MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Faktor Berikut Sangat Penting Agar Bitcoin Bisa Capai New All-Time High
Analisis Pasar
Bagikan!

Faktor Berikut Sangat Penting Agar Bitcoin Bisa Capai New All-Time High

31 May 2024
5 menit membaca
Faktor Berikut Sangat Penting Agar Bitcoin Bisa Capai New All-Time High

Key Takeaways:

  • Kripto Pilihan: Dunia aset kripto adalah lanskap yang dinamis dan seringkali tidak dapat diprediksi. Meskipun pergerakan harga Bitcoin mungkin tampak kacau, ada faktor-faktor mendasar yang sangat mempengaruhi nilainya. Salah satu faktor kritis tersebut adalah inflasi.
  • Berita Altcoin: Meskipun ada peningkatan minat pada DeFi, harga token Cardano (ADA) turun tajam, berbeda dengan Ether yang diprediksi mencapai rekor baru dengan potensi peluncuran ETF, sementara PayPal mengintegrasikan stablecoin PYUSD ke blockchain Solana yang efisien untuk memperluas penggunaannya di pembayaran ritel global.
  • Berita Sepekan: Setelah Donald Trump dinyatakan bersalah, koin meme terkait dirinya dan Joe Biden mengalami volatilitas, sementara ETF bitcoin spot di AS melihat arus masuk bersih, dan CEO Ripple, Brad Garlinghouse, memprediksi persetujuan ETF untuk XRP, Solana, dan Cardano, yang akan meningkatkan nilai pasar kripto secara signifikan.

 

 

Kripto Pilihan

Faktor Berikut Sangat Penting Agar Bitcoin Bisa Capai New All-Time High

Dunia aset kripto adalah lanskap yang dinamis dan seringkali tidak dapat diprediksi. Meskipun pergerakan harga Bitcoin mungkin tampak kacau, ada faktor-faktor mendasar yang sangat mempengaruhi nilainya. Salah satu faktor kritis tersebut adalah inflasi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi hubungan antara Consumer Price Index (CPI) dan all-time high (ATH) Bitcoin, dengan mengacu pada penelitian terbaru oleh 10x Research.

Inflasi dan Pergerakan Harga Bitcoin

Bitcoin, sering disebut sebagai “emas digital,” telah memikat imajinasi investor di seluruh dunia. Kelangkaannya, sifat desentralisasinya, dan potensinya sebagai lindung nilai terhadap sistem keuangan tradisional berkontribusi pada daya tariknya. Namun, memahami dinamika harga Bitcoin memerlukan pertimbangan faktor makroekonomi.

Inflasi, yaitu tingkat di mana harga umum barang dan jasa naik, memainkan peran penting. Ketika inflasi meningkat, hal ini mempengaruhi sentimen investor dan aliran modal ke dalam aset kripto. Bitcoin, sebagai penyimpan nilai dan aset spekulatif, merespons perubahan ekspektasi inflasi.

Ambang Batas Kritis: 3.3% CPI Inflasi

Markus Thielen, kepala peneliti di 10x Research, menekankan bahwa perjalanan Bitcoin menuju ATH baru bergantung pada hasil CPI di Amerika Serikat. Secara spesifik, jika CPI tercatat sebesar 3.3% atau lebih rendah, Bitcoin memiliki peluang besar untuk melampaui ATH sebelumnya (yang dicapai pada bulan Maret).

Mengapa 3.3%? Ambang batas ini mencerminkan keseimbangan yang rumit. Jika inflasi tetap moderat, hal ini menandakan stabilitas dan kepercayaan pada ekonomi. Sebaliknya, inflasi yang lebih tinggi mengikis daya beli dan mendorong investor untuk mencari aset alternatif seperti Bitcoin.

Hasil CPI Mendatang dan Implikasinya

Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat (BLS) dijadwalkan merilis hasil CPI pada 12 Juni. Semua mata tertuju pada laporan ini. Berikut adalah skenario potensial:

CPI di Bawah 3.3%

Jika tingkat inflasi tetap terkendali, Bitcoin bisa mengalami reli. Investor yang mencari perlindungan dari pasar tradisional mungkin beralih ke aset kripto. Pembacaan CPI yang menguntungkan bisa mendorong Bitcoin menuju puncak baru.

CPI di Atas 3.3%

Inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan bisa meredam antusiasme terhadap aset berisiko, termasuk Bitcoin. Investor mungkin menjadi lebih berhati-hati, yang dapat memengaruhi alokasi modal.

Konteks Historis: Insiden 10 April

Untuk menekankan dampak kejutan CPI, pertimbangkan peristiwa 10 April. CPI tercatat sebesar 3.5%, hanya 0.1% lebih tinggi dari yang diharapkan. Harga Bitcoin bereaksi dengan cepat, mengalami penurunan signifikan. Insiden ini menunjukkan sensitivitas pasar kripto terhadap data inflasi.

Kesimpulan

Saat kita menantikan hasil CPI mendatang, para penggemar dan investor Bitcoin harus memperhatikan tren inflasi. Hasil yang menguntungkan bisa mendorong Bitcoin ke ketinggian baru, sementara tekanan inflasi yang tidak terduga bisa menahan kenaikannya. Apakah Bitcoin mencapai ATH baru sebagian bergantung pada tarian halus antara inflasi dan sentimen investor.

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Altcoin Update

  • 🐲 Bearish – Meskipun minat terhadap sektor DeFi meningkat, harga token Cardano (ADA) mengalami penurunan signifikan. Volume harian bursa desentralisasi (DEX) Cardano mencapai lebih dari 23 juta ADA, namun total nilai terkunci (TVL) Cardano turun tajam dari $430 juta menjadi $230 juta. Transaksi token non-fungible (NFT) juga menurun, baik dari segi harga dasar maupun volume transaksi. Ini menunjukkan berkurangnya minat terhadap aplikasi terdesentralisasi (dApps) di jaringan Cardano, yang dapat berdampak negatif pada pergerakan harga ADA. Indikator teknis seperti RSI dan CMF juga menunjukkan tren bearish. Saat ini, ADA diperdagangkan pada $0.4489 dengan tren harga yang menurun, mencerminkan tantangan bagi investor dan ekosistem Cardano.

Cek Harga ADA Sekarang!

  • 🌍 Bullish –  Menurut analisis terbaru, Ether diprediksi akan mencapai rekor tertinggi baru sebelum Bitcoin kembali mengalami kenaikan harga. Peluncuran produk ETF spot untuk Ether di Amerika Serikat, yang telah mendapatkan persetujuan tentatif dari regulator, diharapkan memicu aksi harga Bitcoin yang kuat dan mengurangi dominasi Bitcoin dalam kapitalisasi pasar kripto, memberi ruang bagi altcoin untuk tumbuh. Saat ini, dominasi Bitcoin diperkirakan telah mencapai puncaknya pada 58%, dengan valuasi altcoin yang sangat rendah dibandingkan Bitcoin. Ether diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi baru, meskipun saat ini diperdagangkan pada sekitar $3.850, masih di bawah rekor $4.900 yang dicapai pada akhir 2021.

Cek Harga ETH Sekarang!

  • 🚀 Bullish – PayPal telah mengintegrasikan stablecoin PayPal USD (PYUSD) ke dalam blockchain Solana karena kecepatan transaksi dan biaya yang rendah. Solana mampu memproses sekitar 1.423 transaksi per detik (tps), jauh lebih tinggi dibandingkan Ethereum yang hanya 12-15 tps. Hal ini membuat Solana sangat cocok untuk pembayaran ritel. PayPal berencana memperluas penggunaan PYUSD untuk pembayaran ritel dan pasar berkembang di Amerika Latin, Asia Tenggara, dan Afrika. Meskipun sebelumnya menghadapi perhatian regulasi dan menghentikan inisiatif stablecoin, PayPal tetap yakin dengan keandalan Solana dan akan memungkinkan pengguna beralih ke Ethereum jika diperlukan. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan PYUSD.

Cek Harga SOL Sekarang!

 

Berita Terkini dalam Sepekan Terakhir

  • 🌜 Bearish – Setelah Donald Trump dinyatakan bersalah atas 34 tuduhan terkait pemalsuan catatan bisnis dalam kasus hush-money, koin meme yang terkait dengannya dan Joe Biden mengalami volatilitas yang signifikan. MAGA (TRUMP) mencapai titik tertinggi sepanjang masa setelah putusan hakim, tetapi kemudian turun drastis dan kembali naik 50% sebelum jatuh lagi, kini berada di sekitar $13,90. Donald Tremp (TREMP) juga mengalami fluktuasi serupa. Menariknya, koin meme terkait Joe Biden, Jeo Boden (BODEN), turun 15% dalam sehari. Meskipun Trump sebelumnya bersikap anti-kripto, baru-baru ini ia menyatakan dukungannya terhadap aset kripto dan berjanji untuk mendukung pertumbuhannya di AS jika terpilih kembali sebagai presiden.

Cek Harga SOL Sekarang!

  • 💰 Bullish – ETF bitcoin spot di AS mencatat arus masuk bersih harian sebesar $48,71 juta pada Kamis, menandai hari ke-13 berturut-turut arus masuk bersih. Namun, ETF bitcoin dari Ark Invest dan 21Shares mencatat arus keluar bersih terbesar sejak debutnya, mencapai hampir $100 juta. Sementara itu, Fidelity’s FBTC memimpin dengan arus masuk bersih sebesar $119 juta. BlackRock’s IBIT mencatat arus masuk bersih sebesar $2 juta, sedangkan Grayscale’s GBTC tidak mencatat arus masuk atau keluar. Arus dana yang tidak biasa ini dipengaruhi oleh ketidakpastian investor terhadap kebijakan suku bunga Federal Reserve, terutama menjelang laporan ekonomi utama di AS. Dalam 13 hari terakhir, ETF bitcoin spot di AS telah mencatat arus masuk bersih total lebih dari $2 miliar.

Cek Harga BTC Sekarang!

  • 🤖 Bullish – CEO Ripple, Brad Garlinghouse, memprediksi bahwa ETF untuk XRP, Solana, dan Cardano akan disetujui, dan ini dianggap sebagai perkembangan yang tak terelakkan yang akan secara signifikan meningkatkan pasar kripto. Setelah persetujuan ETF Bitcoin dan kemajuan menuju ETF Ethereum, Garlinghouse yakin bahwa ETF untuk kripto lainnya juga akan segera menyusul. Ia juga memperkirakan nilai pasar kripto akan meningkat dua kali lipat menjadi $5 triliun pada akhir 2024. Namun, proses persetujuan oleh SEC tetap menjadi tantangan, meskipun persetujuan ETF Bitcoin dan Ethereum telah menciptakan preseden positif. Persetujuan ETF ini akan memperkuat legitimasi aset digital dan mempercepat adopsinya.

Cek Harga XRP Sekarang!