MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Kenapa Harga Bitcoin Turun Hari Ini?
Analisis Pasar
Bagikan!

Kenapa Harga Bitcoin Turun Hari Ini?

04 July 2024
2 menit membaca
Kenapa Harga Bitcoin Turun Hari Ini?

Bitcoin, aset terbesar di dunia, menunjukkan tanda-tanda bahwa harga mungkin telah mencapai dasar, terutama setelah kapitulasi penambang yang signifikan. Kapitulasi penambang terjadi ketika mereka menjual aset dalam jumlah besar karena tekanan keuangan atau ketidakmampuan untuk menambang secara menguntungkan. Artikel ini akan mengulas mengapa kapitulasi penambang dapat menjadi indikator bahwa harga Bitcoin telah mencapai dasar.

Tanda-Tanda Kapitulasi Penambang

Penurunan Hashrate

Setelah acara halving Bitcoin pada April lalu, yang memotong hadiah blok menjadi setengah, banyak penambang menemukan bahwa perangkat keras lama mereka tidak lagi menguntungkan. Akibatnya, mereka mematikan mesin mereka, yang menyebabkan penurunan hashrate jaringan sebesar 7,7%. Penurunan ini mendekati level terendah dalam empat bulan terakhir, mengindikasikan bahwa banyak penambang meninggalkan jaringan.

Arus Keluar Bitcoin

Data dari CryptoQuant menunjukkan bahwa arus keluar Bitcoin dari penambang telah meningkat tajam. Penambang menjual Bitcoin mereka untuk menutupi biaya operasional dan mengurangi kerugian akibat pendapatan yang menurun. Ini adalah tanda kuat kapitulasi, di mana penambang melepas aset mereka dalam jumlah besar.

Pendapatan Penambang yang Menurun

Total pendapatan harian penambang telah menurun drastis dari $79 juta pada awal Maret menjadi hanya $29 juta saat ini. Penurunan ini sebagian besar disebabkan oleh berkurangnya hadiah blok dan turunnya biaya transaksi. Dengan pendapatan yang terus menurun, banyak penambang tidak dapat mempertahankan operasi mereka dan terpaksa menjual aset mereka.

Mengapa Kapitulasi Menunjukkan Dasar Harga?

Historisnya, kapitulasi penambang sering kali menjadi indikator bahwa harga Bitcoin telah mencapai titik terendah. Ketika penambang, yang merupakan salah satu kelompok pemegang Bitcoin terbesar, mulai menjual aset mereka secara besar-besaran, ini menciptakan tekanan jual yang signifikan. Namun, setelah tekanan ini mereda, pasar sering kali menemukan stabilitas dan mulai pulih.

Studi Kasus: Kapitulasi Pasca-FTX

Contoh yang relevan adalah setelah keruntuhan FTX pada November 2022. Pada saat itu, harga Bitcoin jatuh di bawah $17.000. Namun, setelah penambang dan investor besar lainnya menjual aset mereka dalam jumlah besar, harga mulai pulih dan naik secara signifikan dalam beberapa bulan berikutnya.

Indikator Lain yang Mendukung Dasar Harga Bitcoin

Volume Transaksi yang Stabil

Meskipun ada penurunan dalam biaya transaksi, volume transaksi tetap stabil, menunjukkan bahwa ada minat berkelanjutan dari pengguna Bitcoin.

Aktivitas Pasar Derivatif

Data dari pasar derivatif menunjukkan peningkatan dalam minat terbuka (open interest) dan volume perdagangan, yang bisa menjadi tanda bahwa investor institusional mulai kembali ke pasar.

Sentimen Pasar

Sentimen pasar secara umum menunjukkan bahwa banyak investor melihat harga saat ini sebagai peluang untuk membeli Bitcoin dengan diskon besar, yang dapat mendorong permintaan dan membantu menstabilkan harga.

Kesimpulan

Kapitulasi penambang adalah tanda penting bahwa harga Bitcoin mungkin telah mencapai dasar. Dengan penurunan hashrate, peningkatan arus keluar Bitcoin dari penambang, dan penurunan pendapatan yang signifikan, pasar menunjukkan tanda-tanda bahwa tekanan jual mungkin sudah mencapai puncaknya. Jika sejarah berulang, kita bisa melihat pemulihan harga yang signifikan dalam beberapa bulan mendatang, menjadikan saat ini sebagai peluang bagi investor untuk membeli Bitcoin dengan harga rendah. Namun, seperti biasa, investor harus tetap waspada dan mempertimbangkan risiko yang ada dalam pasar cryptocurrency yang sangat volatil.

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Disclaimer: Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.

Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.