MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Axie Infinity Ciptakan Anomali?
Ringkasan Reku
Bagikan!

Axie Infinity Ciptakan Anomali?

11 July 2023
2 menit membaca
Axie Infinity Ciptakan Anomali?

AXS

Statistik Axie Infinity dalam 7 hari terakhir. Sumber: Dappradar

Axie Infinity merupakan proyek game berbasis NFT dengan ekosistem produk terbesar saat ini dibandingkan game-game web3 lainnya. Volume perdagangan NFT dan jumlah trader di marketplace Axie Infinity mengalami peningkatan yang relatif cukup signifikan dalam tujuh hari terakhir. Volume perdagangan mengalami peningkatan sekitar 74% dan jumlah trader mengalami peningkatan sekitar 62%. Peningkatan tersebut terjadi di saat tren positif NFT yang sempat terlihat minggu lalu mulai memudar. Dengan demikian, secara sekilas, hal ini dapat dikatakan sebagai sebuah anomali. Mampu bertahannya tren pertumbuhan transaksi yang ada tersebut akan berpotensi menjadi katalis positif khususnya bagi token AXS sebab AXS merupakan kunci akses terhadap pendapatan platform Axie Infinity dari fee transaksi di marketplace NFT tersebut. 

 

LDO

  

Jumlah wallet aktif (garis kuning) dan jumlah transaksi (garis hijau) di platform Lido mengalami peningkatan yang cukup eksponensial. Sumber: Dappradar

Lido yang merupakan platform liquid staking derivative (LSD) untuk memfasilitasi investor melakukan staking di platform blockchain berbasis Proof of Stake (PoS) seperti Ethereum, kembali menunjukkan sinyal positif dari segi aktivitas pengguna. Terdapat peningkatan jumlah pengguna aktif harian Lido dari 437 pada Senin 3 Juli lalu hingga menyentuh area 1550 pada 9 Juli kemarin. Jumlah transaksi juga mengalami peningkatan dari 509 transaksi hingga menyentuh 1610 transaksi pada hari minggu kemarin. Perkembangan tersebut berpotensi akan mampu mempertahankan tren positif dari pendapatan platform Lido yang dalam beberapa minggu terakhir sedikit mengalami pelemahan. 

 

FTM

Lima proyek blockchain dengan pertumbuhan fee mingguan terbesar. Sumber: Token Terminal

Fantom yang merupakan jaringan L1 alternatif dari Ethereum yang mampu mengakomodasi transaksi lebih cepat dengan biaya yang lebih murah melalui teknologi DAG (Directed Acyclic Graph) yang digunakan, kembali menorehkan performa fundamental yang cukup positif. Fee atau pendapatan jaringan Fantom mengalami peningkatan sebesar 455% lebih dalam satu minggu terakhir. Persentase peningkatan fee tersebut menempatkan Fantom di klasemen lima proyek dengan peningkatan fee mingguan terbesar. Fantom juga menjadi satu-satunya proyek dalam daftar peringkat tersebut yang nilai pendapatannya berada di atas $100 ribu. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh meningkatnya jumlah pengguna aktif jaringan yang sempat kami sampaikan pada Ringkasan Reku minggu lalu. Disaat token FTM malah justru cenderung tertekan selama satu minggu kebelakang, data positif ini dapat memberikan sinyal kepada investor untuk buy on weakness. Data historis menunjukkan ketika terdapat tingkat pertumbuhan pendapatan pada level tersebut, token FTM cenderung terapresiasi sekitar 30% pada rentang waktu sekitar satu sampai tiga minggu.   

 

*Akurasi dari katalis-katalis diatas dapat dipengaruhi oleh perubahan keadaan seperti akibat dari peristiwa tertentu yang kejadiannya tidak dapat diprediksi sebelumnya. Apabila Anda memutuskan untuk mengambil keputusan trading atau berinvestasi jangka pendek, kami menyarankan untuk selalu memantau peristiwa yang sekiranya dapat berkaitan dengan aset crypto tersebut. Aset crypto juga dapat mengalami kenaikan atau penurunan harga tanpa adanya suatu sebab atau katalis tertentu.
*PERINGATAN: Pergerakan harga aset crypto sangat fluktuatif, harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Pergerakan harga aset crypto dipengaruhi oleh banyak faktor yang harus Anda gali informasinya. Investasi aset Anda di aset crypto merupakan investasi beresiko tinggi. Semua keputusan jual beli aset crypto Anda merupakan keputusan Anda sendiri dan tidak dipengaruhi oleh pihak lain. Artikel ini hanya bersifat informasional dan bukan merupakan saran atau rekomendasi investasi.