MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Gelombang Outflow Besar: Harga Bitcoin dan Ethereum Terancam Terjun Bebas?
Analisis Pasar
Bagikan!

Gelombang Outflow Besar: Harga Bitcoin dan Ethereum Terancam Terjun Bebas?

27 June 2024
2 menit membaca
Gelombang Outflow Besar: Harga Bitcoin dan Ethereum Terancam Terjun Bebas?

Dalam beberapa minggu terakhir, pasar kripto mengalami guncangan besar akibat outflow signifikan dari Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH). Berdasarkan laporan terbaru dari CoinShares, total outflow mencapai $584 juta minggu lalu, menambah total outflow dalam dua minggu menjadi $1,2 miliar. Kondisi ini memicu penurunan harga kedua kripto terkemuka tersebut dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor.

Bitcoin dan Ethereum Mengalami Outflow Besar

Bitcoin menjadi korban utama dengan outflow sebesar $630 juta. Ethereum juga tidak luput dari dampak negatif, mengalami outflow sebesar $58,30 juta. Fenomena ini terjadi di tengah ekspektasi positif terkait perdagangan ETF spot Ethereum yang diharapkan dimulai pada bulan Juli.

Laporan CoinShares menyebutkan bahwa sentimen pesimis di kalangan investor dan proyeksi pemotongan suku bunga oleh Federal Reserve (FED) turut berkontribusi pada aliran modal keluar ini. Ketidakpastian ekonomi dan kebijakan moneter yang tidak menentu membuat investor mengambil sikap hati-hati, memilih untuk menarik dana mereka dari aset kripto utama.

Dampak Terhadap Harga dan Volume Perdagangan

Penurunan harga Bitcoin dan Ethereum bisa dikaitkan dengan beberapa faktor. Pada saat penulisan, harga Bitcoin berada di sekitar angka $61.000 setelah sebelumnya sempat turun di bawah $59.000. Sementara itu, Ethereum diperdagangkan pada $3.370. Penurunan ini mencerminkan sentimen pasar yang negatif dan ketidakpastian yang melanda sektor kripto.

Volume perdagangan untuk produk Exchange Traded Products (ETP) juga mengalami penurunan signifikan, mencapai $6,9 miliar, volume terendah sejak persetujuan ETF pada bulan Januari. Penurunan volume perdagangan ini menunjukkan minat yang menurun di kalangan investor untuk berpartisipasi dalam pasar kripto, setidaknya untuk sementara waktu.

Baca Juga: Harga Bitcoin (BTC) Mulai Pulih Menjelang Persetujuan Ethereum (ETH) Spot ETF

Pengaruh Mt.Gox dan Proyeksi Ke Depan

Salah satu faktor utama yang memicu penurunan harga adalah rencana distribusi $9 miliar dalam bentuk BTC oleh Mt.Gox kepada krediturnya mulai bulan Juli. Mt.Gox, bursa Bitcoin yang tidak lagi berfungsi setelah diretas pada tahun 2011 dan bangkrut pada tahun 2014, kini berencana untuk mengembalikan dana kepada kreditur. Distribusi ini berpotensi meningkatkan tekanan jual di pasar, mengingat penerima kemungkinan akan menjual sebagian dari koin yang mereka terima.

Jika distribusi ini benar-benar memicu penjualan besar-besaran, harga Bitcoin diprediksi bisa turun hingga $54.000. Sementara itu, untuk Ethereum, perdagangan langsung ETF yang diantisipasi bisa menjadi penyelamat, mencegah penurunan lebih lanjut dan bahkan memicu peningkatan harga menuju $3.500.

Kesimpulan

Outflow besar-besaran dari Bitcoin dan Ethereum dalam beberapa minggu terakhir mencerminkan ketidakpastian dan sentimen negatif di pasar kripto. Meskipun ada harapan terkait perdagangan ETF spot Ethereum yang akan datang, investor tetap berhati-hati mengingat potensi tekanan jual dari distribusi Mt.Gox yang akan datang. Dalam jangka pendek, pasar kripto mungkin masih akan mengalami volatilitas tinggi, namun prospek jangka panjang tetap bergantung pada perkembangan ekonomi global dan kebijakan moneter yang akan datang.

Sebagai investor, penting untuk tetap waspada dan mempertimbangkan faktor-faktor makroekonomi yang dapat mempengaruhi harga aset kripto. Diversifikasi portofolio dan strategi investasi yang bijak akan membantu menghadapi ketidakpastian dan menjaga stabilitas investasi di tengah fluktuasi pasar.

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Disclaimer: Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.

Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.