MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Publikasi (Deep Dives)
Pasar Kembali Berada di Persimpangan, Jalur Mana yang akan Ditempuh?
Ringkasan Reku
Bagikan!

Pasar Kembali Berada di Persimpangan, Jalur Mana yang akan Ditempuh?

30 October 2023
4 menit membaca
Pasar Kembali Berada di Persimpangan, Jalur Mana yang akan Ditempuh?

Market Overview

NeutralBullish Moderate 

Sentimen positif di pasar kripto yang telah berhasil bertahan dalam satu minggu terakhir telah membawa pergerakan harga BTC pada teritori baru. Situasi yang ada, berpotensi membuat para investor baru (short term holder) yang telah berada pada kondisi unrealized profit, untuk melakukan aksi profit taking guna meminimalisasi risiko terhadap potensi perubahan sentimen akibat faktor-faktor tertentu. Namun, masuknya kapital baru ke pasar mungkin saja masih akan terus berlanjut seiring dengan masih relatif positifnya perkembangan psikologi pasar yang ada dengan narasi seputar AI dan alt season yang terlihat cukup mendapatkan perhatian. 

Pada awal minggu pasar kemungkinan akan cenderung netral selagi menunggu keputusan penetapan suku bunga The Fed pada 1 November. Menguatnya ekonomi AS pada kuartal III yang masih dibayang-bayangi oleh potensi pelemahan pada kuartal IV dan sentimen positif terkait perkembangan regulasi kripto secara umum, sepertinya akan lebih mengarah kepada kemungkinan pasar bergerak ke arah bullish. Namun, skenario yang berbeda mungkin dapat terjadi apabila The Fed memutuskan untuk menaikan suku bunga. 

Aset-aset Kripto yang Menarik untuk Diperhatikan: 

MKR

pendapatan makerdao

Sumber: Token Terminal

Salah satu projek yang berpotensi akan cukup diuntungkan apabila suku bunga The Fed mengalami kenaikan adalah MakerDAO. Hal itu dikarenakan mayoritas dari aset kelolaan platform tersebut saat ini berada pada instrumen RWA (Real World Asset) yang terdiri dari US T Bill, dan lain-lain. Kenaikan suku bunga The Fed dapat berimbas pada meningkatnya pendapatan protokol yang dapat didistribusikan kepada para pemilik token MKR. Namun terlepas dari kemungkinan tersebut, secara fundamental, MakerDAO saat ini sedang berada pada state yang cukup positif. Setelah dua minggu lalu berhasil membukukan pendapatan mingguan tertinggi kedua dalam satu tahun terakhir, minggu lalu MakerDAO kembali mengalami kenaikan pendapatan sebesar 76%. Pendapatan MakerDAO naik dari $2,8 juta menjadi $4,7 juta dan merupakan angka pendapatan mingguan terbesar kelima dalam satu tahun terakhir, yang hanya selisih sedikit dari pendapatan mingguan terbesar ketiga dan keempat sebesar $4,8 juta yang terjadi pada minggu pertama September 2023 dan November 2022. Selain itu, pertumbuhan treasury MakerDAO juga masih berada pada tren yang sangat positif. Berlanjutnya pertumbuhan terhadap variabel-variabel tersebut dapat berpotensi menjadi aset penting untuk mencapai pertumbuhan lebih lanjut.     

Cek Harga MKR Terbaru!

 

ETH

Sumber: Etherscan

Ethereum yang merupakan pemimpin dan proyek kripto terbesar dalam sektor infrastruktur blockchain (L1) terlihat mencatatkan perkembangan yang menarik. Jumlah ETH yang dihilangkan dari sirkulasi (di burn) terpantau mengalami peningkatan mingguan yang cukup signifikan. Secara perhitungan mingguan, jumlah ETH yang di burn mengalami peningkatan dari 7476,72 menjadi 15454,13 pada minggu lalu. Peningkatan sebesar lebih dari 106% tersebut juga merupakan salah satu peningkatan burn rate tertinggi ETH dalam beberapa bulan terakhir. Berkurangnya suplai ETH yang bersirkulasi ditambah dengan meningkatnya aktivitas pengguna dapat membuat ETH yang ada menjadi semakin berharga. Dengan demikian, perkembangan positif tersebut memiliki potensi yang cukup menarik untuk memberikan katalis positif bagi harga ETH di pasar. 

Cek Harga ETH Terbaru!

 

SNX

Sumber: Token Terminal

Synthetix, sebuah proyek pengembangan infrastruktur teknologi dan likuiditas aset sintetis yang telah banyak diadopsi untuk berbagai keperluan keuangan terdesentralisasi, kembali membukukan salah satu pendapatan mingguan tertingginya minggu lalu. Platform Synthetix tercatat membukukan pendapatan mingguan sebesar $1,4 juta, naik 176% dari minggu sebelumnya. Kenaikan yang merupakan lanjutan dari performa yang cukup positif pada minggu sebelumnya tersebut berpotensi kembali meningkatkan kepercayaan investor terhadap potensi dari SNX, yang apabila terjadi, dapat menjadi katalis positif terhadap pergerakan harga token tersebut di pasar.    

Cek Harga SNX Terbaru!

 

EOS

Sumber: Defillama

EOS yang merupakan salah satu proyek pengembangan jaringan infrastruktur blockchain publik (L1), terlihat mengalami lonjakan volume perdagangan aset kripto yang terjadi di jaringannya. Dalam satu minggu terakhir, terdapat hampir $15 juta volume perdagangan aset kripto di jaringan EOS. Berbeda dengan jaringan-jaringan lain yang telah banyak diadopsi untuk DeFi, adopsi jaringan EOS untuk keperluan tersebut dapat dikatakan masih minim atau cukup terlambat. Peningkatan volume perdagangan mingguan sebesar lebih dari 800% tersebut dapat mensinyalir harapan terhadap potensi EOS untuk turut mendapatkan pangsa pasar dari aplikasi DeFi yang ada. 

Cek Harga EOS Terbaru!

 

Honourable mention: 

CFG: Terjadi peningkatan TVL pada platform Centrifuge, namun performa positif tersebut terlihat telah direspon dengan kenaikan harga token yang terjadi. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan rally dapat berlanjut khususnya apabila didukung dengan berlanjutnya tren fundamental positif yang ada. 

RUNE: Memiliki korelasi pergerakan harga dengan TVL yang terlihat cukup tinggi dalam satu tahun ke belakang. Sama dengan CFG, peningkatan TVL yang terjadi telah di priced in ke dalam harga token yang ada saat ini. Namun, potensi penguatan lanjutan masih cukup terbuka.   

JOE: Membukukan tren peningkatan pendapatan yang cukup solid, walaupun pada persentase yang relatif tidak terlalu signifikan. Namun, tidak menutup kemungkinan tren tersebut dapat berkembang seiring dengan potensi kembali meningkatnya aktivitas pengguna Avalanche. 

 

*Akurasi dari katalis-katalis diatas dapat dipengaruhi oleh perubahan keadaan seperti akibat dari peristiwa tertentu yang kejadiannya tidak dapat diprediksi sebelumnya. Apabila Anda memutuskan untuk mengambil keputusan trading atau berinvestasi jangka pendek, kami menyarankan untuk selalu memantau peristiwa yang sekiranya dapat berkaitan dengan aset crypto tersebut. Aset crypto juga dapat mengalami kenaikan atau penurunan harga tanpa adanya suatu sebab atau katalis tertentu.
*PERINGATAN: Pergerakan harga aset crypto sangat fluktuatif, harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Pergerakan harga aset crypto dipengaruhi oleh banyak faktor yang harus Anda gali informasinya. Investasi aset Anda di aset crypto merupakan investasi beresiko tinggi. Semua keputusan jual beli aset crypto Anda merupakan keputusan Anda sendiri dan tidak dipengaruhi oleh pihak lain. Artikel ini hanya bersifat informasional dan bukan merupakan saran atau rekomendasi investasi.