MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Bitcoin (BTC) Koreksi, Siapa Takut!
Analisis Pasar
Bagikan!

Bitcoin (BTC) Koreksi, Siapa Takut!

06 March 2024
2 menit membaca
Bitcoin (BTC) Koreksi, Siapa Takut!

Bitcoin (BTC) -7.45%

Dalam 24 jam terakhir, harga Bitcoin BTC mengalami penurunan signifikan sebesar -7,45%. Namun, koreksi ini telah diprediksi sebelumnya (baca artikel berikut). Dalam kondisi bull market, koreksi harga setelah rally dianggap sebagai hal yang normal, dan secara keseluruhan, Bitcoin BTC masih berada dalam tren kenaikan harga.

Penyebab Koreksi Harga Bitcoin

  • Koreksi ini disebabkan oleh peningkatan jumlah pemegang BTC yang baru-baru ini memegang koin selama seminggu (pemegang jangka pendek), yang menempatkan Bitcoin dalam risiko koreksi harga.
  • Kenaikan harga BTC dalam 2 minggu terakhir telah menarik banyak pemegang jangka pendek baru. Kebiasaan mereka untuk mengambil keuntungan dapat menyebabkan koreksi harga.
  • Data menunjukkan adanya peningkatan tajam dalam persentase investor yang memegang BTC antara satu hari dan satu minggu, dengan peningkatan sebesar 49% sejak 24 Januari.
  • Pemegang BTC jangka pendek cenderung lebih sensitif terhadap harga daripada pemegang jangka panjang, sehingga lonjakan mereka ke pasar membawa risiko koreksi dalam jangka pendek.

Apa Dampaknya Bagi Investor?

Rekomendasi saat ini adalah menerapkan strategi Dollar-Cost Averaging (DCA) dalam investasi Bitcoin, memanfaatkan koreksi harga saat ini sebelum dimulainya rally selanjutnya. Dengan DCA, Anda dapat secara konsisten berinvestasi dalam Bitcoin dengan jumlah tetap pada interval waktu tertentu, mengurangi dampak fluktuasi harga jangka pendek dan memanfaatkan kesempatan beli saat harga lebih rendah.

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Starknet (STRK) +26.54%

Dalam 24 jam terakhir, harga token Starknet (STRK) mengalami kenaikan signifikan sebesar 26,54%. Kenaikan ini terkait dengan pertumbuhan adopsi yang cukup signifikan di ekosistem Starknet STRK. 

Upgrade Terbaru dan Pertumbuhan TVL Starknet STRK

  • Pengumuman upgrade terbaru Starknet v0.13.1 yang dijadwalkan untuk dilaksanakan di Sepolia Testnet, Goerli Testnet, dan Mainnet pada tanggal 5, 6, dan 12 Maret secara berturut-turut, telah menjadi katalis yang mempengaruhi kenaikan harga STRK. 
  • Upgrade ini dianggap penting karena pada tanggal 13 Maret, Ethereum juga akan menerapkan upgrade terbesar keduanya, yaitu Dencun Upgrade. 
  • Selain itu, Total Value Locked (TVL) Starknet juga mencapai rekor tertinggi sebesar $239.55 juta, menunjukkan minat yang meningkat dalam proyek ini. Kombinasi dari faktor-faktor ini telah memberikan dorongan signifikan terhadap kenaikan harga STRK dalam periode waktu 24 jam terakhir.

Apa Dampaknya Bagi Investor?

Meskipun “sell the news” mungkin terjadi saat upgrade Starknet dan Ethereum pada 13 Maret, disarankan untuk mempertahankan posisi di Starknet (STRK) hingga saat itu mengingat rally kemungkinan baru saja dimulai.

Cek Harga STRK Sekarang!

 

Optimism (OP) +12.25%

Harga Optimism meningkat secara signifikan dalam 24 jam terakhir, naik sebesar 12.25%. Kenaikan ini terkait dengan antisipasi peluncuran Dencun Upgrade Ethereum, yang berpotensi meningkatkan efisiensi proyek layer 2 seperti Optimism OP.

Dencun Upgrade

  • Dencun Upgrade merupakan upgrade terbesar kedua Ethereum setelah Shapella. 
  • Upgrade ini secara khusus menguntungkan proyek-proyek roll-up/layer 2 di Ethereum, termasuk Optimism OP, Arbitrum ARB, dan proyek layer 2 Ethereum lainnya. 
  • Diharapkan bahwa upgrade ini akan meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya transaksi di proyek roll-up/layer 2. 
  • Antisipasi terhadap upgrade ini menjadi pendorong utama kenaikan harga Optimism OP.

Dampak Setelah Kenaikan Harga Optimism OP

  • Semua pemegang OP saat ini berada dalam keuntungan setelah harga aset tersebut mencapai rekor tertinggi (ATH).
  • Lebih dari satu juta alamat yang memegang OP juga mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga tersebut.

Apa Dampaknya Bagi Investor?

Pertimbangkan untuk mempertahankan posisi investasi Anda dalam Optimism (OP), terutama dengan antisipasi peluncuran Dencun Upgrade Ethereum pada 13 Maret 2024.

Cek Harga OP Sekarang!