MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Ketidakpastian Makro Bayangi Potensi Bullish Pasar Kripto
Ringkasan Reku
Bagikan!

Ketidakpastian Makro Bayangi Potensi Bullish Pasar Kripto

16 October 2023
2 menit membaca
Ketidakpastian Makro Bayangi Potensi Bullish Pasar Kripto

Market Overview

Neutral 😐

Sempat terlihat membentuk pola bullish jangka pendek menyusul meningkatnya optimisme para investor terhadap kemungkinan disetujuinya ETF Bitcoin spot, pasar secara umum masih berada dalam ketidakpastian menjelang penentuan suku bunga The Fed pada 1 November mendatang. Perkembangan indeks harga konsumen (CPI) AS yang mengalami kenaikan tidak terduga di sektor biaya sewa hunian membuat arah kebijakan terkait suku bunga tersebut menjadi semakin sulit diperkirakan. Hal ini berpotensi mendorong investor untuk mengambil posisi wait and see yang dapat membuat pergerakan pasar secara umum masih akan terkonsolidasi.  

Aset-aset Kripto yang Menarik untuk Diperhatikan

MKR

Sumber: Token Terminal

MakerDAO, salah satu platform DeFi terbesar saat ini terlihat kembali melanjutkan performa positifnya. Dalam satu minggu terakhir, platform MakerDAO berhasil meningkatkan pendapatan mingguan platform dari $3,9 juta menjadi $7,8 juta. Kenaikan sebesar 100% lebih tersebut sekaligus merupakan angka pendapatan mingguan terbesar kedua MakerDAO dalam satu tahun terakhir. Performa positif ini dapat berpotensi meningkatkan kepercayaan diri investor terhadap token MKR serta mempertahankan tren bullish jangka menengah yang sedang terjadi. 

Cek Harga MKR! 

 

USDT

Sumber: Coingecko

Tether USDT yang merupakan stablecoin berbasis USD terbesar saat ini terlihat mengalami peningkatan kapitalisasi pasar yang cukup stabil dalam satu bulan terakhir. Kapitalisasi pasar USDT pada angka $83,5 miliar saat ini hanya sedikit di bawah angka kapitalisasi pasar tertinggi sepanjang masa-nya sebesar $83,8 miliar yang terjadi pada pertengahan tahun ini. Peningkatan kapitalisasi pasar tersebut dapat dikatakan cukup signifikan mengingat stablecoin utama lainnya seperti USDC dan BUSD cenderung mengalami penurunan kapitalisasi dalam satu bulan terakhir. Situasi ini dapat berpotensi meningkatkan likuiditas USDT di pasar yang dapat menunjang aktivitas para trader untuk mendapatkan keuntungan dengan risiko yang relatif lebih rendah. 

Cek Harga USDT!

 

BLUR

Sumber: Dappradar

Blur yang merupakan salah satu platform perdagangan NFT terbesar saat ini, terlihat mengalami lonjakan transaksi dari basis pengguna aktif yang ada. Jumlah transaksi di marketplace Blur naik 24,11% dalam satu minggu terakhir yang diiringi oleh peningkatan volume transaksi sebesar 98,16%, menurut data Dappradar. Penurunan β€˜balance’ sebesar 6,72% pada data di atas mengindikasikan adanya kemungkinan penarikan dana dari para pengguna yang sepertinya telah berhasil membuat NFT-nya terjual atau harga NFT secara umum yang cenderung turun dalam satu minggu terakhir. Situasi di mana harga NFT masih cenderung stagnan namun jumlah transaksi dan volume transaksi meningkat dapat mengindikasikan optimisme dari para investor yang berpotensi memicu efek berantai. Berlanjutnya tren positif tersebut dalam dua tiga hari ke depan, dapat berpotensi memberikan katalis positif bagi token Blur di minggu ini.       

 

*Akurasi dari katalis-katalis diatas dapat dipengaruhi oleh perubahan keadaan seperti akibat dari peristiwa tertentu yang kejadiannya tidak dapat diprediksi sebelumnya. Apabila Anda memutuskan untuk mengambil keputusan trading atau berinvestasi jangka pendek, kami menyarankan untuk selalu memantau peristiwa yang sekiranya dapat berkaitan dengan aset crypto tersebut. Aset crypto juga dapat mengalami kenaikan atau penurunan harga tanpa adanya suatu sebab atau katalis tertentu.
*PERINGATAN: Pergerakan harga aset crypto sangat fluktuatif, harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Pergerakan harga aset crypto dipengaruhi oleh banyak faktor yang harus Anda gali informasinya. Investasi aset Anda di aset crypto merupakan investasi beresiko tinggi. Semua keputusan jual beli aset crypto Anda merupakan keputusan Anda sendiri dan tidak dipengaruhi oleh pihak lain. Artikel ini hanya bersifat informasional dan bukan merupakan saran atau rekomendasi investasi.