MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Bitcoin Incar $50,000 Pasca Tembus $48,000
Analisis Pasar
Bagikan!

Bitcoin Incar $50,000 Pasca Tembus $48,000

12 February 2024
3 menit membaca
Bitcoin Incar $50,000 Pasca Tembus $48,000

Bitcoin (BTC) +12.62%

Bitcoin mengalami kenaikan harga di atas level $48.000 dan saat ini sedang mengkonsolidasikan kenaikan tersebut. Indikator teknis menunjukkan sentimen bullish, dengan harga berada di atas 100 hourly Simple Moving Average dan membentuk garis tren bullish dengan support di $48.000. 

Pertumbuhan ETF Bitcoin:

  • ETF Bitcoin baru-baru ini telah mengumpulkan aset di bawah pengelolaan sebesar $10 miliar dalam 20 hari pertama perdagangannya. 
  • ETF Bitcoin populer seperti iShares Bitcoin Trust dari BlackRock dan Wise Origin Bitcoin Fund dari Fidelity telah menarik investasi besar, menunjukkan minat investor yang kuat dalam Bitcoin sebagai kelas aset. 
  • Para analis mengantisipasi pertumbuhan lebih lanjut dalam ETF Bitcoin karena perusahaan perdagangan menyelesaikan evaluasi mereka terhadap kendaraan investasi ini. 
  • Persetujuan aplikasi ETF Bitcoin oleh badan regulator menandai tonggak penting dalam penerimaan institusi terhadap Bitcoin, yang berpotensi mengubah cara investor memandangnya sebagai tempat penyimpanan nilai.

Halving Bitcoin April 2024:

  • Halving Bitcoin yang dijadwalkan pada April 2024 diperkirakan akan memiliki perbedaan fundamental dibandingkan dengan halving sebelumnya. 
  • Laporan Grayscale menyoroti faktor-faktor seperti peningkatan aktivitas onchain, adopsi ETF Bitcoin yang meningkat, dan pengenalan inskripsi ordinal di blockchain Bitcoin, yang dapat berkontribusi pada pasar yang lebih stabil pasca-halving. 
  • Kombinasi aktivitas harga Bitcoin saat ini, adopsi ETF, dan antisipasi halving mendatang menunjukkan prospek bullish untuk aset kripto dalam jangka pendek. 
  • Namun, seperti halnya dengan setiap pasar keuangan, pergerakan harga dapat mengalami volatilitas dan peristiwa tak terduga, jadi investor harus berhati-hati dan melakukan penelitian menyeluruh sebelum membuat keputusan investasi.

Apa Dampaknya Bagi Investor?

Jika sentimen bullish terus dominan, Bitcoin bisa mencapai level resistensi di $48.500, $48.800, dan pada akhirnya $50.000. Namun, kegagalan untuk menembus resistensi di $48.800 mungkin akan memicu koreksi downside. Dalam skenario tersebut, level-level dukungan yang perlu diperhatikan langsung termasuk $48.000 dan garis tren bullish, diikuti oleh $47.650. Penutupan di bawah $47.650 dapat menyebabkan penurunan lebih lanjut menuju level dukungan di $46.500.

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Optimism (OP) +15.49%

Saat ini, harga Optimism cryptocurrency diperdagangkan pada $3,49 dengan kenaikan dalam sepekan yang signifikan hingga 15.19%. Beberapa katalis penyebab kenaikan ini antara lain adalah:

Upgrade Ethereum:

  • Upgrade Ethereum yang sangat dinantikan, Dencun, dijadwalkan akan diluncurkan pada tanggal 13 Maret, dengan tujuan untuk secara signifikan meningkatkan kecepatan dan keterjangkauan jaringan.
  • Fitur utamanya adalah “proto-danksharding,” langkah menuju sistem yang disebut “danksharding” yang menyederhanakan verifikasi data untuk transaksi pada jaringan “layer-2” Ethereum.
  • Upgrade ini bertujuan untuk mengatasi kritik utama terhadap Ethereum: biaya gas yang tinggi dan kecepatan transaksi yang lambat.
  • Meskipun solusi layer-2 seperti Optimism dan Arbitrum telah memberikan sedikit bantuan, Dencun bertujuan untuk membuatnya lebih efisien dan terjangkau lagi.
  • Pengembang percaya bahwa danksharding yang sepenuhnya diimplementasikan pada akhirnya dapat menangani lebih dari 100.000 transaksi per detik dengan biaya rendah.
  • Dencun merupakan upgrade paling signifikan sejak update Shanghai pada bulan April tahun lalu, yang memungkinkan stakeholder Ethereum untuk menarik dana mereka.
  • Dencun secara langsung memengaruhi kegunaan sehari-hari dari ekosistem Ethereum.
  • Analis memperkirakan bahwa Optimism, solusi scaling layer 2 Ethereum, memiliki potensi kenaikan yang signifikan dengan upgrade Dencun yang akan datang.

Apa Dampaknya Bagi Investor?

Investor perlu memperhatikan perkembangan terkait dengan upgrade Dencun dan dampaknya terhadap ekosistem Ethereum secara keseluruhan. Pertimbangkan untuk memantau potensi kenaikan harga Optimism cryptocurrency sebagai dampak dari perubahan ini. Lakukan analisis lebih lanjut terhadap proyek Optimism, termasuk potensi pengembangan dan adopsi di masa depan, sebelum membuat keputusan investasi.

Cek Harga OP Sekarang!

 

Stacks (STX) +28.26%

Harga Stacks saat ini berada di sekitar $1,88, naik 28,26% dari $1,47 dalam sepekan terakhir. Volume perdagangan Stacks dan kapitalisasi pasar Stacks juga mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam periode tersebut. Beberapa alasan di balik kenaikan harga STX antara lain:

Peningkatan Aktivitas Onchain Stacks:

  • Total Nilai Terkunci (TVL) dalam jaringan Stacks mencapai rekor $64,3 juta, menunjukkan pertumbuhan pesat menurut laporan dari DefiLlama.

Pengaruh Upgrade Nakamoto untuk Bitcoin:

  • Upgrade Nakamoto untuk Bitcoin yang akan datang, diharapkan sebelum halving Bitcoin berikutnya, dapat mempercepat perbaikan untuk lapisan sekunder Bitcoin.
  • Fase krusial ini bagi Bitcoin dapat mempercepat kemajuan Stacks dalam ekosistemnya.
  • Cosmo Jiang dari Pantera Capital menyatakan keyakinannya bahwa Stacks memiliki posisi unik untuk memanfaatkan perkembangan yang akan datang di Bitcoin.

Apa Dampaknya Bagi Investor?

Meskipun belum mencapai puncak historisnya pada Oktober 2021 sebesar $3,31, Stacks tetap menunjukkan pertumbuhan yang konsisten. Saat ini, pasokan beredar Stacks sekitar 1,44 miliar dari total pasokan 1,82 miliar STX, dengan tingkat inflasi tahunan sebesar 6,97%. Dengan demikian, Stacks masih berada dalam posisi yang solid untuk melanjutkan ekspansi di tengah-tengah meningkatnya ekosistem Bitcoin.

Cek Harga STX Sekarang!