MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Berita Palsu tentang ETF Bitcoin Mendorong Kenaikan Harga BTC hingga $30,000
Analisis Pasar
Bagikan!

Berita Palsu tentang ETF Bitcoin Mendorong Kenaikan Harga BTC hingga $30,000

17 October 2023
7 menit membaca
Berita Palsu tentang ETF Bitcoin Mendorong Kenaikan Harga BTC hingga $30,000

Key Takeaways:

  • Makroekonomi:  IMF soroti ketegangan di Palestina, ekspor China turun lebih sedikit dari perkiraan, dan harga perdagangan besar di Jerman bulan September bukukan penurunan terdalam sepanjang tahun. 
  • Analisis On Chain: Berita palsu tentang persetujuan ETF Bitcoin BlackRock mengakibatkan lonjakan harga Bitcoin hingga $30,000 sebelum harga kembali turun. Kejadian ini menekankan pentingnya verifikasi informasi kripto, dan walaupun persetujuan ETF Bitcoin diharapkan akan mengangkat harga Bitcoin, hingga saat ini, belum ada persetujuan dari SEC. Kehati-hatian tetap diperlukan di pasar kripto yang sangat fluktuatif.
  • Berita Altcoin: Manta Network akan bermigrasi dari Optimism ke Polygon CDK, menyebabkan integrasi lebih kuat dengan ekosistem Polygon. Uniswap telah mengumumkan tarif swap 0,15% untuk sejumlah token, sementara Lido menghentikan staking Solana karena kekurangan dana setelah mendapat dukungan komunitas untuk penutupan Solana, tetapi masih melayani staking di Polygon dan Ethereum.
  • Berita Sepekan: CEO BlackRock, Larry Fink, menganggap berita palsu tentang persetujuan Bitcoin ETF mereka oleh SEC sebagai tanda minat besar terhadap kripto. Namun, di sisi lain, Pemerintah AS berhasil mengumpulkan lebih dari 194.000 Bitcoin senilai lebih dari $5 miliar dari aktivitas ilegal, dan pasar kripto baru-baru ini mengalami likuidasi cepat senilai sekitar $65 juta akibat laporan palsu tentang BlackRock ETF, menyoroti pentingnya verifikasi berita dan kerentanannya terhadap informasi palsu.

 

 

Analisis Makroekonomi

IMF Soroti Ketegangan di Palestina

Meningkatnya ketegangan geopolitik di Palestina menjadi topik diskusi dalam pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Maroko. Para pemimpin keuangan global berusaha untuk merespons dan merencanakan upaya mitigasi untuk mengelola dampak dari situasi tersebut. Dalam pertemuan tersebut, IMF dan World Bank dilaporkan mencanangkan rencana pendanaan baru yang bertujuan untuk memitigasi potensi dampak guncangan ekonomi yang semakin meningkat.

Tekanan di Sektor Perdagangan China Sedikit Mereda

Data perekonomian terkini China menunjukkan tanda-tanda perbaikan di sektor perdagangan di mana penurunan ekspor yang terjadi di bulan September berada pada angka yang lebih kecil dari perkiraan. Ekspor China turun 6,2%, yang juga diiringi dengan penurunan impor. Langkah-langkah kebijakan pemerintah China tampaknya cukup memberikan dampak, namun krisis properti yang sedang berlangsung dan isu-isu global terus juga menjadi hambatan yang signifikan. 


Sumber: Reuters

Harga Perdagangan Besar Jerman Alami Penurunan Terendah YoY

Harga perdagangan besar (wholesale price) Jerman pada bulan September, turun sebesar 4,1% year-on-year. Penurunan tersebut terutama disebabkan oleh penurunan harga produk minyak mineral. Harga produk minyak mineral turun sebesar 19,8% secara year-on-year setelah kenaikan harga yang terjadi terhadap produk tersebut pada awal dimulainya perang di Ukraina lalu. Penurunan wholesale price tersebut juga merupakan penurunan lanjutan yang telah terjadi sejak April lalu. Penurunan harga perdagangan besar yang terus berlanjut tersebut dapat mengindikasikan potensi tingkat inflasi yang lebih rendah dalam beberapa bulan mendatang. 

Indeks Harga Perdagangan Besar Jerman YoY

Sumber: Trading Economics

Implikasi Bagi Pasar Crypto

Meningkatnya perhatian IMF terhadap situasi di Palestina menyoroti hubungan antara stabilitas geopolitik dan kesehatan ekonomi global yang semakin erat. Di sisi lain, progres pemulihan ekonomi dan penurunan inflasi di Amerika, Inggris, dan Eropa saat ini masih cukup jauh dari target. Sehingga, adanya potensi gangguan kesehatan ekonomi global dapat berpotensi meningkatkan kekhawatiran para investor terhadap pertumbuhan iklim investasi. Sementara itu, meskipun meredanya penurunan ekspor di China merupakan indikator positif yang menunjukkan ketahanan dan kemampuan adaptasi perekonomian di negara tersebut, kondisi ekonomi secara umum dengan krisis properti yang terjadi, dapat memberikan sinyal waspada kepada para investor dan pengambil kebijakan. Penurunan harga perdagangan besar yang terus terjadi di Jerman mengindikasikan kemungkinan berkurangnya tekanan inflasi dalam waktu dekat. Namun, juga dapat mensinyalir meningkatnya kemungkinan terjadinya resesi ekonomi di negara tersebut. 

Secara umum, perkembangan ekonomi makro yang terjadi sejauh ini, dapat dikatakan berpotensi membuat investor menjadi lebih konservatif dalam mengambil keputusan. Namun, kondisi yang demikian juga dapat meningkatkan urgensi untuk investor melakukan diversifikasi aset secara lebih luas. Apabila demikian, maka aset kripto berpotensi mendapatkan perhatian lebih dari para investor secara umum sebagai imbas dari situasi yang ada.

 

Analisis On Chain

Berita Palsu tentang ETF Bitcoin Mendorong Kenaikan Harga BTC hingga $30,000

Pada Senin malam kemarin, harga Bitcoin tiba-tiba melesat, bahkan mencapai titik tertinggi sekitar $30,000 dalam waktu singkat. Namun, lonjakan ini ternyata disebabkan oleh laporan palsu yang menyebar di media sosial, mengklaim bahwa SEC telah menyetujui iShares Bitcoin ETF dari BlackRock. Tak lama berselang, BlackRock segera mengklarifikasi bahwa permohonan mereka masih dalam tahap peninjauan oleh SEC, yang mengakibatkan harga Bitcoin kembali turun ke level sebelum laporan palsu tersebut muncul.

Cek Harga BTC Sekarang!

Sumber: Bitcoin price today | CoinMarketCap

 

Sumber laporan palsu ini masih belum jelas. Bahkan, platform berita kripto Cointelegraph telah meminta maaf karena menjadi salah satu sumber pertama yang menyebarkan informasi yang ternyata keliru ini dan berjanji untuk melakukan investigasi lebih lanjut.

Sumber: X (twitter.com)

 

Kejadian ini bukanlah yang pertama kalinya berita palsu seputar kripto mempengaruhi pasar. Sebelumnya, investor kripto pernah tertipu oleh rilis pers palsu yang mengklaim toko-toko besar akan mulai menerima pembayaran dengan aset kripto. Meskipun laporan semacam itu selalu segera dibantah, harga kripto selalu melonjak setiap kali berita palsu muncul.


Sumber: Clarification on sharing false spot Bitcoin ETF news (cointelegraph.com)

Potensi ETF Bitcoin Dongkrak Harga Bitcoin di Masa Depan

ETF, atau exchange-traded fund, adalah kumpulan investasi yang dapat diperdagangkan di bursa saham. Sebuah ETF Bitcoin akan memungkinkan investor ritel dan lainnya untuk berinvestasi dalam Bitcoin melalui bursa saham tanpa harus memiliki aset digital tersebut.

Persetujuan ETF Bitcoin dianggap penting bagi industri kripto karena diharapkan akan membantu mengukuhkan legitimasi Bitcoin dan menarik lebih banyak investor ke pasar kripto. Namun, hingga saat ini, SEC belum menyetujui permohonan ETF Bitcoin apa pun, dan BlackRock menyatakan bahwa permohonan mereka masih dalam tahap peninjauan.

Dalam rangkaian peristiwa ini, kita dapat menyimpulkan betapa pentingnya untuk selalu memverifikasi informasi kripto sebelum mengambil tindakan investasi apa pun. Kehati-hatian adalah kunci, terutama di pasar kripto yang sangat fluktuatif.

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Altcoin Update

  • 🌜 Neutral – Manta Network, Jaringan Layer 2, akan Bermigrasi dari Optimism (OP) ke Polygon CDK. Ini berarti Manta akan menjadi bagian dari ekosistem Polygon daripada Optimism Superchain yang akan datang. Manta mengatakan bahwa mereka memilih untuk bermigrasi ke Polygon CDK dengan beberapa alasan seperti kecepatan, modularitas, dan potensi pembuatan jembatan ZK ke Ethereum yang akan meningkatkan akses likuiditas di ekosistem Polygon CDK, sehingga dapat menguntungkan ekosistem Manta di masa depan. Cek Harga MATIC Sekarang!
  • 💰 Bullish – Uniswap Mengumumkan Biaya Swap 0,15% untuk Sejumlah Token. CEO Uniswap, Hayden Adams, telah secara resmi mengumumkan tarif swap sebesar 0,15% yang akan berlaku untuk beberapa token, termasuk ETH, USDC, WETH, USDT, dan DAI. Layanan ini dapat diakses oleh pengguna di platform pertukaran terdesentralisasi Uniswap. Selain itu, Uniswap juga telah memperkenalkan inovasi lain, seperti protokol UniswapX Beta dan agregator NFT. Cek Harga UNI Sekarang!
  • 🤖 Bearish – Lido Hentikan Staking Solana karena Kekurangan Dana. Lido, penyedia layanan staking keuangan terdesentralisasi, menghentikan staking Solana karena kekurangan dana. Keputusan ini diambil setelah diskusi panjang di DAO dan pemungutan suara komunitas yang mendukung penutupan Lido di Solana. Meskipun demikian, Lido masih menyediakan layanan staking untuk Polygon (MATIC) dan Ethereum (ETH). Mereka juga mengumumkan jadwal untuk mengakhiri dukungan terhadap Solana, termasuk penghentian front-end Solana pada Februari 2024. Cek Harga LDO Sekarang!

 

Berita Terkini dalam Sepekan Terakhir

  • 🐲 Bullish CEO BlackRock, Berita Palsu Bitcoin ETF Menunjukkan Minat Besar pada Kripto. CEO BlackRock, Larry Fink, menyebut berita palsu tentang persetujuan Bitcoin ETF perusahaan mereka oleh SEC sebagai contoh minat besar terhadap kripto. Fink mencatat permintaan tinggi dari klien global terhadap kripto namun tidak memberikan komentar mengenai status aplikasi. Kenaikan harga Bitcoin sekitar 10% yang disebabkan oleh berita palsu tersebut sebagian diatribusikan pada kekhawatiran global seperti perang Israel dan terorisme, yang mendorong pelarian ke investasi yang dianggap lebih aman. Cek Harga BTC Sekarang!
  • 🌍 BearishPemerintah AS Kumpulkan Lebih dari 194.000 Bitcoin Senilai $5 Miliar. Pemerintah Amerika Serikat telah mengumpulkan lebih dari 194.000 BTC senilai lebih dari $5 miliar melalui penahanan aset kripto yang berasal dari aktivitas ilegal dan investigasi kriminal. Meskipun sebagian aset kripto mereka telah dijual dalam beberapa kesempatan, pemerintah AS masih mempertahankan jumlah yang signifikan. Cek Harga BTC Sekarang!
  • 🚀 Bearish Likuidasi $65 Juta Bitcoin Setelah Laporan Palsu Persetujuan BlackRock ETF. Pemalsuan laporan terkait persetujuan BlackRock ETF telah mengakibatkan likuidasi cepat posisi Bitcoin senilai sekitar $65 juta, hal ini menyoroti kerentanan pasar kripto terhadap berita palsu dan pentingnya informasi yang dapat dipercaya. Kejadian ini mengingatkan trader / investor untuk selalu memverifikasi berita sebelum bertransaksi. Cek Harga BTC Sekarang!

 

Crypto Terpopuler dalam Sepekan Terakhir

 

Crypto dengan Performa Terbaik dan Terburuk Sepekan Terakhir

Top Performance Crypto

  1. Render (RNDR) +8.50%

  2. Solana (SOL) +7.84%

  3. Frax Share (FXS) +6.70%

  4. ApeCoin (APE) +5.59%

  5. Bitcoin Cash (BCH) +5.08%

 

Top Losers Crypto

  1. Mantle (MNT) -11.85%

  2. Tezos (XTZ) -8.04%

  3. Cosmos (ATOM) -7.74%

  4. ThorChain (RUNE) -5.89%

  5. Avalanche (AVAX) -4.67%

 

Referensi

Bitcoin price today | CoinMarketCap

X (twitter.com)

Clarification on sharing false spot Bitcoin ETF news (cointelegraph.com)

 

Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.
Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.