MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Juara Bertahan, Polygon Masih Eksis di Posisi Tertinggi Transaksi Harian!
Ringkasan Reku
Bagikan!

Juara Bertahan, Polygon Masih Eksis di Posisi Tertinggi Transaksi Harian!

06 March 2023
2 menit membaca
Juara Bertahan, Polygon Masih Eksis di Posisi Tertinggi Transaksi Harian!

Senin, 26 Desember 2022

 

MATIC

Source: https://dune.com/msilb7/l2-and-l1-fee-comparison-benchmarks

 

Polygon terlihat mampu mempertahankan sentimen positif yang terjadi di jaringannya minggu lalu dengan menjaga level transaksi hariannya. Setelah berhasil melewati angka BNB Chain dan menjadi jaringan dengan jumlah transaksi harian terbanyak nomor satu pada 18 Desember, Polygon berhasil mempertahankan peringkat tersebut hingga hari ini. Hal ini berbeda dengan yang terjadi pada 10 Desember atau 8 Oktober lalu dimana Polygon berhasil menyalip BNB Chain namun hanya dapat bertahan selama satu hari, peningkatan transaksi harian Polygon saat ini telah bertahan hingga lebih satu minggu. Apabila dilihat dari performa harga token MATIC yang tidak begitu mengalami pergerakan signifikan minggu lalu, aset kripto ini memiliki peluang yang cukup besar untuk bergerak naik jika jaringan Polygon mampu mempertahankan posisinya tersebut.

Secara jangka menengah, adopsi pengguna ini dapat menjadi aset yang penting bagi produk baru solusi penskalaan jaringan layer-2 yang akan diluncurkan Polygon dalam beberapa bulan yang akan datang. Implementasi solusi-solusi layer-2 tersebut juga dapat berpotensi menambah potensi kegunaan dari MATIC dan jumlah pengguna Polygon secara umum.  

 

SUSHI

Source: https://defillama.com/dexs 

 

SushiSwap mengalami penurunan jumlah volume transaksi lebih dari 50% dalam satu minggu kebelakang dan menjadi platform Decentralized Exchange (DEX) dengan penurunan volume terbesar dalam daftar top 10 DEX. Secara total volume bulanan, 26 hari di bulan Desember ini tercatat sebagai total volume transaksi bulanan terendah SushiSwap dalam satu tahun terakhir dan hanya sedikit diatas volume bulanan terendah sepanjang masa yang terjadi pada Oktober 2020. Selain itu, jumlah unique active wallet yang berinteraksi dengan aplikasi dan smart contract SushiSwap juga mengalami penurunan sebesar 65% menurut data dappradar. Hal ini memberikan sinyal yang kurang positif terhadap performa dari aplikasi SushiSwap dalam hal adopsi pengguna. 

Secara umum memang sektor DeFi sedang mengalami tekanan yang dapat dilihat dari penurunan jumlah total value locked (TVL) dan rata-rata volume transaksi secara umum. Namun, penurunan yang relatif cukup signifikan pada SushiSwap tersebut dapat menjadi indikator waspada mengingat cukup banyak berkembangnya platform DeFi baru di jaringan seperti Cosmos, Tron, dan lain-lain yang sangat berpotensi mengambil pangsa pasar SushiSwap.  

 

SOL

Source: https://www.cryptoslam.io/ 

 

Jaringan Solana terlihat mulai bangkit dari tekanan dengan adanya peningkatan transaksi NFT pada jaringannya. Solana sebagai sebuah jaringan blockchain yang banyak digunakan oleh developer untuk mengembangkan NFT dan DeFi sempat tertekan akibat keterkaitan bisnis dengan FTX. Namun, komunitas NFT Solana memang terbilang merupakan salah satu yang paling solid diantara platform NFT yang ada. Saat ini NFT pada jaringan Solana menempati peringkat kedua transaksi penjualan terbanyak dalam satu minggu dan satu bulan terakhir, serta berada di posisi ketiga tertinggi setelah Ethereum dan Ronin secara all time sales.  

Peningkatan transaksi penjualan hampir 50% dalam 7 hari terakhir ini merupakan sebuah pencapaian yang juga memberikan harapan baru bagi ekosistem Solana yang mengalami cukup banyak tekanan pada saat ini. Penurunan harga hampir 10% yang terjadi pada SOL minggu lalu juga telah membawa aset kripto ini pada area jenuh jual. Dengan demikian terdapat kemungkinan yang cukup tinggi akan terjadinya rebound yang didukung oleh katalis positif dari performa penjualan NFT tersebut.