MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Publikasi (Deep Dives)
Potensi Pergerakan Bitcoin (BTC) Menjelang Pertemuan FOMC The Fed
Analisis Pasar
Bagikan!

Potensi Pergerakan Bitcoin (BTC) Menjelang Pertemuan FOMC The Fed

10 June 2024
1 menit membaca
Potensi Pergerakan Bitcoin (BTC) Menjelang Pertemuan FOMC The Fed

Menjelang pertemuan penting Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Federal Reserve, aset kripto paling populer seperti Bitcoin (BTC) menunjukkan pergerakan harga yang stabil. Pertemuan ini diperkirakan akan memberikan dampak signifikan pada pasar kripto, yang saat ini sedang mengantisipasi keputusan suku bunga dan data inflasi terbaru.

Dinamika Pasar dan Sentimen

Bitcoin dan Ethereum menunjukkan pola konsolidasi setelah mengalami volatilitas yang dipicu oleh data ekonomi yang kuat. Harga Bitcoin, misalnya, masih berfluktuasi di sekitar $69.000 setelah penurunan yang disebabkan oleh data pekerjaan yang lebih kuat dari perkiraan.

Measure

May 2024 Estimate April 2024
Nonfarm payrolls 272,000 180,000 165,000

(revised down from 175,00)

Unemployment rate 4% 3.9% 3.9%
Wage growth (YoY) 4.1% 3.9% 3.9%

Konteks Ekonomi Lebih Luas

Di luar pasar kripto, futures pasar saham juga menunjukkan penurunan kecil pada Minggu malam. Dow Jones Industrial Average Futures turun 9 poin (0,02%), S&P 500 futures turun 0,04%, dan Nasdaq 100 futures turun 0,09%. Penurunan ini terjadi setelah pekan yang positif untuk Wall Street, dengan S&P 500 mencapai rekor tertinggi intraday pada hari Jumat.

Potensi Pergerakan Menjelang Pertemuan FOMC

Pertemuan FOMC pada hari Rabu sangat diantisipasi oleh pasar. Berdasarkan CME FedWatch Tool, ada kemungkinan 99% bahwa Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga tetap. Keputusan ini, bersama dengan data inflasi terbaru, akan menjadi indikator penting bagi investor dalam menentukan arah pergerakan harga aset kripto.

Analis kripto, Mister Crypto, mengamati adanya likuiditas signifikan untuk Bitcoin di $74.000, menyatakan bahwa ini “hanya masalah waktu” sebelum BTC mencapai level tersebut. Selain itu, Rekt Capital mencatat bahwa Bitcoin berada dalam “Rentang Akumulasi Ulang Pasca-Halving,” dengan resistensi pada $71.500 dan dukungan pada $60.600.

Jika Federal Reserve memberikan sinyal yang mendukung kebijakan moneter yang lebih longgar, kita mungkin akan melihat lonjakan harga Bitcoin dan Ethereum. Sebaliknya, jika ada indikasi pengetatan kebijakan lebih lanjut, pasar kripto bisa mengalami tekanan lebih lanjut.

Kesimpulan

Pasar aset kripto berada dalam fase konsolidasi dan antisipasi menjelang pertemuan FOMC. Keputusan suku bunga dan data inflasi yang akan datang kemungkinan besar akan memberikan pengaruh besar pada pergerakan harga Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin. Investor dan pedagang disarankan untuk tetap waspada dan memantau perkembangan pasar dengan cermat.

Cek Harga BTC Sekarang!