yang cukup signifikan, dengan turun lebih dari 31,43% dalam satu bulan terakhir, menurut data dari CoinMarketCap. Saat artikel ini ditulis, BONE diperdagangkan sekitar $0,8125 dengan kapitalisasi pasar lebih dari $186 juta, dan peringkatnya turun menjadi peringkat 130 dalam daftar kripto teratas. SHIB, yang merupakan token utama dalam ekosistem ini, juga menghadapi tantangan serupa. Dalam satu bulan terakhir, harga SHIB turun lebih dari 14% dan diperdagangkan sekitar $0,000007268, dengan kapitalisasi pasar yang mencapai lebih dari $4,28 miliar. 

Sumber: Glassnode – On-chain market intelligence

Hal ini mengindikasikan bahwa pada BONE dan SHIB, pengaruh dari sentimen pasar kripto yang fluktuatif memainkan peran yang lebih besar dalam perubahan harga SHIB dibandingkan dengan peningkatan aktivitas onchain dan adopsi yang terjadi di jaringan Shibarium. Selain itu, data dari Glassnode mengonfirmasi bahwa investor sedang menjual SHIB, dengan perubahan posisi bersih pertukaran Shiba Inu yang tetap merah. Dengan demikian investor dihimbau untuk tetap berhati-hati mengingat kondisi pasar yang cenderung fluktuatif akhir-akhir ini, sambil memantau perkembangan terbaru dalam ekosistem Shiba Inu, termasuk Shibarium, yang diharapkan dapat menjadi katalis dalam pemulihan token SHIB dan BONE.

Cek Harga SHIB Sekarang!

 

Altcoin Update

  • 🌜 Bullish – Token LINK Menguat Lebih dari 10% Berkat Kemitraan dengan SWIFT. Harga token LINK dari Chainlink melonjak lebih dari 10% pada hari Senin berkat beberapa kemitraan baru dengan lembaga keuangan tradisional. Ini dipicu oleh optimisme terkait kemitraan Chainlink dengan SWIFT untuk meningkatkan adopsi aset ter-tokenisasi. Chainlink juga berhasil menjalin kemitraan dengan DTCC dan ANZ, yang telah menggunakan teknologi Chainlink untuk transaksi lintas rantai. – Cek Harga LINK Sekarang!
  • πŸ’° Bullish – Sui Foundation Luncurkan zkLogin, Solusi Otentikasi Web3 untuk DApps. Sui Foundation baru-baru ini mengumumkan peluncuran zkLogin, sebuah solusi otentikasi Web3 yang memungkinkan pengguna akhir untuk masuk ke aplikasi terdesentralisasi (DApps) dengan lebih mudah. Dalam sebuah siaran pers, Sui Foundation menjelaskan bahwa zkLogin akan memungkinkan pengguna untuk mengotentikasi diri dengan akun eksisting mereka di platform seperti Google, Facebook, Twitch, dan penyedia pihak ketiga lainnya. – Cek Harga SUI Sekarang!
  • πŸ€– Bullish – Kaspa, Blockchain PoW Berbasis BlockDAG Naik 30% dalam Seminggu. Kaspa, blockchain berbasis proof-of-work, mengalami lonjakan harga sekitar 30% dalam seminggu terakhir, didorong oleh serangkaian integrasi baru dengan layanan kripto dan visinya yang menggabungkan kecepatan tinggi dengan keamanan. Kaspa berpotensi menjadi pemain penting dalam dunia kripto berkat arsitektur BlockDAG-nya yang memungkinkan kecepatan transaksi yang tinggi tanpa mengorbankan desentralisasi. – Cek Harga KAS Sekarang!

 

Berita Terkini dalam Sepekan Terakhir

  • 🐲 Bullish – Blockchain Capital Mengumpulkan Dana $580 Juta untuk Investasi di Crypto Gaming dan DeFi. Blockchain Capital telah berhasil mengumpulkan total $580 juta untuk investasi di berbagai sektor, termasuk crypto gaming dan DeFi (Decentralized Finance), serta teknologi sosial. Dana tersebut terdiri dari $380 juta yang dialokasikan untuk investasi tahap awal (early stage investments) dan dana β€œpeluang” sebesar $200 juta yang dirancang untuk mendukung perusahaan yang sudah mendapatkan pendanaan. 
  • 🌍 Bearish – Mark Cuban Kehilangan Hampir $1 Juta Akibat Phising. Pemilik Dallas Mavericks, investor teknologi, dan miliarder, Mark Cuban, kehilangan sekitar $870,000 dalam bentuk token cryptocurrency akhir pekan lalu setelah kemungkinan mengklik tautan phishing. Serangan phishing memanipulasi pengguna untuk memberikan data sensitif, mengunduh malware, dan mengungkapkan informasi pribadi mereka. Serangan phishing ini tampaknya berasal dari aplikasi dompet palsu yang diunduh oleh Cuban.
  • πŸš€ Bullish – Investor Bitcoin Optimis Menghadapi Kerugian $100 Miliar Federal Reserve AS. Investor Bitcoin optimis menghadapi kerugian sebesar $100 miliar oleh Federal Reserve AS pada tahun 2023. Kerugian ini terjadi karena pembayaran bunga utang Federal Reserve yang melebihi pendapatan mereka, hal ini mempengaruhi suku bunga dan permintaan Bitcoin. Bahkan, diperkirakan kerugian ini dapat terus meningkat hingga tahun 2024, berpotensi mempengaruhi pasar secara luas.  Meskipun Bitcoin mungkin tidak dianggap sebagai aset lindung yang ideal untuk saat ini, pandangan ini bisa berubah seiring pemahaman bahwa batas utang AS sebenarnya tidak terbatas, sehingga akumulasi aset ini secara bertahap dapat menjadi pilihan yang masuk akal. – Cek Harga BTC Sekarang!

 

Crypto Terpopuler dalam Sepekan Terakhir

 

Crypto dengan Performa Terbaik dan Terburuk Sepekan Terakhir

Top Performance Crypto

  1. Aave (AAVE) +17.30%

  2. Maker (MKR) +15.58%

  3. Bitcoin Cash (BCH) +13.93%

  4. Chainlink (LINK) +13.30%

  5. Cosmos (ATOM) +12.50%

 

Top Losers Crypto

  1. Stellar (XLM) -13.89%

  2. Avalanche (AVAX) -1.74%

  3. Apecoin (APE) +0.11%

  4. Shiba Inu (SHIB) +0.88%

  5. Sui (SUI) +1.00%

 

Referensi

https://www.shibariumscan.io/

https://glassnode.com/

 

Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.
Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.