MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Sam Altman Dipecat, Mayoritas Kripto AI Meningkat
Analisis Pasar
Bagikan!

Sam Altman Dipecat, Mayoritas Kripto AI Meningkat

21 November 2023
7 menit membaca
Sam Altman Dipecat, Mayoritas Kripto AI Meningkat

Key Takeaways:

  • Kripto Pilihan: Selama beberapa hari terakhir, mayoritas kripto dalam kategori kecerdasan buatan (AI) telah mengalami kenaikan harga yang signifikan, yang secara langsung terkait dengan perubahan yang terjadi di sekitar perusahaan dan tokoh kunci dalam dunia kecerdasan buatan.
  • Berita Altcoin: Bitcoin melampaui Ethereum dalam biaya transaksi rata-rata, mencapai $12,75 pada 19 November, terpicu oleh aktivitas perdagangan dan pembuatan Ordinals di jaringan Bitcoin. Solana mengalami lonjakan aktivitas perdagangan, mengerek harga SOL hingga $67,69 pada 15 November, sementara itu kenaikan harga BNB terkait laporan potensi kesepakatan antara Binance dan DOJ untuk menyelesaikan penyelidikan mereka.
  • Berita Sepekan: OpenAI tawarkan peran CEO kepada Dario Amodei setelah usulan merger dengan Anthropic, namun ditolak karena perannya di Anthropic dan persaingan antara perusahaan. Sementara itu, pasokan aktif Bitcoin dan Ethereum mencapai rekor terendah, dan presiden terpilih Argentina, Javier Milei, disorot karena potensi dukungannya terhadap kripto dalam mengatasi masalah ekonomi.
  • Makroekonomi: Penurunan nilai dolar AS belakangan ini dipicu oleh ekspektasi pasar terkait kebijakan moneter Federal Reserve (Fed). Ketika pasar menduga bahwa Fed akan mengambil pendekatan yang lebih lunak terhadap kebijakan suku bunga, hal ini mendorong kecenderungan penurunan nilai dolar AS yang tercermin dalam indeks dolar AS (DXY) yang terus merosot, bahkan mencapai level terendahnya dalam beberapa bulan terakhir.

 

 

Kripto Pilihan

Sam Altman Dipecat, Mayoritas Kripto AI Meningkat – Bullish

Selama beberapa hari terakhir, mayoritas kripto dalam kategori kecerdasan buatan (AI) telah mengalami kenaikan harga yang signifikan, yang secara langsung terkait dengan perubahan yang terjadi di sekitar perusahaan dan tokoh kunci dalam dunia kecerdasan buatan. Perubahan kepemimpinan di OpenAI, terutama penggantian Sam Altman dari posisi CEO, telah mengakibatkan lonjakan nilai altcoin AI. Pemecatan Altman memberi sentimen positif, karena spekulasi bahwa fokusnya akan beralih ke proyek blockchain yang dikembangkannya, seperti Worldcoin (WLD).

Sumber: Sam Altman (@sama) / X (twitter.com)

Sementara itu, transisi Sam Altman ke Microsoft juga berdampak pada kenaikan harga beberapa kripto AI tertentu. Keputusannya untuk bergabung dengan perusahaan besar seperti Microsoft memberikan keyakinan pada investor mengenai potensi masa depan teknologi AI yang mendukung kripto-kripto tersebut. Adapun beberapa kripto AI yang meningkat secara signifikan adalah sebagai berikut:

Cek Harga WLD Sekarang!

Render Network (RNDR) – Bullish

Kripto Render Network (RNDR) mengalami lonjakan harga yang signifikan setelah berhasil menembus level resistensinya dan naik 46.86% dalam sepekan terakhir. Hal ini menandakan kehadiran pembeli yang kuat di pasar. Saat ini, RNDR diperdagangkan sekitar $3.34 setelah berhasil melewati level resistensi sebesar $3.3, dan masih memiliki potensi kenaikan lebih lanjut. Target harga potensial berikutnya untuk Render Token mungkin berada di sekitar $4.25 dan $5.7.


Sumber: Render price today, RNDR to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

Cek Harga RNDR Sekarang!

The Graph (GRT) – Bullish

Token The Graph (GRT) mengalami pergerakan harga yang cukup dinamis selama sepekan terakhir, dengan kenaikan sebesar 13.26%. Dalam periode tersebut, GRT berhasil menguat dari posisi terendah sekitar $0.1195 hingga mencapai $0.145, hal tersebut mencerminkan minat pembeli yang kuat. Meskipun mengalami koreksi, GRT menemukan support yang kuat di sekitar level $0.12. Pola double bottom yang terbentuk juga memperkuat sinyal bullish untuk token GRT, dengan kemungkinan kenaikan hingga ke level harga $0.16.


Sumber: The Graph price today, GRT to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

Cek Harga GRT Sekarang!

 

Altcoin Update

  • 🌜 Bullish Bitcoin Melampaui Ethereum dalam Biaya Transaksi Rata-Rata Akibat Kembalinya Aktivitas Ordinals. Bitcoin melampaui Ethereum dalam biaya transaksi rata-rata, mencapai $12,75 pada 19 November dibandingkan dengan $7,55 milik Ethereum. Kenaikan biaya Bitcoin, naik 48,4% dalam seminggu terakhir, dipicu oleh aktivitas perdagangan dan pembuatan Ordinals, jenis token non-fungible di jaringan Bitcoin. Hal ini menandai perubahan signifikan, di mana sebelumnya Ethereum yang memiliki biaya transaksi lebih tinggi, dan menunjukkan pengaruh kembalinya aktivitas Ordinals dalam mendorong kenaikan biaya transaksi Bitcoin di atas Ethereum. Cek Harga BTC Sekarang!
  • 💰 BullishSolana Alami Lonjakan Aktivitas Perdagangan di DEX, Harga SOL Melejit. Solana mengalami lonjakan aktivitas perdagangan di bursa terdesentralisasi (DEX) dengan volume perdagangan naik 54%, mendorong Total Value Locked (TVL) naik sebesar 42%. Kenaikan aktivitas ini turut mengerek harga SOL secara signifikan, mencapai titik tertinggi $67,69 pada 15 November, menandai lonjakan nilai yang tinggi karena minat pasar yang meningkat. Lonjakan ini juga memengaruhi metrik TVL, melonjak 42% dari $409,68 juta pada 1 November menjadi $584,56 juta pada 20 November, memantapkan posisi Solana di antara tiga rantai teratas dalam volume transaksi mingguan, bersama dengan Ethereum dan Arbitrum. Cek Harga SOL Sekarang!
  • 🤖 BullishKenaikan Harga BNB Terkait Potensi Kesepakatan Binance-DOJ dan Prediksi Bitcoin. Harga BNB melonjak setelah laporan mengenai potensi kesepakatan antara Binance dan DOJ (Department of Justice) yang mencari jalan tengah dengan memberikan $4 miliar untuk menyelesaikan penyelidikan mereka. Sementara itu, Bitcoin diprediksi akan bergerak mendatar dalam rentang yang sama untuk berminggu-minggu mendatang akibat ketidakpastian kebijakan dan penundaan keputusan ETF. Cek Harga BNB Sekarang!

 

Berita Terkini dalam Sepekan Terakhir

  • 🐲 Bullish OpenAI Tawarkan Peran CEO kepada Dario Amodei Usai Usulan Merger dengan Anthropic. Dewan Direksi OpenAI mencoba menawarkan posisi CEO kepada Dario Amodei dan mengusulkan merger dengan saingan mereka, Anthropic. Namun, Amodei menolak tawaran itu karena perannya di Anthropic dan ketatnya persaingan antara kedua perusahaan dalam merekrut peneliti dan menarik pelanggan. Belum jelas apakah usulan merger itu berujung pada diskusi serius, sementara Altman dipecat oleh dewan OpenAI pada Jumat lalu. Cek Harga WLD Sekarang!
  • 🌍 BullishPasokan Aktif Bitcoin dan Ethereum pada Rekor Terendah. Pasokan aktif Bitcoin dan Ethereum mencapai rekor terendah, dengan hanya sekitar 30% Bitcoin dan 39% Ethereum yang berpindah tangan dalam setahun terakhir. Angka ini merupakan yang terendah sejak data dikumpulkan pada tahun 2017. Sementara Bitcoin pernah mencapai lebih dari 59% pasokan yang aktif antara Maret 2017 dan 2018, dalam setahun terakhir hanya sekitar 30,12% yang berpindah. Ethereum juga mengalami penurunan, hanya sekitar 39,15% pasokannya yang berpindah dalam setahun terakhir, meski pernah mencapai lebih dari 86% antara Juli 2016 dan 2017. Cek Harga BTC Sekarang!
  • 🚀 BullishPresiden Terpilih Argentina, Javier Milei, Potensial Dorong Adopsi Kripto dan Perubahan Ekonomi. Presiden terpilih Argentina, Javier Milei, diyakini dapat mempercepat adopsi kripto di negaranya. Dalam menghadapi masalah hiperinflasi dan depresiasi Peso, ia mendukung Bitcoin sebagai solusi untuk kembalikan stabilitas keuangan. Kemenangannya telah mengangkat harga Bitcoin ke level tertinggi dalam satu setengah tahun terakhir, mencapai hampir $38,000. Langkah-langkahnya yang berpotensi menghapus Peso dan badan bank sentral Argentina diyakini akan mempercepat penggunaan kripto, memberikan opsi lebih luas bagi transaksi dan stabilisasi ekonomi. Cek Harga BTC Sekarang!

 

Analisis Makroekonomi

Antisipasi Pemotongan Suku Bunga Fed Nilai Dolar AS Mengalami Penurunan

Penurunan nilai dolar AS belakangan ini dipicu oleh ekspektasi pasar terkait kebijakan moneter Federal Reserve (Fed). Ketika pasar menduga bahwa Fed akan mengambil pendekatan yang lebih lunak terhadap kebijakan suku bunga, hal ini mendorong kecenderungan penurunan nilai dolar AS yang tercermin dalam indeks dolar AS (DXY) yang terus merosot, bahkan mencapai level terendahnya dalam beberapa bulan terakhir.

Penurunan nilai ini terkait dengan antisipasi bahwa Fed akan menghentikan atau bahkan melakukan pemangkasan suku bunga untuk merangsang perekonomian. Penurunan nilai dolar AS juga memicu minat investor pada aset safe haven seperti emas, yang sering kali dianggap sebagai tempat berlindung di tengah-tengah ketidakpastian.

Sumber: DXY — U.S. Dollar Index Chart — TradingView

Pasar juga tengah mengamati dampak yang mungkin terjadi akibat potensi pemotongan suku bunga oleh Fed. Harapan akan pemangkasan suku bunga dapat mempengaruhi arah pasar keuangan. Jika terjadi pemotongan suku bunga, dolar AS cenderung melemah karena akan membuatnya kurang menarik bagi investor, sehingga mengurangi permintaan terhadap mata uang tersebut.

Dampak pemotongan suku bunga terhadap pasar biasanya mencakup penurunan nilai mata uang dalam jangka pendek, namun, dapat memberikan dorongan pada ekonomi karena mendorong pinjaman dan investasi. Kebijakan moneter yang lebih lunak dari Fed juga bisa mengurangi daya tarik dolar AS sebagai aset safe haven, mempengaruhi minat investor terhadapnya dan beralih ke aset lain seperti emas atau mata uang lain yang dianggap lebih menguntungkan.

Perubahan suku bunga juga dapat berdampak pada pasar keuangan secara keseluruhan, mempengaruhi saham, obligasi, dan komoditas. Ini juga bisa mempengaruhi nilai tukar mata uang, termasuk pasangan mata uang utama seperti EUR/USD dan USD/JPY yang terpengaruh oleh dinamika nilai dolar yang sedang berubah.

 

Crypto Terpopuler dalam Sepekan Terakhir

 

Crypto dengan Performa Terbaik dan Terburuk Sepekan Terakhir

Top Performance Crypto

  1. Kaspa (KAS) +53.40%

  2. Render (RNDR) +45.50%

  3. Synthetix (SNX) +32.32%

  4. Avalanche (AVAX) +18.84%

  5. Near Protocol (NEAR) +19.01%

 

Top Losers Crypto

  1. Polygon (MATIC) -14.51%

  2. Filecoin (FIL) -10.09%

  3. Sui (SUI) -9.71%

  4. The Sandbox (SAND) -8.79%

  5. Frax Share (FXS) -7.95%

 

Referensi

Sam Altman (@sama) / X (twitter.com)

Render price today, RNDR to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

The Graph price today, GRT to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

 

 

Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.
Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.