MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
ETF Bitcoin Mencatat Inflow Saat Harga Bitcoin (BTC) Turun
Analisis Pasar
Bagikan!

ETF Bitcoin Mencatat Inflow Saat Harga Bitcoin (BTC) Turun

08 July 2024
2 menit membaca
ETF Bitcoin Mencatat Inflow Saat Harga Bitcoin (BTC) Turun

Pada 5 Juli 2024, ETF Bitcoin (Exchange-Traded Funds) mencatat inflow substansial sebesar $143,1 juta, menandakan pemulihan kepercayaan investor meskipun harga Bitcoin mengalami penurunan signifikan. Fenomena ini menarik perhatian banyak pihak, mengingat pergerakan modal yang cukup besar di tengah kondisi pasar yang tidak stabil.

Penyebab Inflow Besar pada ETF Bitcoin

  1. Pemanfaatan Harga Rendah: Lonjakan investasi ini sejalan dengan pemulihan pasar yang lebih luas, di mana para pedagang memanfaatkan harga Bitcoin yang lebih rendah setelah perayaan Hari Kemerdekaan AS. Banyak investor melihat penurunan harga sebagai kesempatan untuk membeli Bitcoin dengan harga diskon, yang pada gilirannya meningkatkan inflow ke ETF Bitcoin.
  2. Kepercayaan Terhadap Manajer ETF: Fidelity Bitcoin ETF (FBTC) muncul sebagai pemimpin, menarik $117 juta dari total inflow. Dominasi FBTC menunjukkan kepercayaan investor yang kuat terhadap strategi dan manajemen dana tersebut. Investor percaya bahwa FBTC dapat memberikan imbal hasil yang baik meskipun dalam kondisi pasar yang fluktuatif.
  3. Diversifikasi Portofolio: Inflow signifikan juga tercatat pada Bitwise Bitcoin ETF (BITB) yang menarik $30,2 juta. Pertumbuhan ini memperkuat posisi BITB sebagai salah satu ETF Bitcoin terkemuka di pasar. Kontribusi ke ETF lain seperti ARKB dan HODL juga patut diperhatikan, dengan inflow masing-masing sebesar $11,3 juta dan $12,8 juta. Investor cenderung memanfaatkan berbagai ETF untuk mendiversifikasi portofolio mereka dan mengurangi risiko.

Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) Mengalami Outflow

Tidak semua ETF Bitcoin menikmati inflow yang positif. Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) mengalami outflow bersih sebesar $28,6 juta, mencerminkan perilaku investor yang beragam di tengah kondisi pasar yang ada. Penurunan ini mungkin disebabkan oleh perbedaan dalam strategi manajemen atau persepsi investor terhadap prospek jangka panjang GBTC. Beberapa investor mungkin merasa bahwa GBTC kurang mampu bersaing dengan ETF lain dalam memberikan imbal hasil yang optimal.

Pandangan Para Ahli

Hunter Horsley, CEO Bitwise Asset Management, menyoroti efisiensi strategis timnya dalam memperoleh Bitcoin dengan biaya kurang dari setengah basis poin. “Operasi Bitwise terus maju berkat keahlian pasar dan strategi investasi berbiaya rendah,” kata Horsley. Dia tetap optimis tentang Bitcoin dan percaya bahwa dengan harga rendah saat ini, investor baru memiliki peluang besar untuk memasuki pasar.

Horsley melihat penurunan harga sebagai kesempatan emas untuk memperkuat posisi investor di dunia aset kripto yang terus berkembang. Pendekatan ini mencerminkan keyakinan bahwa harga Bitcoin akan mengalami pemulihan dan kenaikan kembali di masa depan.

Kesimpulan

Inflow besar ke ETF Bitcoin di tengah penurunan harga menunjukkan bahwa banyak investor masih memiliki kepercayaan tinggi terhadap aset digital ini. Mereka melihat penurunan harga sebagai kesempatan untuk membeli Bitcoin dengan harga lebih rendah, yang dapat memberikan keuntungan jangka panjang. Dominasi ETF seperti FBTC dan BITB mencerminkan kepercayaan investor terhadap manajemen dana tersebut. Di sisi lain, outflow pada GBTC menunjukkan bahwa tidak semua produk investasi Bitcoin dipandang sama oleh investor.

Situasi ini menunjukkan dinamika pasar yang kompleks dan perlunya strategi investasi yang matang untuk memanfaatkan peluang yang ada. Investor harus terus memantau perkembangan pasar dan menyesuaikan strategi mereka untuk mengoptimalkan hasil investasi dalam kondisi pasar yang terus berubah.

 

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Disclaimer: Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.

Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.