MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Cardano (ADA) Menguat, Apa yang Menanti di November?
Analisis Pasar
Bagikan!

Cardano (ADA) Menguat, Apa yang Menanti di November?

03 November 2023
7 menit membaca
Cardano (ADA) Menguat, Apa yang Menanti di November?

Key Takeaways:

  • Analisis On Chain: Cardano (ADA) mengalami penguatan yang signifikan dalam kapitalisasi pasar, dengan pertumbuhan mencapai 36% dalam dua minggu terakhir. Aktivitas on-chain dan transaksi “whale” juga meningkat, menunjukkan minat yang meningkat di kalangan investor.
  • Berita Altcoin: MicroStrategy terus membeli Bitcoin, Celestia meluncurkan mainnet “Lemon Mint” dengan teknologi baru, dan World App mencapai lebih dari 1 juta pengguna aktif bulanan dalam enam bulan dengan ribuan unduhan dan transaksi.
  • Berita Sepekan: Visa menyelesaikan uji coba Digital Dollar Hong Kong, Tiongkok menerapkan blockchain untuk pembayaran lintas negara melalui Money Bridge Blockchain, dan XRP mendapatkan persetujuan di Dubai serta bermitra dengan Bank Nasional Georgia.
  • Makroekonomi: Bank sentral AS (The Fed) dan Inggris (BoE) telah mengambil keputusan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuan. Produktivitas pekerja di AS mencatatkan peningkatan yang melanjutkan tren perkembangan makro di AS yang cukup positif.

 

 

Analisis On Chain

Cardano (ADA) Menguat! Aktivitas On-Chain Melonjak dan Transaksi ‘Whale’ Melejit – Apa yang Menanti di Bulan November?

Cardano (ADA) baru-baru ini mencatat kenaikan yang signifikan dalam kapitalisasi pasar. Dalam periode 24 jam terakhir, kapitalisasi pasar Cardano meningkat sebesar 9%, sementara dalam dua minggu terakhir, pertumbuhan mencapai 36%. Peningkatan ini mengindikasikan minat yang meningkat di kalangan investor terhadap aset kripto ini.

harga cardano ada
Sumber: Cardano price today, ADA to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

Cek Harga ADA Sekarang!

Aktivitas On-Chain dan Transaksi “Whale”

Dalam tiga minggu terakhir, aktivitas on-chain Cardano meningkat sebesar 23%, menunjukkan partisipasi yang lebih besar dalam ekosistem Cardano. Transaksi “whale” (transaksi dalam jumlah besar) juga mengalami peningkatan sebesar 32% dalam periode yang sama. Ini mencerminkan keterlibatan aktif dari berbagai jenis investor dalam jaringan Cardano, yang menunjukkan minat yang meningkat dalam ekosistem Cardano.

Aktivitas On-Chain dan Transaksi "Whale"

Sumber: Santiment (@santimentfeed) / X (twitter.com)

Selain itu, Total Value Locked (TVL) Cardano mencapai puncak tertinggi untuk tahun 2023, mencapai total sebesar 215,8 juta. TVL adalah metrik yang mencerminkan nilai aset yang terkunci dalam ekosistem Cardano, dan ini mengindikasikan pertumbuhan yang signifikan dalam adopsi aset kripto ini.

Total Value Locked (TVL) Cardano

Sumber: Cardano – DefiLlama

Peningkatan aktivitas on-chain diatas pada bulan Oktober telah berhasil meningkatkan nilai ADA hingga mencapai $0.3167 naik 23.26% dalam satu bulan terakhir, namun apakah rally ini akan berlanjut di bulan November?.

Prospek Cardano di Bulan November

November adalah bulan yang menarik untuk Cardano, dimana pada periode ini akan terdapat dua skenario yang mungkin akan terjadi pada ADA. Jika berhasil menembus level resistensi $0,32, ada peluang harga akan mencapai level $0,36 dan bahkan menguji level resistensi $0,38. Di sisi lain, jika harga turun di bawah level dukungan $0,29, penurunan lebih lanjut ke level $0,28 dan $0,26 mungkin terjadi. 

Peningkatan aktivitas on-chain telah memberikan dorongan pada harga ADA dalam satu bulan terakhir. Meskipun demikian, di tengah kompleksitas situasi pasar kripto saat ini, para investor harus tetap waspada dan melakukan riset secara mendalam sebelum membuat keputusan investasi di bulan November ini.

Cek Harga ADA Sekarang!

 

Altcoin Update

  • 🌜 Bullish MicroStrategy Terus Mengakumulasi Bitcoin. MicroStrategy melanjutkan akumulasi Bitcoin dengan pembelian tambahan 155 bitcoin senilai $5,3 juta pada bulan Oktober, ketika harga Bitcoin hampir mencapai $35.000. Perusahaan ini sekarang memegang total 158.400 bitcoin setelah sebulan sebelumnya membeli 5.445 bitcoin senilai $147,3 juta. Cek Harga BTC Sekarang!
  • 💰 BullishCelestia Luncurkan Mainnet. Celestia telah sukses meluncurkan mainnet beta bernama “Lemon Mint” yang memperkenalkan teknologi Data Availability Sampling (DAS) untuk meningkatkan scalability dari sebuah blockchain. Teknologi DAS memungkinkan node blockchain untuk memverifikasi ketersediaan data tanpa harus mengunduh seluruh dataset. Cek Harga TIA Sekarang!
  • 🤖 BullishWorld App Miliki Lebih dari 1 Juta Pengguna Aktif Bulanan. Dalam enam bulan sejak diluncurkan, World App, dompet kripto dari proyek Worldcoin, melaporkan lebih dari 1 juta pengguna aktif bulanan, menempatkannya sebagai salah satu dompet kripto paling populer. Selain itu, aplikasi ini memiliki lebih dari 500.000 pengguna aktif mingguan dan lebih dari 100.000 pengguna aktif harian. World App telah diunduh lebih dari 4 juta kali dan telah melakukan lebih dari 22 juta transaksi. Cek Harga WLD Sekarang!

 

Berita Terkini dalam Sepekan Terakhir

  • 🐲 Bullish Visa Berhasil Menyelesaikan Program Uji Coba Digital Dollar Hong Kong. Visa berhasil menyelesaikan program uji coba Digital Dollar Hong Kong dengan HSBC dan Hang Seng Bank, atas dukungan dari Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA). Hasil uji coba ini menunjukkan peningkatan kecepatan pembayaran, manajemen risiko penyelesaian yang lebih efisien, kontrol yang lebih baik, dan peningkatan transparansi transaksi.
  • 🌍 BullishTiongkok Gunakan Blockchain untuk Pembayaran Lintas Negara. Tiongkok menerapkan teknologi blockchain untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi transaksi keuangan lintas negara melalui sistem Money Bridge Blockchain (MBL). Dalam uji coba nya, lebih dari 150 juta yuan telah sukses ditransaksikan oleh 20 bank. Tiongkok berinisiatif untuk merevolusi cara pengelolaan pembayaran lintas negara dengan mengintegrasikan teknologi blockchain ke dalam transaksi keuangan nya.
  • 🚀 BullishXRP Dapat Persetujuan di Dubai dan Ripple Jadi Mitra Bank Nasional Georgia. XRP disetujui oleh Dubai Financial Services Authority (DFSA) untuk digunakan di Dubai. Hal ini sejalan dengan keinginan CEO Ripple, Brad Garlinghouse yang berencana memperluas kehadiran Ripple di Dubai. Selain itu, Ripple juga dipilih sebagai mitra teknologi Bank Nasional Georgia untuk proyek mata uang digital menggunakan Ripple’s CBDC Platform. Cek Harga XRP Sekarang!

 

Analisis Makroekonomi

The Fed Pertahankan Suku Bunga

Bank sentral AS, The Fed, telah mengambil keputusan untuk mempertahankan suku bunga acuannya pada kisaran 5,25%-5,50%. Keputusan tersebut sekaligus menghentikan serangkaian kenaikan suku bunga agresif yang terjadi sejak sekitar 20 bulan lalu guna mengendalikan inflasi yang tinggi. Meskipun perekonomian AS tumbuh kuat sebesar 4,9% pada kuartal ketiga, pemimpin The Fed, Jerome Powell, mengakui masih adanya tantangan terhadap keseimbangan antara pengendalian inflasi dan mempertahankan keberlanjutan pertumbuhan ekonomi. Powell mengisyaratkan kemungkinan kenaikan suku bunga di masa depan jika inflasi tidak mengalami progres penurunan yang cukup untuk mencapai target di angka 2%.

Suku Bunga The Fed 5 Tahun Terakhir

The Fed Pertahankan Suku Bunga

Sumber: Trading Economics

Pasar keuangan dan crypto bereaksi positif terhadap keputusan The Fed, yang turut ditafsirkan sebagai indikasi kemungkinan berakhirnya siklus pengetatan atau bahkan mengarah pada penurunan suku bunga di tahun mendatang. Laporan ketenagakerjaan dan inflasi yang akan datang akan sangat penting bagi arah kebijakan The Fed, dengan pertemuan bulan Desember yang akan menjadi momentum penting berikutnya terkait potensi penyesuaian suku bunga.

Produktivitas Tenaga Kerja di AS Naik

Pada kuartal ketiga, produktivitas pekerja di AS mengalami peningkatan terbesar sejak tahun 2020. Produktivitas meningkat secara tahunan sebesar 4,7%, melampaui pertumbuhan pada kuartal sebelumnya dan ekspektasi para ekonom. Lonjakan produktivitas tersebut menunjukkan bahwa perekonomian tumbuh secara efisien, dengan lebih banyak output per jam kerja, dan bertepatan dengan laju pertumbuhan ekonomi tercepat dalam hampir dua tahun terakhir. Pada saat yang sama, biaya tenaga kerja (labor cost) mengalami penurunan, yang dapat menjadi sinyal positif terhadap upaya penurunan inflasi. Biaya unit tenaga kerja (unit labor cost) turun 0,8% pada kuartal ketiga, menyusul kenaikan 3,2% pada kuartal kedua.

Bank Sentral Inggris Pertahankan Suku Bunga

Bank Sentral Inggris (BoE) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuannya pada level 5,25%, yang merupakan angka tertinggi dalam 15 tahun terakhir, setelah kenaikan berturut-turut sejak Januari 2022. Keputusan tersebut diambil meskipun perekonomian berada di ambang resesi dan belum menunjukkan adanya tanda-tanda pertumbuhan signifikan di tahun-tahun mendatang. Komite Kebijakan Moneter (MPC) memberikan suara 6-3 untuk mendukung keputusan tersebut, selaras dengan prediksi para ekonom sebelumnya. Gubernur BoE Andrew Bailey turut menekankan pentingnya menjaga suku bunga tetap tinggi untuk mengatasi tingkat inflasi yang masih berada cukup jauh di atas target sebesar 2%. Bailey mengindikasikan bahwa masih terlalu dini untuk mempertimbangkan penurunan suku bunga saat ini. Kenaikan suku bunga lebih lanjut juga menurutnya mungkin akan diperlukan untuk memastikan permasalahan inflasi dapat diatasi secara menyeluruh.

Suku Bunga BoE dan Tren Inflasi

Bank Sentral Inggris Pertahankan Suku Bunga

Sumber: Reuters

Implikasi Bagi Pasar Crypto

Perkembangan yang cukup positif dari pertumbuhan ekonomi AS yang direspon oleh The Fed dengan mempertahankan tingkat suku bunga acuan yang ada telah turut meningkatkan kepercayaan investor terhadap instrumen investasi berisiko tinggi seperti ekuitas dan crypto. Hal ini menjadi modal yang cukup penting dalam menunjang optimisme lanjutan para pelaku pasar kripto yang saat ini telah didukung dengan semakin tipisnya tekanan jual dari para long term holder

Sementara itu, pertumbuhan kompensasi tenaga kerja yang melambat, yang dikombinasikan dengan peningkatan produktivitas kerja di AS, juga menunjukkan tren yang baik dalam mengendalikan inflasi tanpa menghambat pertumbuhan ekonomi. Data tersebut berpotensi menjadi pertanda positif bagi perekonomian AS, yang juga dapat turut meningkatkan optimisme investor crypto terhadap terjaganya daya beli dan daya investasi masyarakat.

 

Crypto Terpopuler dalam Sepekan Terakhir

Crypto Terpopuler dalam Sepekan Terakhir

 

Crypto dengan Performa Terbaik dan Terburuk Sepekan Terakhir

Top Performance Crypto

  1. Near Protocol (NEAR) +29.44%

  2. THORChain (RUNE) +27.20%

  3. PancakeSwap (CAKE) +22.48%

  4. Solana (SOL) +19.81%

  5. Aave (AAVE) +16.19%

 

Top Losers Crypto

  1. Conflux (CFX) -8.39%

  2. Maker (MKR) -5.83%

  3. Dogecoin (DOGE) -4.57%

  4. dYdX (DYDX) -3.56%

  5. Bitcoin Cash (BCH) -2.86%

 

Referensi

Cardano price today, ADA to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

Santiment (@santimentfeed) / X (twitter.com)

Cardano – DefiLlama

 

 

Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.
Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.