MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Pemegang Bitcoin Jangka Pendek Capai Level Terendah dalam 10 Tahun
Analisis Pasar
Bagikan!

Pemegang Bitcoin Jangka Pendek Capai Level Terendah dalam 10 Tahun

28 November 2023
8 menit membaca
Pemegang Bitcoin Jangka Pendek Capai Level Terendah dalam 10 Tahun

Key Takeaways:

  • Kripto Pilihan: Sejumlah besar token BLUR dipindahkan oleh whale ke bursa, menyebabkan lonjakan pasokan dan penurunan harga BLUR sebesar 26% setelah token tersebut dipindahkan. Pemegang Bitcoin jangka pendek mencapai level terendah dalam 10 tahun, sementara pemegang jangka panjang menunjukkan peningkatan, menunjukkan keyakinan terhadap potensi kenaikan harga di masa mendatang.
  • Berita Altcoin: Komunitas Cosmos setuju untuk membatasi inflasi Atom menjadi 10%, mengurangi hasil staking-nya dari 19% menjadi 13.4%, sementara dYdX bersiap untuk unlock token DYDX senilai $500 juta, mencakup 30% dari total pasokan, memperingatkan investor akan dampak besar yang mungkin terjadi pada harga token. Di sisi lain, Jae Kwon, pendiri Cosmos, memutuskan untuk fork Cosmos Hub dan membentuk jaringan baru, AtomOne, dengan token ATOM1, sebagai protes terhadap pengurangan inflasi Atom yang disetujui.
  • Berita Sepekan: Circle bermitra dengan SBI Holdings untuk memperluas kehadiran USDC di Jepang, menandai langkah penting bagi ekspansi Circle di Asia Pasifik, sementara mantan CEO Binance, Changpeng ‘CZ’ Zhao, dicegah kembali ke Uni Emirat Arab menjelang vonisnya bulan Februari karena potensi risiko pelarian setelah mengakui kesalahannya dalam pengadilan Seattle dan setuju membayar denda besar. Di sisi lain, Jito Foundation merilis token governance, JTO, untuk pengelolaan Jito Network, dengan 90% pasokan ditujukan untuk pertumbuhan komunitas dan pengembangan ekosistem serta 10% di-airdrop sebagai penghargaan kontribusi komunitas.
  • Makroekonomi: Inflasi perdagangan ritel di UK turun dan berada pada angka terendah dalam 17 bulan terakhir. Penjualan properti baru di AS mengalami penurunan yang lebih besar dari perkiraan. Perkembangan ini dapat berpotensi meningkatkan kemungkinan mulai dipertimbangkannya kebijakan untuk menurunkan suku bunga acuan bank sentral secara lebih serius.

 

 

Kripto Pilihan

Whale Sebabkan Harga Blur (BLUR) Merosot – Bearish

Harga aset kripto Blur (BLUR) merosot setelah sejumlah besar, yaitu 7 juta BLUR, dipindahkan oleh pemegang besar (whale) ke bursa seperti Binance dan OKX. Lonjakan aktivitas ini terjadi pada tanggal 27 November dan mengakibatkan adanya peningkatan pasokan BLUR di bursa, yang pada akhirnya menurunkan minat beli dan membuat harga BLUR turun tajam. Berdasarkan data dari Spot on Chain menunjukkan bahwa harga turun setelah token tersebut dipindahkan ke bursa.

Pemindahan besar-besaran ini melibatkan penyetoran ke Binance dan OKX oleh pemegang besar (whale), yang sebelumnya telah mendapat keuntungan dari kepemilikan mereka. Wintermute Trading, perusahaan market-maker pasar kripto, juga terlibat dalam pemindahan BLUR ke OKX. Data terkini menunjukkan penurunan harga BLUR sebesar 26%, turun dari $0.6768 menjadi $0.5005, selain itu, volume perdagangan juga mengalami penurunan yang cukup mencolok dalam beberapa hari terakhir.


Sumber: Blur price today, BLUR to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

Cek Harga BLUR Sekarang!

Pemegang Bitcoin Jangka Pendek Capai Level Terendah dalam 10 Tahun – Bullish

Analisis data on-chain terbaru menyoroti perbedaan signifikan antara pemegang Bitcoin jangka panjang (LTHs) dan jangka pendek (STHs). Pemegang jangka panjang, yang telah memegang Bitcoin lebih dari 155 hari, kini hampir mencapai 15 juta koin, sementara pemegang jangka pendek hanya memiliki 2,3 juta koin, jumlah terendah dalam sepuluh tahun terakhir. Trend peningkatan pemegang jangka panjang dan penurunan pemegang jangka pendek ini menunjukkan keyakinan mayoritas pemegang Bitcoin terhadap potensi kenaikan harga di masa mendatang. Hal ini diperkuat oleh dua peristiwa besar yang akan datang, yaitu persetujuan Bitcoin ETF dan halving, yang dianggap sebagai katalis utama untuk pemicu lonjakan harga berikutnya. Oleh karena itu, mayoritas investor cenderung untuk menyimpan Bitcoin mereka, bersiap untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar mengantisipasi dua peristiwa besar ini.


Sumber: Glassnode – On-chain market intelligence

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Altcoin Update

  • 🌜 Neutral Komunitas Cosmos Menyetujui Pembatasan Tingkat Inflasi Atom Menjadi 10%. Pada voting terbaru, komunitas Cosmos Hub menyetujui proposal untuk mengurangi tingkat inflasi maksimum native token-nya, Atom, dari sekitar 14% menjadi 10%. Perubahan yang disetujui akan mengurangi hasil staking tahunan Atom dari sekitar 19% menjadi sekitar 13.4%. Meskipun disetujui dengan perbedaan suara yang tipis, 41.1% mendukung dan 38.5% menentang, keputusan ini memperoleh jumlah suara tertinggi dalam sejarah voting dalam ekosistem Cosmos. Cek Harga ATOM Sekarang!
  • 💰 BearishdYdX Bersiap untuk Unlock $500 juta Token DYDX. Event token unlock ini mencakup 30% dari total pasokan tokennya. Pada 1 Desember pukul 00:00 UTC, sebanyak 150 juta token akan di unlock dan didistribusikan kepada investor, pendiri, serta karyawan dYdX, dengan total nilai $500 juta berdasarkan data harga terkini. Ini merupakan salah satu proyek kripto dengan jumlah token unlock terbesar di bulan Desember. Para investor diharapkan untuk waspada mengingat jumlah token yang di unlock cukup besar sehingga kemungkinan besar akan mempengaruhi harga dari token DYDX. Cek Harga DYDX Sekarang!
  • 🤖 Neutral Salah Satu Pendiri Cosmos Memutuskan Fork pada Cosmos Hub untuk Menciptakan Jaringan AtomOne dengan Token ATOM1. Sebagai bentuk protes, Jae Kwon, salah satu pendiri Cosmos, akan melakukan fork pada Cosmos Hub setelah proposal pengurangan inflasi Atom sebesar 10% disetujui oleh komunitas. Fork ini akan menciptakan jaringan baru, AtomOne, dengan token terkait, ATOM1. Rencananya, sebagian besar token di fork ini akan diberikan kepada mereka yang menolak proposal tersebut. Cek Harga ATOM Sekarang!

 

Berita Terkini dalam Sepekan Terakhir

  • 🐲 Bullish Circle Bermitra dengan SBI Holdings untuk Memperluas Kehadiran USDC di Jepang. Melalui kemitraan ini, SBI Shinsei Bank akan menyediakan layanan perbankan untuk Circle, sementara SBI VC Trade berupaya mendaftar sebagai penyedia instrumen pembayaran elektronik di Jepang untuk menggunakan USDC sebagai media pembayaran elektronik. Kerja sama ini terjadi setelah Jepang merevisi regulasi terkait stablecoin pada bulan Juni. Kemitraan ini menandai langkah penting bagi ekspansi Circle di Jepang dan Asia Pasifik.
  • 🌍 Neutral Mantan CEO Binance, Changpeng ‘CZ’ Zhao, Dicegah untuk Kembali ke Uni Emirat Arab Menjelang Vonisnya pada Bulan Februari. Keputusan ini muncul setelah Jaksa memperingatkan bahwa Zhao berpotensi melarikan diri, mengingat kekayaannya dan ketiadaan perjanjian ekstradisi antara Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat. Zhao telah mengaku bersalah di pengadilan Seattle atas pelanggaran Undang-Undang Rahasia Bank, dan ia setuju membayar denda sebesar $50 juta. Departemen Kehakiman AS juga menyelesaikan kasus terkait dengan Binance dengan membayar denda $4.3 miliar, dalam salah satu penyelesaian korporat terbesar dalam sejarah AS.
  • 🚀 Bullish Jito Foundation, Protokol Liquid Staking Berbasis Solana Merilis Governance Token, JTO, dengan Pasokan Total 1 Miliar Token. Dirilisnya token ini akan memungkinkan komunitas untuk langsung terlibat dalam pengelolaan dan pengambilan keputusan di Jito Network. Secara garis besar, token JTO akan didistribusikan untuk meningkatkan pertumbuhan komunitas, pengembangan ekosistem, dan operasional kontributor inti, sementara 10% lainnya akan di-airdrop sebagai penghargaan bagi kontribusi komunitas. Cek Harga SOL Sekarang!

 

Analisis Makroekonomi

Inflasi Penjualan Ritel di UK Sentuh Angka Terendah dalam 17 Bulan

Inflasi perbelanjaan ritel UK telah menurun ke level terendah dalam 17 bulan, menunjukkan potensi berkurangnya tekanan harga. Seperti dilansir British Retail Consortium, inflasi toko ritel turun menjadi 4,3% pada bulan November, turun sebesar 0,9% dari bulan sebelumnya dan merupakan level terendah sejak Juni 2022. Perkembangan ini turut menandai penurunan tingkat inflasi sektor ritel selama enam bulan berturut-turut. Namun, terlepas dari tren ini, terdapat kekhawatiran bahwa inflasi mungkin tidak akan terus turun karena faktor-faktor seperti pajak yang lebih tinggi dan kenaikan upah minimum, yang dapat berkontribusi pada kenaikan biaya.

Sumber: Bloomberg

Pemerintah UK baru-baru ini mengambil kebijakan untuk mengurangi beban biaya bisnis ritel merespon tantangan ekonomi yang ada. Keputusan kebijakan tersebut diambil pada saat penjualan ritel turun secara tak terduga yang memicu kekhawatiran bahwa kebijakan moneter ketat bank sentral (BoE) akan berdampak pada aktivitas ekonomi dan belanja konsumen. Penurunan harga energi dalam negeri juga berkontribusi pada perlambatan inflasi pangan, yang turun menjadi 7,8% pada bulan November, yang merupakan level terendah sejak Juli 2022.

Penjualan Properti di AS Mulai Menurun

Penjualan properti baru di AS untuk tipe single-family turun lebih besar dari perkiraan pada bulan Oktober. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh dampak kenaikan bunga KPR, bahkan ketika pengembang menurunkan harga dalam upaya menarik pembeli. Menurut Departemen Perdagangan AS, penjualan properti baru turun 5,6% ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sebesar 679.000 unit, penurunan tersebut konsisten dengan penurunan umum dalam sentimen pembangunan properti. Tingkat bunga yang lebih tinggi ini disebabkan oleh kenaikan suku bunga The Fed untuk mengendalikan inflasi. Hal itu menyebabkan tingkat suku bunga KPR fix dengan tenor 30 tahun (yang relatif populer di AS) menyentuh angka hampir 8%.

Meskipun mengalami penurunan, pasar properti baru secara historis masih dianggap kuat, didukung oleh sangat rendahnya persediaan rumah yang ada. Pasokan rumah yang dimiliki sebelumnya di pasar hampir setengah dari jumlah sebelum pandemi, sehingga membatasi pilihan bagi pembeli properti dan mendorong permintaan terhadap konstruksi baru. Harga rata-rata rumah baru di bulan Oktober adalah $409,300, penurunan signifikan sebesar 17,6% dari tahun lalu, kemungkinan besar diakibatkan oleh pemotongan harga dan insentif lain yang ditawarkan oleh pengembang. Namun, penurunan harga ini lebih dilihat sebagai anomali dan bukan tren, karena pertimbangan-pertimbangan lain masih menunjukkan pertumbuhan harga properti yang kuat.

Total ketersediaan properti baru mencapai 439.000 pada akhir bulan Oktober, dengan sebagian besar sedang dibangun. Laju penjualan saat ini menunjukkan pasokan 7,8 bulan untuk memenuhi kebutuhan pasar, naik dari 7,2 bulan di bulan September. Meskipun terdapat kendala saat ini, investasi residensial mengalami pertumbuhan pada kuartal ketiga setelah mengalami kontraksi selama sembilan kuartal berturut-turut. Namun, dengan tingkat suku bunga KPR yang masih tinggi, terdapat keraguan terhadap berlanjutnya ekspansi investasi residensial, yang berkontribusi terhadap proyeksi perlambatan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan pada kuartal keempat.

Potensi Implikasi bagi Pasar Kripto

Meskipun inflasi sektor ritel di UK turun, tantangan terhadap pemulihan ekonomi dan potensi peningkatan biaya pajak masih membayangi prospek sektor tersebut. Terlepas dari itu, perkembangan ini dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mengurangi urgensi terhadap kenaikan suku bunga lanjutan, yang apabila terjadi tentu akan berdampak cukup baik terhadap pasar kripto. 

Senada dengan perkembangan di UK, perkembangan penjualan properti baru di AS juga turut menyoroti dampak dari tingginya suku bunga bank sentral. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan akan mulai dipertimbangkannya kebijakan untuk menurunkan suku bunga atau setidaknya dipertahankan pada level yang ada saat ini.

 

Crypto Terpopuler dalam Sepekan Terakhir

 

Crypto dengan Performa Terbaik dan Terburuk Sepekan Terakhir

Top Performance Crypto

  1. Blur (BLUR) +36.47%

  2. Sei (SEI) +33.70%

  3. Uniswap (UNI) +20.48%

  4. Axie Infinity (AXS) +9.77%

  5. ApeCoin (APE) +7.32%

 

Top Losers Crypto

  1. PancakeSwap (CAKE) -16.91%

  2. BNB (BNB) -12.91%

  3. Near Protocol (NEAR) -9.11%

  4. Polygon (MATIC) -8.24%

  5. Synthetix (SNX) -6.99%

 

Referensi

Blur price today, BLUR to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

Glassnode – On-chain market intelligence

 

 

Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.
Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.