MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
PayPal Luncurkan Stablecoin PYUSD, Whale Kumpulkan Token LINK, Polygon zkEVM Catat Rekor Transaksi
Analisis Pasar
Bagikan!

PayPal Luncurkan Stablecoin PYUSD, Whale Kumpulkan Token LINK, Polygon zkEVM Catat Rekor Transaksi

11 August 2023
12 menit membaca
PayPal Luncurkan Stablecoin PYUSD, Whale Kumpulkan Token LINK, Polygon zkEVM Catat Rekor Transaksi

Key Takeaways:

  • PayPal akan merilis stablecoin crypto berbasis dolar di jaringan Ethereum. Raksasa pembayaran global, PayPal (PYPL), memasuki pasar aset kripto dengan merilis stablecoin berbasis dolar Amerika Serikat (AS), yang diberi nama PayPal USD (PYUSD).
  • Dalam kurun waktu baru-baru ini, aktivitas akumulasi aset kripto Chainlink (LINK) oleh whales menunjukkan peningkatan yang signifikan. Data on-chain dari Santiment mencatat bahwa dalam periode sebulan terakhir, kelompok investor ini telah berhasil mengakuisisi sekitar 14 juta token LINK senilai lebih dari $100 juta.
  • Solana, platform blockchain yang belakangan ini jarang diperbincangkan, justru mengalami pertumbuhan yang menarik dalam hal Total Value Locked (TVL). Berdasarkan data dari Messari, Solana mencuat dengan pertumbuhan TVL yang cukup signifikan.
  • Polygon (MATIC) zkEVM menorehkan capaian luar biasa selama beberapa waktu terakhir, menggambarkan adopsi yang semakin meningkat terhadap jaringan blockchain layer 2 ini. Popularitas platform roll-up ini semakin diperkuat dengan peluncuran terbaru kampanye Polygon 2.0 zkEVM Saga.

 

 

Analisis Makroekonomi

Inflasi di AS Semakin Terlihat Stabil

Housing menjadi penyumbang kenaikan CPI terbesar. Sumber: Reuters

Data indeks harga konsumsi (CPI) AS bulan Juli yang baru dirilis Kamis (10/08) kemarin, menunjukkan adanya peningkatan moderat. Biaya sewa rumah menjadi salah satu penyumbang kenaikan harga tertinggi, namun diimbangi oleh penurunan harga produk-produk seperti mobil bekas dan furniture. Secara keseluruhan, CPI naik 0,2% di bulan Juli, konsisten dengan tingkat kenaikan yang terjadi di bulan Juni. Statistik ini mengindikasikan bahwa tingkat inflasi perlahan mulai stabil.  

 

Pelemahan Perdagangan dari China dan Amerika

Rilis data ekspor dan impor terbaru China melaporkan penurunan yang tidak diprediksikan sebelumnya pada bulan Juli. Penurunan yang lebih cepat dari yang diantisipasikan tersebut menimbulkan kekhawatiran terhadap upaya recovery ekonomi yang sedang dijalankan dan meningkatkan kemungkinan perlambatan ekonomi pada kuartal III. Impor berkurang 12,4% year-on-year (YoY) dan ekspor turun 14,5% yang juga merupakan angka penurunan terburuk sejak pandemi Covid 19 (Feb. 2020). Beberapa faktor seperti menurunnya permintaan konsumen dan fluktuasi harga komoditas diduga menjadi penyebab utama penurunan ekspor โ€“ impor tersebut.  

 

Data impor minyak mentah (crude oil) China sebenarnya mengalami kenaikan 17% YoY pada Juli, namun nilai impornya secara total mengalami penurunan akibat harga yang lebih rendah. Hal yang sama juga terjadi pada impor kedelai yang sebenarnya mengalami kenaikan 23,5% YoY di Juli akibat kelebihan produksi di Brazil. Dari segi ekspor, terjadi penurunan yang relatif cukup signifikan khususnya ke AS dan Uni Eropa yang menjadi destinasi ekspor terbesar China. Ekspor China ke AS turun 23,1% dan 20,6% ke Uni Eropa secara YoY. Situasi ini juga berpotensi diperparah dengan kebijakan terbaru Presiden Biden yang memberikan batasan investasi dari AS ke China di sektor teknologi tinggi.    

 

Senada dengan yang terjadi di China, konsumsi domestik atau permintaan konsumen di AS juga mensinyalir adanya penurunan. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kenaikan suku bunga acuan The Fed. Pasar saham di AS juga terlihat mengalami penurunan secara umum dengan indeks Dow Jones turun 1,42% dan Nasdaq turun 3,93% pada rentang waktu 1-9 Agustus 2023. Penurunan tersebut selain disebabkan situasi ekonomi yang ada, juga dapat diatribusikan ke faktor lain seperti penurunan rating kredit Moodyโ€™s untuk beberapa bank di AS, terlepas dari USD yang menunjukan penguatan.

 

Kebijakan Mengejutkan Italia

Pemerintah Italia mencanangkan kebijakan yang cukup mengejutkan pasar dengan menetapkan windfall tax 40% untuk perbankan atas keuntungan yang diperoleh dari suku bunga tinggi. Kebijakan yang berpotensi memangkas keuntungan bank-bank sebesar lebih dari 10% tersebut memberikan sentimen negatif kepada saham-saham perbankan di kawasan Uni Eropa menyusul kekhawatiran para pelaku pasar akan kemungkinan diberlakukannya kebijakan yang sama di negara-negara lain di kawasan tersebut. Menyusul respon pasar tersebut, pemerintah Italia melalui Menteri Ekonomi mereka mengklarifikasi kebijakan dengan menekankan bahwa pajak yang dikenakan tidak akan melebihi angka 0,1% dari aset yang dimiliki bank tersebut.   


Kebijakan tersebut ditujukan sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang sedang cukup tertekan dengan menjaga agar bank-bank tidak memberikan bunga yang terlalu tinggi dibandingkan suku bunga acuan yang ditetapkan. Pemerintah mensinyalir bahwa bank-bank telah terlalu diuntungkan dengan kenaikan-kenaikan suku bunga acuan yang terjadi dan ingin mendistribusikan ulang keuntungan tersebut secara lebih merata untuk membantu masyarakat berpendapatan rendah dan meningkatkan jaminan pensiun.

 

Implikasi terhadap Pasar Crypto

Data CPI yang cukup positif di AS dapat menjadi indikasi bahwa kebijakan kenaikan suku bunga yang telah diambil telah cukup berhasil dalam menekan inflasi. Dengan demikian, wacana kenaikan lanjutan suku bunga yang sempat dicanangkan oleh The Fed sepertinya masih tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Namun, data ini juga dapat menjadi faktor yang turut memperkuat nilai USD, sebab inflasi masih cukup terkontrol namun bunga simpanan USD naik. Sehingga, masyarakat tidak akan terlalu khawatir nilai USD nya mengalami penurunan dengan menyimpannya di bank. Hal ini tentu tidak terlalu bagus untuk pasar crypto sebab insentif investor untuk mencari instrumen dengan tingkat return yang lebih tinggi untuk melawan inflasi menjadi berkurang.  

 

Di sisi lain, pelemahan perdagangan, ekspor, dan impor yang terjadi khususnya di China memberikan concern tersendiri bagi para investor. Pemerintah China berupaya untuk meningkatkan konsumsi domestik dengan memberikan stimulus, namun dampak dari agenda tersebut sepertinya masih belum terlalu signifikan. Defisit perdagangan yang terjadi ini dapat berpotensi membuat investor melakukan diversifikasi lebih dengan mengalokasikan aset ke beberapa aset alternatif seperti aset kripto. Hal ini dapat menjadi penyeimbang ditengah penguatan dolar AS yang terjadi. Kekhawatiran terkait perkembangan kebijakan perbankan di kawasan Eropa juga dapat meningkatkan kebutuhan investor akan diversifikasi tersebut.

 

Analisis Teknikal Pasar Crypto

 

Disclaimer: Not Financial Advice๐Ÿ’ก

 

Analisis Synthetix Network (SNX)

๐Ÿ“ˆ Synthetix Network (SNX) Weekly Signal
BUY 2.424 = IDR 36.897,04
TP = 2.557 = IDR 38.921,50
SL 2.319 = IDR 35.298,77

 

Analisis Compound (COMP)

๐Ÿ“ˆ Compound (COMP) Weekly Signal
BUY 46.97 = IDR 714.95620
TP 53.00 = IDR 806.742,15
SL 42.44 = IDR 646.002,58

 

Analisis Uniswap (UNI)

๐Ÿ“ˆ Uniswap (UNI) Weekly Signal
BUY 6.106 = IDR 92.942,78
TP 6.829 = IDR 103.947,96
SL 5.854 = IDR 89.106,95

 

Analisis On Chain

Whales Mulai Akumulasi Token LINK, Pertanda Harga akan Naik?

Dalam kurun waktu baru-baru ini, aktivitas akumulasi aset kripto Chainlink (LINK) oleh whales, yang memiliki jumlah token LINK antara 1.000.000 hingga 10.000.000, menunjukkan peningkatan yang signifikan. Data on-chain dari Santiment mencatat bahwa dalam periode sebulan terakhir, kelompok investor ini telah berhasil mengakuisisi sekitar 14 juta token LINK senilai lebih dari $100 juta.

Sumber: Santiment โ€“ See what other crypto traders are missing

 

Peluncuran Protokol Interoperabilitas Cross-Chain (CCIP) oleh Chainlink

 

๐Ÿ’ก Kenaikan tajam dalam akumulasi LINK oleh whales ini dapat dipahami sebagai tanggapan terhadap peluncuran Protokol Interoperabilitas Cross-Chain (CCIP) oleh Chainlink.

 

Dokumentasi CCIP mengungkapkan bahwa produk ini dirancang untuk mengatasi kendala konektivitas antar jaringan blockchain yang berbeda. Peluncuran protokol ini telah berhasil diterapkan di berbagai jaringan, termasuk Avalanche (AVAX), Ethereum (ETH), Optimism (OP), dan Polygon (MATIC). Lebih jauh lagi, proyek-proyek utama dalam ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi) seperti Aave dan Synthetix telah secara aktif mengadopsi protokol ini.

 

Motivasi Akumulasi Whale dalam Transaksi LINK

Selain faktor peluncuran CCIP, motivasi whales LINK untuk melakukan akumulasi juga dapat diperkirakan karena sifat transaksi LINK yang menguntungkan.


Dalam konteks ini, dihitung dengan menggunakan moving average selama 30 hari, rasio volume harian transaksi on-chain LINK yang berakhir dengan keuntungan dibandingkan dengan kerugian mencapai 1,5. Ini berarti, dari setiap transaksi yang menghasilkan kerugian dalam sebulan terakhir, ada sekitar 1,5 transaksi LINK yang berakhir dengan keuntungan.

Sumber: Santiment โ€“ See what other crypto traders are missing

 

Penurunan Aktivitas Penjualan LINK

Namun, meskipun transaksi LINK cenderung menguntungkan selama sebulan terakhir, terjadi penurunan dalam aktivitas penjualan dalam periode waktu yang sama.

 

Data dari Santiment menunjukkan bahwa volume perdagangan harian LINK di platform pertukaran kripto mencapai puncaknya sekitar $1,34 miliar pada tanggal 20 Juli, namun sejak saat itu telah mengalami penurunan. Hal ini dapat diartikan sebagai indikasi penurunan pasokan LINK yang ada di platform pertukaran, yang sering kali dianggap sebagai sinyal positif karena hal ini mencerminkan adanya minat yang lebih besar dari pihak investor untuk memegang aset tersebut daripada menjualnya.


Namun, perlu dicatat bahwa peningkatan jumlah whales juga bisa mencerminkan penurunan minat dari investor ritel terhadap LINK. Selain itu, konsentrasi yang tinggi pada whales ini juga bisa membuat investor ritel menjadi lebih rentan terhadap tindakan-tindakan yang diambil oleh para whales. Kemungkinan penjualan besar-besaran LINK oleh whales ini dapat berpotensi memberikan dampak negatif terhadap para investor LINK yang memiliki jumlah lebih kecil.

 

Solana Menorehkan Pertumbuhan TVL yang Menjanjikan di Tengah Penurunan Total TVL pada Jaringan Lain

Solana, platform blockchain yang belakangan ini jarang diperbincangkan, justru mengalami pertumbuhan yang menarik dalam hal Total Value Locked (TVL) seperti yang terungkap dari data-data terbaru. Pertumbuhan gradual TVL ini mengundang pertanyaan apakah hal ini akan memicu berbagai perbaikan dalam jaringan Solana serta memberikan dampak positif pada nilai token SOL.

 

Peningkatan TVL Solana

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Messari mengenai pertumbuhan TVL dalam berbagai jaringan blockchain. Tampaknya, Solana mencuat dengan pertumbuhan TVL yang cukup signifikan. Peningkatan ini sangat mencolok jika dibandingkan dengan penurunan TVL yang dialami oleh mayoritas jaringan lain dalam satu bulan terakhir.

Sumber: Crypto Research, Data, and Tools | Messari

 

๐Ÿ’ก Terlihat pada grafik, Solana mampu mencatatkan pertumbuhan yang mengesankan, melebihi 14% dari TVL-nya. Hal ini hanya diimbangi oleh Optimism yang juga mengalami pertumbuhan positif di antara berbagai jaringan yang dianalisis.

 

Analisis TVL Solana

Data dari DefiLlama mengilustrasikan perjalanan pertumbuhan TVL Solana yang mengalami lonjakan dalam beberapa bulan terakhir. Data-data ini menunjukkan dimulainya perjalanan kenaikan yang signifikan pada tanggal 29 Juni.

Sumber: DefiLlama โ€“ DeFi Dashboard

 

Awalnya, TVL bergerak dalam kisaran $240 juta hingga $260 juta. Namun, setelah terjadi lonjakan, angka ini melonjak hingga melampaui angka $300 juta, mencapai puncaknya pada angka lebih dari $324 juta pada tanggal 14 Juli. 

 

TVL Solana kini berada pada angka sekitar $319 juta, mengalami kenaikan ringan setelah awal penurunan dari puncak tahun ini. Peningkatan TVL ini dapat mencerminkan minat yang semakin tinggi dari pengguna dan pelaku pasar terhadap ekosistem Solana, yang juga berpotensi memberikan dampak positif pada kinerja dan nilai token SOL.

 

Selain itu, pertumbuhan pengguna baru juga menunjukkan kestabilan, meskipun ada lonjakan pada bulan Mei. Hal ini menunjukkan bahwa minat pengguna terhadap jaringan Solana tetap konsisten dan berkelanjutan.

 

Evolusi Polygon zkEVM: Rekor Baru dan Langkah Terbaru dalam Eksosistem

Polygon (MATIC) zkEVM menorehkan capaian luar biasa selama beberapa waktu terakhir, menggambarkan adopsi yang semakin meningkat terhadap jaringan blockchain layer 2 ini. Popularitas platform roll-up ini semakin diperkuat dengan peluncuran terbaru kampanye Polygon 2.0 zkEVM Saga.

 

Rekor Baru Polygon zkEVM

Pada tanggal 4 Agustus, Polygon zkEVM mencetak rekor transaksi harian tertinggi sepanjang masa, dengan total transaksi mencapai angka 122.000. Rekor sebelumnya tercatat pada tanggal 31 Juli, ketika jumlah transaksi harian mencapai 115.000.

Sumber: Polygon (MATIC) Blockchain Explorer (polygonscan.com)

 

Tidak hanya jumlah transaksi harian yang mencapai puncaknya, namun juga terjadi peningkatan pada jumlah alamat aktif harian zkEVM meskipun sempat mengalami penurunan ringan. Hal ini memberikan indikasi yang kuat terhadap tingkat penggunaan dan adopsi platform ini.

 

Meskipun pertumbuhan baru-baru ini dapat diatribusikan kepada peluncuran kampanye Polygon 2.0 zkEVM Saga, terdapat beberapa faktor lain yang turut berperan dalam tren positif ini. Salah satu faktor tersebut adalah harga gas zkEVM yang tetap berada pada level rendah.

Sumber: Polygon (MATIC) Blockchain Explorer (polygonscan.com)

 

Di samping itu, seiring dengan peningkatan transaksi harian, penggunaan gas harian dari platform ini juga mengalami peningkatan yang signifikan.

 

Berita positif lainnya dari platform ini. Baru-baru ini, Polygon mengumumkan bahwa tim pengembang sedang giat merancang pembaruan besar-besaran pada mainnet zkEVM. Dalam rangka mendukung kelancaran implementasi pembaruan ini, Polygon memutuskan untuk sementara waktu menghentikan kampanye Polygon 2.0 zkEVM Saga.

 

Dengan antisipasi implementasi pembaruan ini, tentu sangat menarik untuk melihat apakah langkah ini akan menjadi pendorong bagi pertumbuhan lebih lanjut dalam ekosistem Polygon zkEVM.

Sumber: Polygon DeFi | zkEVM Mainnet Beta (@0xPolygonDeFi) / X (twitter.com)

 

Altcoin Update

  • ๐ŸŒœ PayPal Akan Merilis Stablecoin Crypto Berbasis Dolar di Jaringan Ethereum. Raksasa pembayaran global, PayPal (PYPL), memasuki pasar aset kripto dengan merilis stablecoin berbasis dolar Amerika Serikat (AS), yang diberi nama PayPal USD (PYUSD). Token di jaringan Ethereum ini akan segera tersedia bagi pengguna PayPal di AS. Ini merupakan kali pertama sebuah perusahaan keuangan besar merilis stablecoin-nya sendiri. Pengguna dapat mentransfer PYUSD antara akun PayPal dan dompet digital eksternal yang didukung, menggunakan token ini untuk membayar barang dan jasa, atau menukar salah satu dari crypto yang didukung oleh PayPal dengan PYUSD dan sebaliknya.
  • ๐Ÿ’ฐ Token Komunitas Reddit Melesat Setelah Diperdagangkan di Kraken. Token komunitas Reddit, yaitu Moons (MOON) dan Bricks (BRICK), melonjak tinggi setelah Kraken, salah satu bursa kripto terbesar dengan volume perdagangan terbesar, menambahkan dukungan untuk kedua token ini pada hari Senin. MOON, native token dari komunitas r/CryptoCurrency di Reddit yang memiliki lebih dari 6,5 juta pengguna, melonjak lebih dari 47% menjadi 42 sen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan BRICK, native token dari subreddit r/Fortnite, mengalami kenaikan hampir 50% menjadi 4 sen dalam 24 jam terakhir, menurut sumber data Coingecko.
  • ๐Ÿค– Microsoft dan Aptos Labs Berkolaborasi untuk Teknologi Web3. Microsoft baru-baru ini mengumumkan strategic partnership dengan Aptos Labs, platform blockchain terkemuka untuk pengembangan web3. Melalui integrasi Layanan Azure OpenAI Microsoft ke dalam jaringan Aptos, pengembang dan pengguna akan dapat memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dan machine learning untuk mengembangkan aplikasi web3 yang lebih cerdas, efisien, dan inovatif. Kemitraan ini mendorong pertumbuhan ekosistem web3 yang lebih kuat dan memberikan manfaat bagi pengguna khususnya di ekosistem Aptos.

 

Berita Terkini dalam Sepekan Terakhir

  • ๐Ÿฒ โ€œOrang Dalamโ€ BlackRock mengisyaratkan persetujuan untuk Bitcoin ETF dalam 6 bulan. โ€œOrang dalamโ€ BlackRock, yang merupakan raksasa dalam sektor pengelolaan aset, memberikan petunjuk kuat bahwa Bitcoin Exchange Traded Fund (ETF) akan mendapat persetujuan dan mulai bisa diperdagangkan di pasar Amerika Serikat dalam enam bulan mendatang.
  • ๐ŸŒ Rusia akan memulai uji coba CBDC dengan 13 bank. Bank of Rusia (BoR) telah mengungkapkan bahwa mereka akan memulai pengujian operasi untuk proyek mata uang digital bank sentral (CBDC) Rusia dengan rubel digital. Pengujian ini akan dimulai pada tanggal 15 Agustus. Pernyataan yang dirilis oleh Bank of Rusia menunjukkan bahwa uji coba ini akan melibatkan partisipasi dari 13 bank dan sekelompok terbatas dari klien-klien mereka.
  • ๐Ÿš€ Uni Emirat Arab (UEA) menandatangani kesepakatan untuk mengembangkan sistem kredit karbon di atas teknologi blockchain Venom. Kementerian Perubahan Iklim dan Lingkungan Uni Emirat Arab (MCCE) sedang mengembangkan sistem kredit karbon dalam kemitraan awal dengan Industrial Innovation Group dan Venom Foundation. Teknologi blockchain digunakan oleh organisasi dan negara-negara untuk melacak kredit karbon. Berkat sifat data yang tak dapat diubah yang tercatat dalam rantai blok (blockchain), kredit-kredit ini dapat dijual atau diperdagangkan dengan aman dan transparan bagi semua pihak yang tertarik.

 

Crypto Terpopuler dalam Sepekan Terakhir

 

Crypto dengan Performa Terbaik dan Terburuk Sepekan Terakhir

Top Performance Crypto

  1. Shiba Inu (SHIB) +18.26%

  2. Solana (SOL) +8.78%

  3. Synthetix Network (SNX) +7.66%

  4. Basic Attention Token (BAT) +7.41%

  5. Hadera Hashgraph (HBAR) +7.35%

Top Losers Crypto

  1. Ripple (XRP) -4.48%

  2. Compound (COMP) -4.00%

  3. Tezos (XTZ0 -3.16%

  4. Kava (KAVA) -2.68%

  5. Maker (MKR) -2.35%

 

Referensi

Santiment โ€“ See what other crypto traders are missing

Crypto Research, Data, and Tools | Messari

DefiLlama โ€“ DeFi Dashboard

Polygon (MATIC) Blockchain Explorer (polygonscan.com)

Polygon DeFi | zkEVM Mainnet Beta (@0xPolygonDeFi) / X (twitter.com)

 

Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.
Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.