MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Polygon Labs Meluncurkan Aset Pengganti MATIC (POL) di Ethereum Mainnet
Analisis Pasar
Bagikan!

Polygon Labs Meluncurkan Aset Pengganti MATIC (POL) di Ethereum Mainnet

27 October 2023
8 menit membaca
Polygon Labs Meluncurkan Aset Pengganti MATIC (POL) di Ethereum Mainnet

Key Takeaways:

  • Makroekonomi: Ekonomi AS bukukan pertumbuhan tertinggi dalam hampir dua tahun terakhir, ECB pertahankan suku bunga tinggi, dan inflasi inti di Jepang alami kenaikan tak terduga. 
  • Analisis On Chain: FLOKI, aset kripto yang sebelumnya dikenal sebagai memecoin, saat ini sedang mengalami kenaikan harga yang signifikan. Dalam 24 jam terakhir, harga FLOKI telah melonjak lebih dari 29%, dan selama satu minggu terakhir, kenaikannya mencapai lebih dari 131%.
  • Berita Altcoin: Binance Labs investasi di CyberConnect, harga $CYBER naik 31,44%. Polygon Labs luncurkan POL di Ethereum Mainnet. Arbitrum dan Celestia tingkatkan efisiensi data Ethereum dengan kolaborasi.
  • Berita Sepekan: Startup Nocturne Labs terima investasi $6 juta dari Vitalik Buterin untuk privasi di Ethereum. Neon Machine kumpulkan $20 juta untuk game blockchain “Shrapnel.” Rymedi dapatkan $9 juta dalam pendanaan Seri A untuk platform kesehatan Web3.

 

 

Analisis Makroekonomi

Ekonomi AS Kuartal III Tumbuh Hampir 5%

Rilis data GDP terbaru AS kemarin malam menunjukkan adanya pertumbuhan yang sangat baik. GDP AS dilaporkan tumbuh 4,9% pada kuartal tiga tahun ini, yang menunjukkan adanya penguatan perekonomian AS yang sangat positif. Angka pertumbuhan tersebut juga merupakan angka pertumbuhan tertinggi dalam hampir dua tahun terakhir yang sekaligus membantah perkiraan akan adanya potensi resesi di penghujung tahun ini. Pertumbuhan tersebut didorong oleh peningkatan upah, belanja konsumen yang kuat, dan peningkatan stok barang oleh bisnis untuk memenuhi permintaan yang meningkat. Selain itu, belanja pemerintah juga mengalami peningkatan, sementara investasi sektor bisnis mengalami kontraksi ringan untuk pertama kalinya dalam dua tahun.

Ekonomi AS Kuartal III Tumbuh Hampir 5%

Sumber: Bureau of Economic Analysis 

Namun, keberlanjutan dari tren pertumbuhan yang positif tersebut masih memiliki beberapa tantangan kedepannya seperti pemogokan United Auto Workers, dimulainya kembali pembayaran student loan, dan dampak lanjutan dari kenaikan suku bunga yang mungkin tertunda yang berpotensi memperlambat aktivitas ekonomi.

Bank Sentral Eropa Tahan Suku Bunga

Bank Sentral Eropa (ECB) telah mengambil keputusan untuk mempertahankan suku bunga deposito pada angka 4%. Hal ini menandai berakhirnya rangkaian sepuluh kali kenaikan suku bunga berturut-turut guna mengendalikan inflasi. Presiden ECB Christine Lagarde mengisyaratkan bahwa suku bunga akan tetap stabil untuk sementara waktu. Namun, kemungkinan kenaikan lanjutan, meskipun bukan merupakan sebuah urgensi, masih mungkin terjadi.

Inflasi Jepang Naik Diluar Dugaan

Pada bulan Oktober, inflasi inti konsumen (core consumer inflation) di Jepang mengalami peningkatan yang tidak terduga. Indeks harga konsumen inti naik 2,7% year on year, melampaui perkiraan di angka 2,5%. Indeks harga konsumen inti yang tidak memperhitungkan harga bahan bakar minyak, yang juga cukup banyak dipertimbangkan oleh Bank Sentral Jepang (BOJ), naik menyentuh angka 3,8%. Perkembangan tersebut dapat mensinyalir meningkatnya tekanan harga dan berpotensi mempengaruhi arah kebijakan BOJ kedepannya baik untuk mempertahankan atau mengubah situasi suku bunga rendah berkepanjangan yang ada saat ini.   

Inflasi Jepang Naik Diluar Dugaan
Sumber: Reuters

Implikasi Bagi Pasar Crypto

Kabar positif dari pertumbuhan ekonomi AS dapat berpotensi meningkatkan kepercayaan diri para investor untuk menambah alokasi aset mereka pada portofolio investasi yang dimiliki. Situasi tersebut dapat memberikan dampak yang cukup positif bagi pasar kripto apabila para investor di AS melihat instrumen crypto sebagai instrumen investasi alternatif yang menarik. Kondisi ekonomi yang positif dapat memberikan rasa aman lebih bagi para investor untuk mengeksplorasi aset baru atau yang memiliki tingkat risiko tinggi, untuk kebutuhan investasi mereka. Namun, membaiknya kondisi ekonomi juga berarti salah satu keunggulan aset kripto untuk menjadi instrumen lindung nilai terhadap ketidakpastian ekonomi menjadi kurang relevan. Terlebih apabila aset tradisional seperti dolar AS dan ekuitas kemudian mensinyalir pertumbuhan yang baik di tengah kondisi tersebut. Penentuan kebijakan suku bunga The Fed pada pertengahan minggu depan menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi preferensi investor. Apabila suku bunga dinaikkan, maka kemungkinan aset tradisional dengan risiko rendah seperti dolar AS akan lebih diminati investor menjadi semakin tinggi.

 

Analisis On Chain

FLOKI Naik 131% Menjelang Peluncuran Proyek RWA

FLOKI, aset kripto yang sebelumnya dikenal sebagai memecoin, saat ini sedang mengalami kenaikan harga yang signifikan. Dalam 24 jam terakhir, harga FLOKI telah melonjak lebih dari 29%, dan selama satu minggu terakhir, kenaikannya mencapai lebih dari 131%. Peningkatan ini telah memikat perhatian para investor dan penggemar aset kripto yang sedang menantikan perkembangan selanjutnya.

FLOKI price today, FLOKI to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap
Sumber: FLOKI price today, FLOKI to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

Cek Harga SHIB Sekarang!

Dua Pengumuman Penting dari Tim FLOKI

Kenaikan harga yang signifikan ini dipicu oleh dua pengumuman penting yang akan segera diumumkan oleh tim FLOKI. Pada hari ini (Jumat, 27 October 2023), FLOKI akan meluncurkan platform staking baru yang diharapkan dapat meningkatkan utilitas dari token FLOKI dan memberikan rewards tambahan bagi holders FLOKI yang bersedia untuk mengunci aset mereka. Selain itu, mereka juga mengungkapkan rincian tentang sister token mereka (TokenFi $TOKEN), yang mana ini merupakan sebuah proyek RWA (Real World Asset) yang dikembangkan oleh tim FLOKI, proyek ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan tokenisasi aset dunia nyata. Dalam rincian yang telah diumumkan tim FLOKI, selain akan tersedia di beberapa DEX, $TOKEN juga bisa didapatkan dengan melakukan staking FLOKI di platform staking terbarunya, dengan 56% dari total suplai $TOKEN akan dialokasikan kepada stakers dan akan didistribusikan dalam kurun waktu 4 tahun.

Pengumuman Penting dari Tim FLOKI

Sumber: FLOKI (@RealFlokiInu) / X (twitter.com)

Selain itu, perhatian dari media sosial juga ikut mempengaruhi peningkatan minat terhadap FLOKI. Kata “FLOKI” saat ini sedang menjadi tren di berbagai platform media sosial, mencerminkan ekspektasi positif yang muncul terhadap pengumuman-pengumuman tersebut. Tim di balik FLOKI meyakini bahwa proyek ini telah berkembang dari sekadar sebuah memecoin biasa menjadi sebuah ekosistem yang berkembang pesat. Ini adalah tanda bahwa FLOKI memiliki nilai lebih daripada sekadar sebagai aset kripto hiburan.

Cryptocurrencies Social Media Analytics on LunarCrush
Sumber: Cryptocurrencies Social Media Analytics on LunarCrush

Kesimpulan

FLOKI mengalami kenaikan harga yang signifikan sebesar 131% menjelang peluncuran proyek RWA di ekosistem FLOKI. Kenaikan ini dipicu oleh dua pengumuman utama, yaitu peluncuran platform staking baru dan rincian tentang $TOKEN, sebuah proyek tokenisasi aset dunia nyata. FLOKI juga mendapatkan sorotan positif di media sosial, mencerminkan ekspektasi yang tinggi terhadap proyek ini. Semua ini mengindikasikan bahwa FLOKI telah berkembang dari sebuah memecoin biasa menjadi sebuah ekosistem kripto yang berkembang pesat dan memiliki nilai yang lebih besar daripada sekadar hiburan dalam dunia aset kripto.

Cek Harga DOGE Sekarang!

 

Altcoin Update

  • 🌜 Bullish Binance Labs Umumkan Investasi di CyberConnect. Pasca pengumuman tersebut, harga $CYBER naik sebesar 31,44% dan mencapai $6,30, menurut data CoinMarketCap. CyberConnect berhasil mengumpulkan total dana sebesar $25 juta dari putaran pendanaan sebelumnya, termasuk putaran seed dan Series A. Alasan Binance Labs melakukan investasi pada CyberConnect adalah karena mereka optimistis terhadap potensi SocialFi dalam mempercepat adopsi Web3. Cek Harga CYBER Sekarang!
  • 💰 BullishPolygon Labs Meluncurkan Aset Kripto POL di Ethereum Mainnet. Polygon Labs telah meluncurkan kontrak untuk kripto POL di jaringan mainnet Ethereum setelah uji coba di testnet. POL adalah aset kripto yang menggantikan MATIC dan akan menjadi inti dari ekosistem Polygon 2.0. Meskipun sudah di deploy, POL tidak akan segera menggantikan MATIC. Implementasi token POL akan dilakukan secara bertahap bersamaan dengan pembaruan Polygon 2.0 yang mencakup lapisan staking baru, zkRollup, dan protokol interoperabilitas zero-knowledge untuk Layer 2 (Polygon zkEVM). Cek Harga MATIC Sekarang!
  • 🤖 BullishArbitrum dan Celestia Kolaborasi Tingkatkan Efisiensi Data Ethereum. Arbitrum akan mengintegrasikan Celestia, jaringan data modular, ke dalam protokol Orbit-nya. Integrasi ini akan memungkinkan pengembang mempublikasikan data ke Celestia, Arbitrum One, dan Nova. Tujuannya adalah mengurangi biaya data aplikasi dan meningkatkan efisiensi di ekosistem Layer 2 Arbitrum di Ethereum. Celestia Labs juga memperkenalkan Blobstream untuk pengiriman data yang lebih efisien, dan ini merupakan kontribusi eksternal pertama ke protokol Orbit Arbitrum. Celestia berencana meluncurkan mainnet-nya dan melakukan airdrop token TIA untuk pengembang dan pemegang alamat on-chain di beberapa jaringan, salah satunya adalah Arbitrum. Cek Harga ARB Sekarang!

 

Berita Terkini dalam Sepekan Terakhir

  • 🐲 Bullish Startup Kripto Nocturne Labs Terima Investasi dari Vitalik Buterin untuk Mewujudkan Private Account di Ethereum. Nocturne Labs, startup kripto yang berfokus pada penyediaan akun pribadi di ekosistem Ethereum, berhasil mengumpulkan $6 juta dalam pendanaan awal dengan investasi dari Vitalik Buterin, pendiri Ethereum, serta Bain Capital Crypto dan Polychain Capital. Nocturne Labs berupaya untuk memungkinkan transaksi anonim di Ethereum, memberikan pentingnya privasi dalam kripto, dan akan meluncurkan protokolnya di Ethereum mainnet bulan depan dengan fokus pada kepatuhan regulasi. Cek Harga ETH Sekarang!
  • 🌍 BullishNeon Machine Kumpulkan $20 Juta untuk Game Blockchain ‘Shrapnel’. Pengembang game Web3, Neon Machine, berhasil mengumpulkan $20 juta untuk mendanai blockchain game bergenre FPS, “Shrapnel” yang diklaim sebagai pesaing “Call of Duty”. Uji coba akan dimulai pada bulan Desember, dengan rencana menjadi game free-to-play pada tahun 2024. Selain itu, Neon Machine berencana melisensikan platform pengembang Web3 mereka, GameBridge.
  • 🚀 BullishPlatform Kesehatan Web3 Rymedi Kumpulkan $9 Juta dalam Pendanaan Seri A. Rymedi, platform informasi kesehatan berbasis Web3, berhasil menghimpun $9 juta dalam pendanaan Seri A yang dipimpin oleh RW3 Ventures dan White Star Capital, dengan tambahan dukungan dari Blockchange Ventures, Avalanche’s Blizzard Fund, dan investor individu. Rymedi menggunakan teknologi blockchain untuk mempermudah transfer catatan medis dan data kesehatan, dengan tujuan meningkatkan keamanan data dan aksesibilitas catatan kesehatan.

 

Crypto Terpopuler dalam Sepekan Terakhir

Crypto Terpopuler dalam Sepekan Terakhir

 

Crypto dengan Performa Terbaik dan Terburuk Sepekan Terakhir

Top Performance Crypto

  1. Conflux (CFX) +50.16%

  2. Chainlink (LINK) +45.77%

  3. THORChain (RUNE) +45.18%

  4. Injective (INJ) +40.92%

  5. Gala (GALA) +37.32%

 

Top Losers Crypto

  1. Maker (MKR) -2.20%

  2. Tether USDT (USDT) -0.07%

  3. USDC (USDC) -0.03%

  4. Bitcoin Cash (BCH) +2.66%

  5. Uniswap (UNI) +2.73%

 

Referensi

FLOKI price today, FLOKI to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

FLOKI (@RealFlokiInu) / X (twitter.com)

Cryptocurrencies Social Media Analytics on LunarCrush

 

 

Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.
Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.