MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Injeksi Dana $16 Miliar oleh FTX jadi Katalis Baru untuk Kebangkitan Bitcoin dan Solana
Analisis Pasar
Bagikan!

Injeksi Dana $16 Miliar oleh FTX jadi Katalis Baru untuk Kebangkitan Bitcoin dan Solana

08 July 2024
2 menit membaca
Injeksi Dana $16 Miliar oleh FTX jadi Katalis Baru untuk Kebangkitan Bitcoin dan Solana

Kebangkrutan FTX, salah satu bursa kripto terbesar, telah mengejutkan dunia kripto. Saat ini, FTX bersiap untuk mendistribusikan $16 miliar kepada para pelanggannya yang dirugikan. Distribusi dana ini berpotensi memberikan dorongan besar bagi pasar kripto, khususnya bagi Bitcoin (BTC) dan Solana (SOL). Bagaimana distribusi dana ini akan mempengaruhi pasar dan apa yang bisa kita harapkan dalam beberapa bulan mendatang? Mari kita analisis lebih lanjut.

Injeksi Modal yang Signifikan

Distribusi $16 miliar oleh FTX merupakan kabar baik yang sangat dinanti oleh komunitas kripto. Dalam kondisi pasar yang bearish, di mana Bitcoin telah kehilangan lebih dari 20% nilainya dalam sebulan terakhir dan Solana turun 22%, injeksi modal baru ini bisa menjadi katalis untuk memulai kembali tren bullish. Banyak investor yang telah akrab dengan pasar ini kemungkinan akan menginvestasikan kembali dana yang mereka terima ke dalam aset digital, menciptakan tekanan beli yang signifikan.

Dampak Volatilitas dan Jadwal Distribusi

Distribusi dana ini dijadwalkan untuk terjadi pada kuartal ketiga tahun 2024, bertepatan dengan pemilihan umum AS. Pemilihan umum biasanya meningkatkan volatilitas di pasar keuangan, dan penambahan likuiditas dari distribusi FTX bisa memperkuat pergerakan harga, terutama untuk BTC dan SOL. Investor harus bersiap untuk fluktuasi harga yang lebih besar selama periode ini.

Tantangan dan Risiko untuk Solana

Meski injeksi modal bisa memberikan dorongan positif, Solana menghadapi beberapa tantangan yang perlu diperhatikan:

  1. Stabilitas dan Keamanan Jaringan: Sejak peluncurannya, jaringan Solana telah mengalami beberapa pemadaman. Pemadaman terbaru pada Februari 2023 berlangsung selama 4 jam 46 menit, yang bisa mempengaruhi kepercayaan investor terhadap jaringan ini.
  2. Pembukaan Token Besar-besaran: FTX diperkirakan akan membuka 8,29 juta token SOL (setara dengan $1,4 miliar) pada Maret 2025. Pembukaan ini bisa menciptakan tekanan jual besar-besaran, mempengaruhi stabilitas harga SOL.
  3. Sentralisasi Node Validasi: Sekitar 37% node validasi Solana berada di AS, yang bisa meningkatkan risiko regulasi. Jika otoritas AS mengambil tindakan yang tidak menguntungkan, ini bisa berdampak signifikan pada harga SOL dan operasional jaringannya.

Prospek ETF Solana

Potensi persetujuan ETF Solana oleh Van Eck dan 21Shares juga bisa mempengaruhi volatilitas pasar. Namun, mengingat masalah stabilitas jaringan dan risiko regulasi, persetujuan ini mungkin tidak segera terjadi. Investor perlu mempertimbangkan risiko ini sebelum berinvestasi dalam SOL.

Kesimpulan

Distribusi dana $16 miliar oleh FTX bisa menjadi momen penting bagi pasar kripto. Sementara Bitcoin dan Solana tengah mengalami tekanan harga, injeksi modal segar ini bisa memberikan napas baru bagi keduanya. Namun, investor harus tetap waspada terhadap volatilitas pasar yang meningkat dan tantangan khusus yang dihadapi oleh Solana. Dengan persiapan yang tepat, kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan di tengah dinamika pasar yang berubah.

 

Cek Harga SOL Sekarang!

 

Disclaimer: Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.

Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.