MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Whale Terus Akumulasi Token MATIC, Apa Pengaruhnya?
Analisis Pasar
Bagikan!

Whale Terus Akumulasi Token MATIC, Apa Pengaruhnya?

01 December 2023
7 menit membaca
Whale Terus Akumulasi Token MATIC, Apa Pengaruhnya?

Key Takeaways:

  • Kripto Pilihan: Investor besar mengakumulasi 120 juta token MATIC, nilainya mencapai $91 juta, berpotensi memengaruhi penawaran dan nilai aset. Sebaliknya, penurunan 8% nilai dYdX terkait unlock 150 juta DYDX pada 1 Desember, menciptakan sentimen bearish pada aset DYDX.
  • Berita Altcoin: Misi bulan yang dibiayai oleh DOGE akan segera diluncurkan setelah mendapat persetujuan regulasi. Animoca Brands menjadi validator terbesar di TON Blockchain, untuk mempercepat adopsi kripto dan mempermudah pengguna Web2 beralih ke Web3. Jack Dorsey memimpin pendanaan $6,2 juta untuk OCEAN, pool penambangan Bitcoin terdesentralisasi yang memberikan otonomi lebih besar kepada para penambang.
  • Berita Sepekan: MicroStrategy tingkatkan kepemilikan Bitcoin mereka menjadi $6,65 miliar dengan tambahan 16.130 BTC, meraih keuntungan sekitar $1,35 miliar. Hong Kong pertimbangkan ICO untuk pulihkan ekonomi pasca-pandemi. Google Cloud bergabung dalam testnet EigenLayer, namun belum pasti apakah akan pindah ke mainnet. EigenLayer targetkan mainnet pada paruh pertama 2024.
  • Makroekonomi: PDB AS tumbuh di atas 5% pada kuartal III, namun data-data perkembangan ekonomi terbaru mensinyalir pelemahan pada awal kuartal IV. Situasi yang ada kemungkinan akan mengarah kepada skenario yang sangat menguntungkan bagi pasar kripto.

 

 

Kripto Pilihan

Whale Terus Mengakumulasi Token MATIC, Apa Pengaruhnya? – Bullish

Investor besar / whale terlihat tengah mengakumulasi lebih dari 120 juta token MATIC hanya dalam seminggu terakhir, dengan nilai mencapai $91 juta sesuai dengan harga pasar saat ini, aktivitas whale ini berpotensi mempengaruhi penawaran dan permintaan MATIC di pasar yang pada akhirnya akan berpengaruh pada nilai dari MATIC itu sendiri. Selain itu, minat dari investor ritel tampaknya juga meningkat seiring dengan permintaan akan MATIC yang bertumbuh berkat lonjakan transaksi on-chain. Data terbaru menunjukkan bahwa transaksi senilai lebih dari $1 juta dalam token MATIC mengalami peningkatan yang signifikan pada bulan November. Akibatnya dalam dalam 30 hari terakhir terjadi kenaikan yang cukup signifikan pada nilai MATIC, yaitu sebesar 21.30%.

 

Sumber: Ali on X

Cek Harga MATIC Sekarang!

Dampak Token Unlock pada DYDX – Bearish

Dalam tujuh hari terakhir, nilai dYdX telah mengalami penurunan sebesar 8%, yang menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor. Meskipun dari segi pengembangan / development dari produk dYdX sendiri, telah banyak pengembangan baru yang diperkenalkan dalam sepekan terakhir. Namun, upaya itu belum berhasil meningkatkan harga token tersebut. Penurunan nilai dYdX ini terkait dengan peristiwa token unlock pada tanggal 1 Desember 2023, di mana 150 juta DYDX didistribusikan. Jumlah ini setara dengan 83.21% dari total pasokan yang beredar, dengan nilai total mencapai $463.50 juta pada harga pasar saat ini.

Ketersediaan jumlah token yang signifikan ini memberikan sentimen bearish yang kuat terhadap aset kripto DYDX. Hal ini menyebabkan penurunan harga yang cukup besar selama satu minggu terakhir. Namun, situasi ini juga dapat menjadi peluang bagi investor yang tertarik untuk mengakumulasi aset DYDX, mengingat potensi pemulihan di masa depan.


Sumber: dYdX (ethDYDX) price today, ETHDYDX to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

Cek Harga DYDX Sekarang!

 

Altcoin Update

  • 🌜 Bullish β€“ Misi Bulan yang Didanai DOGE Mendekati Peluncuran Setelah Persetujuan Regulasi. Misi bulan yang didanai oleh dogecoin (DOGE) mendekati peluncuran setelah mendapatkan persetujuan regulasi dari National Telecommunications and Information Administration (NTIA) sebagai langkah awal untuk menuju lisensi akhir dari Federal Communications Commission (FCC). Satelit DOGE-1, dibiayai sepenuhnya dengan DOGE, dikembangkan oleh Geometric Energy Corporation dan akan diluncurkan menggunakan roket SpaceX Falcon 9. Ini merupakan peluncuran satelit pertama yang dibayar sepenuhnya menggunakan token DOGE. – Cek Harga DOGE Sekarang!
  • πŸ’° Bullish – Animoca Brands Jadi Validator Terbesar di TON Blockchain. Animoca Brands menjadi validator terbesar di The Open Network (TON) Blockchain. Mereka berkolaborasi dengan TON Foundation untuk memperkuat ekosistem TON. Animoca Brands telah melakukan riset yang mendalam yang menghasilkan makalah riset tentang potensi TON Blockchain untuk mempercepat adopsi kripto. Mereka juga menyajikan dashboard analitik untuk melacak pertumbuhan TON. Kerja sama ini diharapkan dapat membantu pengguna Web2 beralih ke mini-aplikasi Web3 dengan lancar. Salah satu proyek yang didukung adalah TON Play, infrastruktur permainan TON yang memungkinkan permainan web terintegrasi langsung ke dalam Telegram.
  • πŸ€– Bullish – Jack Dorsey Pimpin Pendanaan $6.2 Juta untuk Pool Penambangan Bitcoin Terdesentralisasi. Jack Dorsey memimpin putaran pendanaan senilai $6,2 juta untuk pool penambangan Bitcoin terdesentralisasi, OCEAN. OCEAN menjanjikan pembayaran langsung kepada para penambang dari imbalan blok, yang merupakan perbedaan utama dari pool penambangan Bitcoin yang terpusat. Proyek ini bertujuan untuk memberikan otonomi lebih besar kepada para penambang dalam proses penambangan. – Cek Harga BTC Sekarang!

 

Berita Terkini dalam Sepekan Terakhir

  • 🐲 Bullish – MicroStrategy Kembali Perkuat Kepemilikan Bitcoin, Total Investasi Capai $6.65 Miliar. Perusahaan teknologi MicroStrategy telah menambah kepemilikan Bitcoin (BTC) mereka menjadi 174.530 BTC senilai $6,65 miliar. Dengan akuisisi terbaru sebesar $593,3 juta untuk 16.130 BTC, total investasi mereka mencapai $5,33 miliar, dan menghasilkan keuntungan sekitar $1,35 miliar. – Cek Harga BTC Sekarang!
  • 🌍 Bullish – Hong Kong Pertimbangkan ICO untuk Pulihkan Ekonomi. Hong Kong sedang mempertimbangkan penggunaan Initial Coin Offering (ICO) sebagai langkah untuk memulihkan perekonomiannya, seperti yang diusulkan oleh Asosiasi Profesional Sekuritas dan Futures Hong Kong. Langkah yang diusulkan ini sebagai bagian dari upaya untuk membangkitkan sektor keuangan Hongkong setelah pandemi global.
  • πŸš€ Bullish – Google Cloud Bergabung dengan EigenLayer dalam Testnet. Google Cloud bergabung dengan β€œOperator Working Group” EigenLayer bersama 65 operator lainnya pada testnet Goerli EigenLayer. Mereka mengonfirmasi partisipasi dalam testnet untuk protokol restaking Ether. Meski demikian, belum ada konfirmasi apakah Google Cloud akan pindah ke mainnet EigenLayer. EigenLayer menargetkan mainnet pada paruh pertama 2024 setelah meluncurkan layanan bagi para staker pada bulan Juni.

 

Analisis Makroekonomi

Ekonomi AS Kuartal III Tumbuh 5,2%

Perekonomian AS tumbuh lebih baik dari yang diperkirakan pada kuartal ketiga tahun ini, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 5,2%, yang merupakan laju pertumbuhan tertinggi sejak kuartal keempat tahun 2021. Revisi ini, naik dari data laju pertumbuhan tahunan sebesar 4,9% yang dilaporkan sebelumnya. Meningkatnya investasi bisnis pada sektor seperti pergudangan dan fasilitas kesehatan, serta belanja pemerintah negara bagian dan pemerintah lokal yang lebih tinggi, disinyalir menjadi penyebab utama. Meskipun terdapat pertumbuhan, terdapat indikasi bahwa momentum perekonomian mulai melemah akibat dampak dari tingginya biaya pinjaman yang mulai semakin terlihat.

Sumber: Reuters

Namun, sejumlah indikator menunjukkan adanya perlambatan aktivitas ekonomi saat dimulainya kuartal keempat tahun ini. Penjualan ritel turun di bulan Oktober, menandakan penurunan belanja konsumen, sementara pertumbuhan lapangan kerja melambat dan pengangguran meningkat menjadi 3,9%. Tren-tren ini, seiring dengan melebarnya defisit perdagangan dan tidak berubahnya persediaan ritel di bulan Oktober, menunjukkan potensi hambatan terhadap pertumbuhan PDB pada kuartal ini. Meskipun demikian, terdapat optimisme yang semakin besar bahwa siklus kenaikan suku bunga The Fed mungkin sudah mendekati akhir. Pasar bahkan memperkirakan kemungkinan penurunan suku bunga pada pertengahan tahun 2024.

Kenaikan Belanja Konsumen AS Melambat

Pada bulan Oktober, pertumbuhan belanja konsumen AS melambat dengan kenaikan moderat sebesar 0,2% dari bulan sebelumnya. Peningkatan tersebut terutama disebabkan oleh kenaikan belanja jasa sebesar 0,4%, yang sebagian diimbangi oleh penurunan belanja barang sebesar 0,2%. Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) tetap tidak berubah di bulan Oktober, dengan kenaikan year-on-year sebesar 3,0%, yang merupakan kenaikan terendah sejak Maret 2021. Pendapatan pribadi juga mengalami sedikit peningkatan sebesar 0,2%, dengan pertumbuhan upah yang melambat dibandingkan bulan September. Mulai dirasakannya dampak dari biaya pinjaman yang tinggi dan berkurangnya kelebihan tabungan di kalangan rumah tangga berpendapatan rendah, disinyalir menjadi faktor penyebab. Situasi tersebut, diperkirakan akan membatasi belanja konsumen di tahun mendatang. Indikator inflasi menunjukkan tanda-tanda melambat. 


Sumber: Reuters

Potensi Implikasi bagi Pasar Kripto

Pertumbuhan ekonomi AS di atas 5% yang diiringi dengan munculnya tanda-tanda pelemahan di beberapa sektor dapat menyiratkan situasi di mana daya investasi masyarakat di AS kemungkinan masih cukup kuat. Apabila tanda-tanda akan melemahnya ekonomi tersebut kemudian direspon oleh The Fed dengan menghentikan siklus kenaikan suku bunga, maka optimisme investor terhadap aset-aset berisiko seperti ekuitas dan aset kripto kemungkinan akan meningkat. Skenario tersebut sangat mungkin terjadi terlebih dengan beberapa pengamat telah mengemukakan perhitungannya terhadap potensi akan diturunkannya suku bunga pada awal atau pertengahan tahun depan. Beberapa investor sekarang mungkin sudah akan mulai bersiap menghadapi situasi tersebut yang mungkin akan cukup berdampak terhadap harga aset di pasar.

 

Crypto Terpopuler dalam Sepekan Terakhir

 

Crypto dengan Performa Terbaik dan Terburuk Sepekan Terakhir

Top Performance Crypto

  1. Celestia (TIA) +26.47%

  2. Injective (INJ) +17.53%

  3. THORChain (RUNE) +14.11%

  4. ApeCoin (APE) +10.80%

  5. Axie Infinity (AXS) +9.58%

 

Top Losers Crypto

  1. Blur (BLUR) -17.16%

  2. dYdX (DYDX) -13.30%

  3. Optimism (OP) -7.25%

  4. Synthetix (SNX) -4.80%

  5. Lido Dao (LDO) -4.25%

 

Referensi

Ali on X

dYdX (ethDYDX) price today, ETHDYDX to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

 

 

Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.
Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.