MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Proyek
Ringkasan Reku
Hashrate Bitcoin Meningkat, Apa Dampaknya Pada Harga Bitcoin?
Analisis Pasar
Bagikan!

Hashrate Bitcoin Meningkat, Apa Dampaknya Pada Harga Bitcoin?

07 November 2023
8 menit membaca
Analisis Pasar
Hashrate Bitcoin Meningkat, Apa Dampaknya Pada Harga Bitcoin?

Key Takeaways:

  • Analisis On Chain: Peningkatan hashrate Bitcoin meningkatkan keamanan jaringan dan persaingan di penambangan, tetapi berpotensi mengakibatkan sentralisasi. Dampak pada harga Bitcoin tergantung pada tindakan penambang yang bisa mempengaruhi pasokan dan permintaan.
  • Berita Altcoin: Selama sepekan terakhir penjualan NFT melonjak menjadi $129 juta, 8 juta dompet Bitcoin memiliki saldo di atas $1,000, dan Aave sementara menghentikan beberapa operasi pasarnya karena masalah protokol.
  • Berita Sepekan: The Simpsons menampilkan NFT dan blockchain dalam episode terbaru mereka. Transfer SOL senilai $30 juta dari FTX ke Binance dan Kraken menurunkan harga SOL, menciptakan tekanan penjualan. Hong Kong mempertimbangkan izin ETF kripto berbasis spot untuk meningkatkan minat investor di kawasan Asia-Pasifik.
  • Makroekonomi: Aktivitas sektor jasa di Jepang dan Jerman terlihat melemah pada bulan Oktober. Sementara itu, tingkat penciptaan lapangan kerja di AS telah kembali menyentuh angka sebelum pandemi COVID-19 terjadi.

 

 

Analisis On Chain

Hashrate Bitcoin Meningkat, Apa Dampaknya Pada Harga Bitcoin?

Pada tanggal 5 November 2023, hashrate Bitcoin mencapai angka rekor tertinggi tahun ini sebesar 544 exahashes per detik (EH/s). Peningkatan yang signifikan dalam daya komputasi jaringan Bitcoin ini membawa sejumlah implikasi dan tantangan yang perlu diperhatikan.


Sumber: Bitcoin Hashrate Daily Chart – CoinWarz

Cek Harga BTC Sekarang!

Implikasi dan Tantangan Peningkatan Hashrate

Tingkat hashrate yang tinggi adalah tanda positif dalam ekosistem Bitcoin. Pertama-tama, ini meningkatkan keamanan jaringan secara substansial. Semakin tinggi tingkat hashrate, semakin sulit bagi pihak tidak bertanggung jawab untuk mengganggu atau memanipulasi blockchain, yang pada gilirannya akan memperkuat kepercayaan terhadap jaringan dari aset kripto ini. Selain itu, hashrate yang kuat juga mencerminkan adanya komunitas penambang yang kompetitif, yang merupakan elemen kunci untuk menjaga operasional yang lancar dalam jaringan Bitcoin.

Sumber: Blockchain.com | Charts – Hashrate Distribution

Namun, ada juga tantangan yang muncul seiring dengan pertumbuhan hashrate yang pesat. Kompetisi di dalam dunia penambangan menjadi semakin sengit seiring dengan peningkatan hashrate ini, dan persyaratan sumber daya yang lebih besar diperlukan. Hal ini dapat membawa potensi sentralisasi, yang berarti hanya penambang besar dengan aset dan sumber daya yang memadai yang dapat bersaing. Sentralisasi seperti ini bertentangan dengan prinsip dasar desentralisasi yang menjadi pilar utama Bitcoin.

Selain itu, seiring dengan peningkatan hashrate, kesulitan penambangan jaringan Bitcoin juga meningkat. Meskipun ini adalah elemen yang direncanakan dalam desain Bitcoin untuk memastikan keamanan jaringan, kenaikan kesulitan ini juga memperumit proses penambangan. Penambang memerlukan lebih banyak daya komputasi, yang pada gilirannya memerlukan investasi finansial yang signifikan. Ini dapat mengarah pada sentralisasi lebih lanjut, dengan hanya penambang besar yang mampu mengatasi tantangan ini. Sebagai contoh, dari tabel di atas, terlihat bahwa saat ini Binance Pool hingga Foundry USA mendominasi dengan total pangsa pasar gabungan mereka mencapai hampir 83% dari semua pool penambangan yang ada. Oleh karena itu, kemungkinan hanya beberapa pool penambangan yang akan bertahan seiring dengan peningkatan hashrate, terutama menjelang halving tahun depan, yang akan memotong reward mining menjadi setengah, dan dapat menyebabkan beberapa pool penambangan yang tidak menguntungkan untuk menghentikan operasinya.

Dampak Terhadap Harga Bitcoin

Terdapat dua skenario yang mungkin timbul akibat peningkatan hashrate Bitcoin. Pertama, peningkatan ini berpotensi mengerek harga Bitcoin karena mencerminkan peningkatan keamanan dan kepercayaan dalam jaringan. Penambang yang memerlukan investasi besar untuk bersaing di lingkungan yang kompetitif mungkin lebih cenderung menyimpan Bitcoin mereka daripada menjualnya, yang bisa mengurangi pasokan di pasar. Kedua, peningkatan kesulitan penambangan juga dapat mendorong penambang untuk menjual sebagian Bitcoin mereka guna mengatasi biaya operasional yang naik. Oleh karena itu perlu untuk memantau kondisi dari penambang Bitcoin yang saat ini beroperasi, apakah revenue yang mereka hasilkan sebanding dengan biaya operasional yang mereka keluarkan atau malah sebaliknya.

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Altcoin Update

  • 🌜 Bullish – Penjualan NFT Melonjak Hingga Mencapai $129 Juta pada Bulan November, dengan Platform Blur Memimpin Tren Pertumbuhan Ini. Meskipun pada awalnya mengalami penurunan, pasar NFT mengalami peningkatan yang signifikan dalam lima minggu terakhir. Penjualan NFT melonjak menjadi 68.342 ETH pada 5 November, atau setara dengan $129 juta. Platform Blur NFT memimpin dalam penjualan NFT, menghasilkan lebih dari 171.926 ETH (lebih dari $305 juta) dari total volume dalam 30 hari. – Cek Harga ETH Sekarang!
  • πŸ’° Bullish – 8 Juta Dompet Bitcoin dengan Saldo di Atas $1,000. Jumlah dompet Bitcoin dengan saldo melebihi $1,000 mencapai rekor baru yaitu mencapai 8 juta dompet Bitcoin. Kemungkinan tren pertumbuhan wallet ini akan terus berlanjut seiring adopsi Bitcoin yang terus meningkat. Rekor ini juga bersamaan dengan kenaikan nilai pasar Bitcoin, yang naik hampir 25% dalam empat minggu terakhir, didukung oleh spekulasi tentang potensi persetujuan exchange-traded funds (ETF) Bitcoin oleh SEC. – Cek Harga BTC Sekarang!
  • πŸ€– Bearish – Aave Sementara Hentikan Operasi Pasarnya Karena Masalah Protokol. Pada tanggal 4 November, Aave, salah satu protokol DeFi, memutuskan untuk sementara menghentikan beberapa operasi pasarnya sebagai tanggapan terhadap laporan tentang masalah pada protokolnya. Tindakan ini mempengaruhi beberapa jaringan, termasuk Aave v2 Ethereum Market dan aset tertentu di Aave v2 yang beroperasi di Avalanche. Beberapa aset di Polygon, Arbitrum, dan Optimism juga dibekukan sementara sebagai tindakan pencegahan. Tim Aave menegaskan bahwa dana di pasar mereka tidak dalam bahaya. Selama aset yang terpengaruh dibekukan, pengguna masih dapat menarik dana mereka, tetapi tidak dapat menambahkan atau meminjam aset tambahan sampai masalah tersebut berhasil diselesaikan. – Cek Harga AAVE Sekarang!

 

Berita Terkini dalam Sepekan Terakhir

  • 🐲 Bullish – Penampilan NFT dalam Episode Khusus The Simpsons. Episode Halloween The Simpsons baru-baru ini menampilkan NFT dan blockchain. Dalam episode β€œTreehouse of Horror 34”, NFTs diceritakan dengan candaan dalam segmen β€œWild Barts Can’t Be Token”. Dimana Marge menyelamatkan Bart yang berubah menjadi NFT. Ini bukan pertama kalinya The Simpsons mengomentari dunia kripto, telah ada referensi sebelumnya pada 2020 dan 2022.
  • 🌍 Bullish – Transfer 750,000 SOL dari FTX ke Binance dan Kraken Membuat Harga SOL Turun. Bursa kripto yang telah bangkrut, FTX baru-baru ini mentransfer 750.000 SOL senilai $30 juta ke Binance dan Kraken, menandakan kemungkinan adanya penjualan. Tindakan ini menyebabkan harga SOL turun 5% dalam waktu 24 jam terakhir. Dengan total $102 juta SOL yang dipindahkan ke bursa, transaksi ini diperkirakan akan menciptakan tekanan penjualan pada token tersebut. – Cek Harga SOL Sekarang!
  • πŸš€ Bearish– Hong Kong Pertimbangkan Izin Spot Crypto ETF. Hong Kong saat ini sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan exchange-traded fund (ETF) kripto berbasis spot dalam upayanya untuk menjadi pusat aset digital di kawasan Asia-Pasifik. Pemerintah kota ini tengah mempertimbangkan pemberian akses kepada investor ritel untuk jenis ETF kripto ini. Meskipun Hong Kong dan Amerika Serikat telah mengizinkan ETF kripto berbasis futures, minat dari para investor masih terbatas. Oleh karena itu, pengenalan ETF kripto berbasis spot diharapkan dapat meningkatkan minat para investor.

 

Analisis Makroekonomi

Sektor Jasa Jepang Bukukan Ekspansi Terendah Sepanjang 2023

Sektor jasa di Jepang, yang merupakan kontributor penting bagi pertumbuhan ekonomi negara tersebut, selama bulan Oktober mengalami pertumbuhan paling lambat sepanjang tahun 2023. Indeks Manajer Pembelian (PMI) sektor jasa Bank au Jibun turun menjadi 51,6 dari 53,8 pada bulan September. Hal ini menunjukkan berkurangnya permintaan di sektor tersebut meskipun indeks masih berada pada zona ekspansi (di atas angka 50,0). 

Penurunan tersebut merupakan imbas dari berkurangnya pertumbuhan pesanan baru (new order) yang berada pada tingkat terendah sejak bulan Januari. Pesanan ekspor baru juga mengalami kontraksi untuk pertama kalinya dalam lebih dari setahun. Optimisme dunia usaha juga turun ke titik terendah dalam sembilan bulan. Faktor eksternal seperti ketegangan di Timur Tengah dan perlambatan ekonomi China turut menimbulkan tantangan tambahan terhadap prospek perekonomian Jepang. 

Sisi positifnya adalah tekanan inflasi di Jepang menurun ke level terendah dalam empat bulan, di tengah meningkatnya biaya bahan bakar dan upah. Untuk mengurangi dampak inflasi, pemerintah Jepang mengumumkan paket bantuan ekonomi yang besar. PMI komposit secara keseluruhan, yang mencakup manufaktur dan jasa, juga masih berada pada zona ekspansi selama sepuluh bulan berturut-turut, meskipun pada tingkat yang lebih rendah. Tercatat PMI komposit berada pada angka 50,5 pada bulan Oktober, turun dari 52,1 pada bulan sebelumnya.

Indeks PMI Komposit Jepang


Sumber: Trading Economics

Aktivitas Sektor Jasa Jerman Terkontraksi

Aktivitas sektor jasa di Jerman mengalami kontraksi pada bulan Oktober, hal ini ditunjukkan dengan turunnya Purchasing Managers Index (PMI) jasa final HCOB menjadi 48,2 dari 50,3 pada bulan September. Penurunan di bawah ambang batas netral 50 tersebut menunjukkan adanya pelemahan di sektor ini dan sekaligus mengubah status dari ekspansi menjadi kontraksi. 

Indeks PMI Sektor Jasa Jepang

Sumber: Trading Economics

PMI komposit, yang mencakup sektor jasa dan manufaktur, juga turun ke level 45.9 dari 46,4. Kepala ekonom di Hamburg Commercial Bank menyoroti potensi risiko tambahan seperti kemungkinan kenaikan suku bunga dan kenaikan harga minyak, yang semuanya dapat berkontribusi terhadap ketidakpastian ekonomi ke depan.

Pasar Tenaga Kerja AS Tumbuh Melambat

Pertumbuhan lapangan kerja di AS terlihat mulai melambat, dengan jumlah gaji non-pertanian (nonfarm payrolls) meningkat hanya sebesar 150.000, dan kenaikan upah berada pada titik terendah dalam satu tahun terakhir. Hal ini menandakan bahwa perekonomian mungkin akan memasuki kondisi keseimbangan baru pasca pandemi. Pasar keuangan telah merespons dengan mengurangi ekspektasi terhadap kemungkinan kenaikan suku bunga di masa depan, dan beberapa pihak memperkirakan potensi penurunan suku bunga pada tahun 2024. 

Sumber: Reuters 

Meskipun data pasar tenaga kerja lebih lemah, tingkat rata-rata penciptaan lapangan kerja telah mendekati angka sebelum pandemi COVID-19. Hal ini mengindikasikan kemungkinan kembalinya pola pertumbuhan yang lebih berkelanjutan.

 

Crypto Terpopuler dalam Sepekan Terakhir

 

Crypto dengan Performa Terbaik dan Terburuk Sepekan Terakhir

Top Performance Crypto

  1. PancakeSwap (CAKE) +83.03%

  2. Blur (BLUR) +55.62%

  3. Injective (INJ) +30.27%

  4. The Graph (GRT) +30.00%

  5. Immutable X (IMX) +24.96%

 

Top Losers Crypto

  1. 0x Protocol (ZRX) -11.98%

  2. Maker (MKR) -6.98%

  3. Worldcoin (WLD) -6.98%

  4. Bone ShibaSwap (BONE) -5.65%

  5. Render (RNDR) -1.93%

 

Referensi

Bitcoin Hashrate Daily Chart – CoinWarz

Blockchain.com | Charts – Hashrate Distribution

 

 

Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.
Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.