MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Optimism ($OP) Selangkah Lagi Ungguli Arbitrum?
Ringkasan Reku
Bagikan!

Optimism ($OP) Selangkah Lagi Ungguli Arbitrum?

15 August 2023
2 menit membaca
Optimism ($OP) Selangkah Lagi Ungguli Arbitrum?

OP

Sumber: Dune

Optimism ($OP) merupakan salah satu jaringan layer 2 Ethereum yang paling banyak digunakan saat ini. Jaringan Optimism berfungsi untuk meningkatkan kecepatan transaksi di Ethereum dengan biaya yang lebih rendah melalui mekanisme Optimistic Rollup. Dalam beberapa minggu terakhir, jumlah pengguna aktif Optimism telah berhasil membentuk tren kenaikan jumlah yang berkebalikan dengan yang terjadi di jaringan layer 2 berbasis Optimistic Rollup terbesar lainnya yakni Arbitrum. Tren kenaikan jumlah pengguna aktif pada jaringan Optimism tersebut terlihat semakin menguat seiring dengan diadopsinya aplikasi-aplikasi terdesentralisasi dalam jaringan tersebut seperti aplikasi Worldcoin ($WLD) -yang berbasis jaringan Optimism- serta adopsi stak teknologi Optimism (OP Stack) untuk jaringan lainnya yang baru dirilis dan sudah relatif cukup populer saat ini seperti Base misalnya. Tren positif tersebut dapat berpotensi menjadi katalis positif bagi token OP di minggu ini.  

 

MKR

Sumber: Defillama 

MakerDAO merupakan salah satu platform DeFi terbesar saat ini dengan produk unggulannya berupa stablecoin terkolateralisasi secara terdesentralisasi, $DAI, yang memiliki sekitar $4 miliar kapitalisasi pasar. MakerDAO terlihat berhasil mempertahankan momentum positif yang terjadi dengan meningkatnya pendapatan platform dari $296,76 ribu pada 7 Agustus, menjadi $351,35 ribu pada 13 Agustus kemarin atau naik 18,39%. Angka tersebut sekaligus merupakan angka pendapatan harian platform MakerDAO tertinggi sejak 22 Januari 2022 atau lebih dari satu tahun yang lalu. Peningkatan pendapatan tersebut juga didukung dengan meningkatnya total nilai terkunci (TVL) pada MakerDAO secara rentang waktu mingguan sebesar 15,68%. Data-data positif yang dibukukan MakerDAO di saat adopsi mayoritas aplikasi terdesentralisasi termasuk aplikasi-aplikasi di sektor keuangan terdesentralisasi (DeFi) cenderung stagnan tersebut dapat berpotensi memberikan katalis positif terhadap token MKR di pasar. 

 

AXS

Sumber: Dappradar 

Ditengah relatif lesunya sektor NFT pada saat ini, indikator positif terlihat dari salah satu platform pengembang game play & earn, Axie Infinity. Axie Infinity merupakan salah satu platform game berbasis blockchain yang cukup populer yang melibatkan karakter digital dalam bentuk Axie NFT untuk memainkan game nya. Menurut beberapa sumber data termasuk Dapp Radar, jumlah pengguna aktif pada platform Axie Infinity mengalami kenaikan secara mingguan sebesar 32,43%. Kenaikan jumlah pengguna aktif tersebut juga diikuti dengan peningkatan jumlah transaksi dan volume transaksi, namun belum terlihat terlalu signifikan saat ini. Peningkatan tersebut melanjutkan tren peningkatan yang sempat mulai terbentuk dalam beberapa minggu sebelumnya. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh peluncuran season game baru Axie Origin yaitu “Season 5 Epic Era” yang juga didukung oleh diselenggarakannya turnamen Axie Infinity Classic yang memiliki total hadiah 1.000 AXS yang sepertinya cukup meningkatkan minat para anggota komunitas Axie untuk memainkan game tersebut.

 

*Akurasi dari katalis-katalis diatas dapat dipengaruhi oleh perubahan keadaan seperti akibat dari peristiwa tertentu yang kejadiannya tidak dapat diprediksi sebelumnya. Apabila Anda memutuskan untuk mengambil keputusan trading atau berinvestasi jangka pendek, kami menyarankan untuk selalu memantau peristiwa yang sekiranya dapat berkaitan dengan aset crypto tersebut. Aset crypto juga dapat mengalami kenaikan atau penurunan harga tanpa adanya suatu sebab atau katalis tertentu.
*PERINGATAN: Pergerakan harga aset crypto sangat fluktuatif, harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Pergerakan harga aset crypto dipengaruhi oleh banyak faktor yang harus Anda gali informasinya. Investasi aset Anda di aset crypto merupakan investasi beresiko tinggi. Semua keputusan jual beli aset crypto Anda merupakan keputusan Anda sendiri dan tidak dipengaruhi oleh pihak lain. Artikel ini hanya bersifat informasional dan bukan merupakan saran atau rekomendasi investasi.