MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Lima Alasan Mengapa Harga Bitcoin dan Crypto Turun! Apakah Ini Akhir dari Bull Run?
Analisis Pasar
Bagikan!

Lima Alasan Mengapa Harga Bitcoin dan Crypto Turun! Apakah Ini Akhir dari Bull Run?

05 July 2024
5 menit membaca
Lima Alasan Mengapa Harga Bitcoin dan Crypto Turun! Apakah Ini Akhir dari Bull Run?

Key Takeaways:

  • Kripto Pilihan: Penurunan harga Bitcoin dan pasar aset crypto secara keseluruhan disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti pengembalian hutang Mt. Gox, arus keluar dari Bitcoin ETF, kadaluarsa opsi BTC dan ETH, likuidasi besar-besaran, dan penundaan peluncuran ETF Ethereum.
  • Berita Altcoin: Setelah pemindahan besar dari Mt. Gox sebelum pembayaran $9 miliar kepada kreditur, harga Bitcoin turun drastis, sementara Blast Network dan protokol restaking Symbiotic menunjukkan aktivitas yang berbeda.
  • Berita Sepekan: Dalam 24 jam terakhir, pasar crypto mengalami likuidasi lebih dari $295 juta di bursa terpusat, sementara Korea Selatan memperkenalkan sistem pemantauan 24 jam untuk pasar kripto dan Jerman mentransfer $175 juta bitcoin ke berbagai alamat, termasuk bursa kripto.

 

5 Alasan Mengapa Bitcoin dan Crypto Turun! Apakah Ini Akhir dari Bull Run?

Pada beberapa hari terakhir, pasar aset crypto mengalami penurunan signifikan. Bitcoin (BTC), sebagai pemimpin pasar, turun di bawah $55,000, mencatat penurunan sebesar 6% dalam 24 jam. Berikut adalah beberapa faktor utama yang menyebabkan penurunan ini:

1. Pengembalian Hutang Mt. Gox

Mt. Gox, salah satu bursa Bitcoin pertama yang mengalami kebangkrutan pada tahun 2014, akan mulai mengembalikan hutang kepada kreditornya bulan ini. Nilai BTC yang akan dikembalikan mencapai lebih dari $9 miliar dan akan didistribusikan kepada lebih dari 127 ribu kreditur. Banyak dari mereka yang diperkirakan akan menjual BTC mereka, menyebabkan tekanan jual yang besar di pasar.

2. Arus Keluar dari Bitcoin ETF

Arus keluar dari ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat telah memberikan dampak besar pada pasar. Setelah lima hari berturut-turut mencatat arus masuk sebesar $129,5 juta hingga 1 Juli, tren ini berbalik dengan arus keluar sebesar $13,7 juta pada 2 Juli. Khususnya, arus keluar sebesar $32,4 juta dari GrayScale mengimbangi arus masuk dari BlackRock dan Fidelity, meningkatkan kekhawatiran investor tentang tren harga Bitcoin.

3. Kadaluarsa Opsi Bitcoin dan Ethereum

Kadaluarsa opsi BTC dan ETH yang signifikan juga berkontribusi pada volatilitas pasar. Data dari Deribit menunjukkan bahwa opsi BTC senilai lebih dari $1,04 miliar, dengan rasio put/call 0,80, akan kadaluarsa pada 5 Juli. Harga β€œmaximum pain” untuk opsi ini adalah $63,000, yang dapat mempengaruhi perilaku investor dan dinamika pasar, menyebabkan perdagangan yang lebih hati-hati dan ketidakpastian di kalangan peserta pasar.

4. Likuidasi

Penjualan besar-besaran baru-baru ini memicu likuidasi lebih dari $260 juta dalam 24 jam, mempengaruhi lebih dari 100,000 trader. Bitcoin mengalami likuidasi sebesar $67 juta, sementara Ethereum melihat likuidasi sebesar $63 juta. Likuidasi ini memperburuk penurunan pasar.

5. Penundaan Peluncuran ETF Ethereum

Penundaan peluncuran ETF Ethereum spot juga berkontribusi pada pesimisme pasar saat ini. SEC menetapkan tenggat baru hingga 8 Juli untuk pengajuan formulir, menunda proses persetujuan yang diantisipasi. Komunitas kripto bereaksi negatif terhadap penundaan ini, meningkatkan ketidakpastian di pasar.

Sentimen Pasar

Indeks Fear & Greed menunjukkan nilai 29 pada saat artikel ini ditulis, menunjukkan sentimen negatif di kalangan peserta pasar. Artinya, investor cukup takut pada kondisi market saat ini yang dapat menambah tekanan jual pada pasar Bitcoin (BTC).

Optimisme di Tengah Kesulitan

Meskipun pasar sedang mengalami penurunan, beberapa analis tetap optimis tentang masa depan kripto. Mereka mengantisipasi potensi kenaikan harga Bitcoin, didorong oleh optimisme terkait keputusan regulasi yang akan datang.

Kesimpulan

Penurunan harga Bitcoin dan pasar aset crypto secara keseluruhan disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti pengembalian hutang Mt. Gox, arus keluar dari Bitcoin ETF, kadaluarsa opsi BTC dan ETH, likuidasi besar-besaran, dan penundaan peluncuran ETF Ethereum. Ketidakpastian pasar ini memperburuk sentimen investor, meskipun beberapa tetap optimis tentang prospek jangka panjang pasar kripto.

Dengan memahami faktor-faktor ini, investor dapat membuat keputusan yang lebih informasi dan waspada terhadap dinamika pasar yang terus berubah.

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Altcoin Update

  • 🐲 Bearish – Menjelang pembayaran senilai $9 miliar kepada kreditur, bursa kripto yang bangkrut, Mt. Gox, memindahkan hampir 47,229 BTC ke alamat dompet lain pada Kamis malam. Pemindahan ini, yang melibatkan salah satu dari tiga dompet utama Mt. Gox, menambah tekanan jual di pasar karena nilai Bitcoin terus berfluktuasi. Sejak pengumuman pembayaran ini, harga Bitcoin telah mengalami penurunan signifikan, diperdagangkan sekitar $55,319, turun 6.2% dalam 24 jam terakhir dan 21.9% dalam 30 hari terakhir.

Cek Harga BTC Sekarang!

  • 🌍 Bullish –  Blast Network mengalami lonjakan aktivitas setelah airdrop besar, menjadikannya jaringan terbesar ketujuh berdasarkan total nilai terkunci dengan hampir $1.5 miliar aset. Meskipun tidak ada lonjakan besar dalam jumlah alamat aktif atau transaksi setelah airdrop pada 26 Juni, BLAST token mengalami penurunan kapitalisasi pasar dari $493 juta pada hari peluncuran menjadi $227 juta. Airdrop ini adalah tahap pertama dari rencana distribusi 50% dari total pasokan 100 miliar token selama tiga tahun ke depan, yang menarik minat pengguna karena penawaran hasil yang kompetitif pada stablecoin dan ether. Meskipun ada sedikit penurunan dalam rata-rata transaksi harian, aktivitas tetap tinggi, menunjukkan potensi kelanjutan momentum positif jaringan ini.

Cek Harga BLAST Sekarang!

  • πŸš€ Bullish – Protokol restaking Symbiotic telah melampaui deposit senilai $1 miliar dalam waktu kurang dari sebulan. Proyek ini mencatat pencapaian batas deposit 210,600 wrapped stETH senilai sekitar $800 juta dalam waktu empat jam pada hari sebelumnya, mengangkat total deposit pengguna menjadi lebih dari $1.04 miliar, menurut data DeFiLlama. Symbiotic memungkinkan pengguna untuk mendepositkan dana untuk mendukung protokol pihak ketiga melalui model keamanan bersama, bersaing langsung dengan EigenLayer dalam ruang restaking.

Cek Harga ETH Sekarang!

 

Berita Terkini dalam Sepekan Terakhir

  • 🌜 Bearish – Dalam 24 jam terakhir, pasar aset crypto mengalami likuidasi lebih dari $295 juta di bursa terpusat, dengan sekitar $259 juta berasal dari posisi long. Bitcoin menghadapi likuidasi sebesar $77 juta karena harga jatuh di bawah $58,000. Ethereum juga mengalami likuidasi signifikan dengan lebih dari $71 juta, termasuk $62 juta dari posisi long. Meskipun ada tekanan jual besar, analis optimis tentang pemulihan harga di bulan mendatang, terutama untuk ether, yang didorong oleh potensi persetujuan ETF spot Ethereum dan tanda-tanda kapitulasi penambang Bitcoin yang mungkin menandakan dasar harga.

Cek Harga BTC Sekarang!

  • πŸ’° Bullish – Pemerintah Korea Selatan mengumumkan sistem pemantauan 24 jam untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan di pasar kripto, yang akan mulai berlaku pada 19 Juli bersamaan dengan undang-undang kripto pertama negara tersebut, Virtual Asset User Protection Act. Sistem ini, dikembangkan oleh Financial Supervisory Service (FSS) bersama bursa lokal, dirancang untuk memisahkan transaksi tidak normal menggunakan model dan indikator khusus. Bursa-bursa besar telah membangun sistem ini berdasarkan kriteria terbaru FSS dan telah menyiapkan hotline untuk melaporkan transaksi yang melanggar peraturan setempat. Undang-undang ini juga mengharuskan penyedia layanan kripto menyimpan lebih dari 80% deposit di cold storage dan mendaftar dalam program asuransi untuk melindungi dana pengguna.

Cek Harga ETH Sekarang!

  • πŸ€– Bearish – Pemerintah Jerman mentransfer 3,000 bitcoin senilai $175 juta ke beberapa alamat, termasuk bursa kripto seperti Bitstamp, Coinbase, dan Kraken. Sebanyak 1,700 bitcoin dikirim ke alamat yang belum teridentifikasi. Langkah ini menunjukkan kemungkinan niat pemerintah untuk menjual aset tersebut. Dalam dua minggu terakhir, Jerman telah mentransfer lebih dari $300 juta bitcoin ke alamat bursa dan alamat β€œ139Po”. Pemerintah Jerman saat ini memegang 40,359 bitcoin senilai sekitar $2.32 miliar. 

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Disclaimer: Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.

Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.