MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Peluang Bitcoin Rebound Pasca FTX Jual Semua Saham GBTC
Analisis Pasar
Bagikan!

Peluang Bitcoin Rebound Pasca FTX Jual Semua Saham GBTC

24 January 2024
2 menit membaca
Peluang Bitcoin Rebound Pasca FTX Jual Semua Saham GBTC

Bitcoin (BTC) -7.57%

Dalam sepekan, harga Bitcoin mengalami penurunan sebesar 7.57%, turun dari $43,180 menjadi $39,910. Ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan harga Bitcoin:


Sumber: Bitcoin price today, BTC to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

Ada Apa dengan Grayscale, FTX, dan Mt. Gox

  • Salah satu faktor utama yang menyebabkan penurunan harga Bitcoin adalah penjualan besar-besaran Bitcoin oleh Grayscale. Kontribusi signifikan dalam penjualan ini datang dari FTX, di mana FTX dilaporkan telah menjual saham Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) senilai $1 miliar dalam beberapa hari terakhir.
  • Selain itu, terdapat isu terkait Trustee Mt. Gox yang bersiap untuk memulai pembayaran Bitcoin dan Bitcoin Cash. Diharapkan bahwa Mt. Gox dapat melunasi 142,000 Bitcoin & 143,000 BCH kepada kreditornya pada Oktober 2024.

Apa Dampaknya Bagi Investor?

Meskipun demikian, terdapat berita baik yang mengiringi penurunan ini. Sebagian besar penjualan terkait FTX telah berhasil diselesaikan, dengan melepaskan sekitar 2.5 juta saham setiap harinya selama 8 hari terakhir. Selain itu, berita positif lainnya adalah meskipun terjadi penjualan Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), aliran masuk bersih dari Bitcoin ETF masih cukup tinggi, mencapai $1.1 miliar, setara dengan 28,000 Bitcoin pada hari ini. Dengan adanya perkembangan ini, diharapkan harga Bitcoin dapat segera pulih, terlebih lagi dengan narasi halving yang semakin mendekat. Oleh karena itu, saat ini dapat dikatakan sebagai waktu yang baik untuk melakukan akumulasi BTC.

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Sui (SUI) +11.04%

Dalam sehari, harga SUI mengalami lonjakan yang signifikan sebesar 11.04%, naik dari $1.03 menjadi $1.15. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan ini:


Sumber: Sui price today, SUI to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

Peningkatan TVL, DeFi Volume, dan Kemitraan Strategis

  • Saat ini, SUI menduduki peringkat kedua sebagai jaringan non-EVM (Ethereum Virtual Machine) berdasarkan Total Value Locked (TVL), hanya dalam waktu 8 bulan sejak peluncuran Mainnet. Dengan TVL sebesar $329 juta, SuiNetwork mencapai peringkat ke-12 untuk TVL di semua jaringan. Prestasi yang cukup mengesankan, SuiNetwork bahkan berhasil melampaui Cardano dalam hal TVL.
  • SuiNetwork berhasil melampaui volume DeFi AVAX (Avalanche) dalam 24 jam terakhir dengan volume mencapai $53.65 juta. Ini menunjukkan daya tarik dan aktivitas yang tinggi di ekosistem DeFi SuiNetwork.
  • Mysten Labs, perusahaan di balik proyek altcoin Sui (SUI), mengumumkan terbentuknya kemitraan strategis dengan Alibaba Cloud. Kemitraan ini bertujuan untuk meluncurkan sejumlah layanan baru guna mendukung pengembang yang sudah ada maupun yang baru bergabung di jaringan Sui. Dengan dukungan dari Alibaba Cloud, diharapkan proyek Sui dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi ekosistemnya.

Apa Dampaknya Bagi Investor?

Ketiga faktor ini secara bersamaan memberikan gambaran positif terkait pertumbuhan dan potensi Sui Network, menciptakan momentum yang menguntungkan bagi investor dan pengguna dalam melakukan akumulasi token SUI.

Cek Harga SUI Sekarang!

 

Ordi (ORDI) -13.67%

Dalam sehari, harga ORDI mengalami penurunan yang signifikan, turun sebesar 13.67%, dari $62.71 menjadi $54.4. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan penurunan ini:


Sumber: ORDI price today, ORDI to USD live price, marketcap and chart | CoinMarketCap

Bitcoin Jadi Penyebab Utama Turunnya Harga ORDI

  • Aset kripto ORDI, yang berfokus pada inskripsi di Bitcoin, mengalami penurunan di bawah $55 untuk pertama kalinya sejak Desember tahun lalu, hal ini disebabkan oleh penurunan pasar secara umum yang tampaknya dipicu oleh aliran keluar Spot BTC ETF.
  • Penurunan signifikan ini terjadi beberapa jam setelah aset kripto terbesar, yaitu BTC, kembali turun di bawah $40,000. Peristiwa ini terjadi kurang dari dua minggu setelah keputusan United States Securities and Exchange Commission (SEC) untuk mengizinkan spot BTC ETF.

Apa Dampaknya Bagi Investor?

Investor ORDI perlu memahami dengan baik bahwa nilai aset kripto ini (ORDI) sangat dipengaruhi oleh sentimen yang terjadi pada Bitcoin. Oleh karena itu, sebelum melakukan investasi, disarankan untuk secara cermat memantau dan mempertimbangkan kemungkinan perubahan sentimen yang akan terjadi pada BTC.

Cek Harga ORDI Sekarang!