MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Penurunan Harga Bitcoin dan Prospek Ke Depan
Analisis Pasar
Bagikan!

Penurunan Harga Bitcoin dan Prospek Ke Depan

19 March 2024
1 menit membaca
Penurunan Harga Bitcoin dan Prospek Ke Depan

Harga Bitcoin saat ini mengalami penurunan signifikan, berada di $65,875, turun 10.5% dari rekor tertinggi sebelumnya pada 14 Maret. Penurunan ini telah menimbulkan banyak pertanyaan di komunitas aset kripto, oleh karena itu analis akan mencoba untuk menjelaskan fenomena ini.

Faktor Penyebab Penurunan Harga Bitcoin

Salah satu faktor yang diketahui adalah penurunan arus Bitcoin ETF, terutama terjadi pada 18 Maret di mana lebih dari $640 juta Bitcoin mengalir keluar dari Grayscale spot Bitcoin ETF. Ini adalah jumlah penarikan terbesar dalam sejarah dalam satu hari. Selain itu, ada juga kekhawatiran terkait naiknya inflasi dan ekspektasi volatilitas yang tinggi menjelang pertemuan FOMC Federal Reserve AS pada 20 Maret.

Analisis Sentimen Pasar

Meskipun banyak sentimen bearish yang berkembang di media sosial, analis tetap memandang prospek pasar secara optimis. Analis menekankan bahwa fluktuasi harga sebesar saat ini dianggap normal untuk Bitcoin, dan bahwa pergerakan mendatar saat ini sebenarnya merupakan wilayah akumulasi, yang merupakan konsolidasi dalam jangka waktu menengah menuju halving.

Potensi bagi Altcoin

Penurunan dominasi pasar Bitcoin juga membuka peluang bagi altcoin, dengan beberapa di antaranya seperti BNB dan SOL yang telah menunjukkan kenaikan signifikan belakangan ini. BNB naik 35%, sementara SOL naik 40% dalam beberapa waktu terakhir. Ini menunjukkan bahwa ketika harga Bitcoin mengalami fluktuasi, altcoin dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Prospek Arus Bitcoin ETF

Analis juga menyampaikan pandangan optimis mengenai prospek arus Bitcoin ETF ke depan. Bahkan, Eric Balchunas, seorang analis terkenal, menyatakan bahwa saat ini hanya sedikit investor ETF awal yang mengalokasikan investasi mereka ke Bitcoin ETF dalam jumlah yang signifikan, sehingga arus Bitcoin ETF diprediksi tetap dapat terus meningkat di masa mendatang.

Richard Teng, CEO Binance memprediksi bahwa harga Bitcoin (BTC) diperkirakan akan segera melampaui angka$80.000. Prediksi ini didasarkan pada tren peningkatan minat dari investor institusional dan individu terhadap ETF Bitcoin, yang menandakan keyakinan akan pertumbuhan potensial Bitcoin. 

 

Reku’s Takeaways:

Meskipun harga Bitcoin mengalami penurunan, ada faktor-faktor yang dapat mendukung pemulihan di masa depan. Potensi untuk kenaikan harga Bitcoin, perkembangan dalam pasar altcoin, dan prospek arus Bitcoin ETF yang lebih tinggi memberikan gambaran optimis bagi para pelaku pasar aset kripto. Namun, tetap penting bagi para investor untuk mengambil langkah-langkah pencegahan dan melakukan penelitian mendalam sebelum membuat keputusan investasi.