MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Keputusan Federal Reserve Picu Gejolak Harga Bitcoin! Apa yang Terjadi Selanjutnya?
Analisis Pasar
Bagikan!

Keputusan Federal Reserve Picu Gejolak Harga Bitcoin! Apa yang Terjadi Selanjutnya?

13 June 2024
1 menit membaca
Keputusan Federal Reserve Picu Gejolak Harga Bitcoin! Apa yang Terjadi Selanjutnya?

Pasar aset kripto dan keuangan global kembali diwarnai oleh antusiasme dan ketegangan menjelang keputusan suku bunga dari Federal Reserve Amerika Serikat. Keputusan yang diambil oleh bank sentral tersebut ternyata memiliki dampak yang signifikan terhadap harga Bitcoin (BTC) dan aset berisiko tinggi lainnya.

Pengaruh Keputusan Federal Reserve

Pada pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) terbaru, Federal Reserve AS memutuskan untuk mempertahankan suku bunga antara 5,25% dan 5,50%, mengejutkan banyak pihak yang mengharapkan kenaikan suku bunga. Keputusan ini diambil meskipun beberapa negara G7 telah melakukan pemangkasan suku bunga, menunjukkan sikap hati-hati Federal Reserve dalam menghadapi situasi ekonomi saat ini.

Reaksi Bank Sentral Lainnya

Langkah tersebut berbeda dengan keputusan Bank of Canada yang baru saja menurunkan suku bunga sebesar 0,25% minggu lalu, serta pemangkasan suku bunga 0,25% yang dilakukan oleh Bank Sentral Eropa (ECB), yang menunjukkan proyeksi optimis terhadap pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

Tindakan serupa juga diambil oleh Bank Sentral Denmark yang menurunkan suku bunga untuk menguatkan mata uang lokalnya. Namun, pemangkasan suku bunga global ini ternyata memicu fluktuasi harga Bitcoin, dengan BTC mengalami penurunan signifikan setelah pengumuman Federal Reserve.

Dampak Terhadap Harga Bitcoin

Harga Bitcoin bergerak dari $66.190 hingga $70.100 dalam beberapa jam setelah pengumuman, menciptakan ketidakpastian di antara investor. Meskipun demikian, saat ini harga BTC berada di sekitar $68.300, menunjukkan kenaikan 1% dalam 24 jam terakhir, meskipun tidak mencapai level di atas $69.000 sebelum pengumuman.

Perspektif Pasar dan Investor

Pergerakan harga Bitcoin terus menjadi sorotan, terutama karena dinamika pasar yang terkait dengan keputusan bank sentral dan tren suku bunga global. Investor Bitcoin perlu memantau dengan cermat arus masuk dan keluar dari Exchange Traded Funds (ETFs) serta kebijakan bank sentral untuk membuat keputusan investasi yang tepat.

Kesimpulan

Keputusan Federal Reserve untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah telah menciptakan gelombang di pasar keuangan global, termasuk pasar aset kripto. Investor diingatkan untuk tetap waspada terhadap perubahan pasar dan mengikuti perkembangan ekonomi global untuk membuat keputusan investasi yang cerdas dan tepat waktu.

Cek Harga BTC Sekarang!