MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Analisis Makro
Ringkasan Reku
Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Prediksi Harga Bitcoin: Konsolidasi Berlanjut, Hedge Fund Kurangi Eksposur BTC
Analisis Pasar
Bagikan!

Prediksi Harga Bitcoin: Konsolidasi Berlanjut, Hedge Fund Kurangi Eksposur BTC

21 June 2024
5 menit membaca
Prediksi Harga Bitcoin: Konsolidasi Berlanjut, Hedge Fund Kurangi Eksposur BTC

Key Takeaways:

  • Kripto Pilihan: Sejak puncaknya pada Maret 2024, harga Bitcoin turun 10% namun tetap stabil dalam rentang yang lebar. Konsolidasi ini mirip dengan periode pasca-halving 2020, di mana Bitcoin bergerak sideways selama 150 hari. Saat ini, konsolidasi telah berlangsung 90 hari, menunjukkan kemungkinan pergerakan sideways selama dua bulan lagi.
  • Berita Altcoin: Di Kanada, 3iQ Corp mengumumkan peluncuran The Solana Fund, produk ETF perdagangan terbuka pertama di Amerika Utara yang fokus pada Solana (SOL). 
  • Berita Sepekan: Cameron dan Tyler Winklevoss telah mendonasikan Bitcoin senilai $2 juta ke kampanye Donald Trump.

 

Prediksi Harga Bitcoin: Konsolidasi Berlanjut, Hedge Fund Kurangi Eksposur BTC

Bitcoin (BTC) saat ini menunjukkan tren konsolidasi, dengan harga yang bergerak dalam kisaran sempit antara $56,500 dan $74,000. Meskipun banyak analis mengharapkan kenaikan tajam setelah peristiwa Halving pada April 2024, data terbaru menunjukkan bahwa pasar masih dikuasai oleh bearish. Berikut ini adalah analisis mendalam mengenai situasi terkini dan proyeksi harga Bitcoin dalam beberapa bulan ke depan.

Tren Pergerakan Harga Bitcoin

Sejak mencapai puncaknya pada Maret 2024, harga Bitcoin telah turun sekitar 10%. Meskipun demikian, harga masih relatif stabil dalam rentang yang lebar. Konsolidasi ini mengingatkan kita pada periode pasca-halving pada tahun 2020, di mana Bitcoin bergerak sideways selama sekitar 150 hari sebelum mengalami kenaikan signifikan. Saat ini, Bitcoin telah berkonsolidasi selama 90 hari, yang menunjukkan kemungkinan pergerakan sideways selama dua bulan lagi.

Analisis Teknis Bitcoin

Analisis teknis menunjukkan bahwa Bitcoin berada di bawah tekanan jual yang kuat. Saat ini, harga bergerak di sepanjang batas bawah Bollinger Bands (BB), menandakan momentum jual yang intens. Divergensi antara BB tengah dan BB bawah juga mengindikasikan peningkatan volatilitas, yang menguntungkan penjual. Meskipun demikian, belum ada indikasi pasti bahwa harga akan menembus batas bawah rentang saat ini.

Sentimen Pasar dan Hedge Fund 

Salah satu faktor yang mendukung tren konsolidasi ini adalah sentimen pasar yang negatif di kalangan hedge fund kripto. Data menunjukkan bahwa eksposur hedge fund terhadap Bitcoin telah menurun drastis, mencapai level terendah sejak Oktober 2020. Penurunan ini mencerminkan hilangnya kepercayaan di kalangan investor institusional, yang memilih untuk mengurangi risiko di tengah ketidakpastian pasar.

Aktivitas Over-the-Counter (OTC) Bitcoin

Selain itu, peningkatan aktivitas di platform over-the-counter (OTC) menunjukkan bahwa para whale dan institusi besar sedang menjual Bitcoin mereka di luar bursa publik. Data on-chain menunjukkan peningkatan signifikan dalam saldo OTC, dengan tambahan 62,000 BTC dalam 30 hari terakhir. Aktivitas ini menandakan bahwa penjualan besar-besaran mungkin sedang berlangsung, yang dapat menambah tekanan jual di pasar.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Bitcoin saat ini berada dalam fase konsolidasi yang kemungkinan akan berlanjut selama beberapa bulan ke depan. Indikator teknis dan data pasar menunjukkan tekanan jual yang kuat, sementara sentimen negatif di kalangan hedge fund dan peningkatan aktivitas OTC mengindikasikan bahwa para investor besar sedang mengambil langkah-langkah defensif. Meskipun ada potensi untuk pergerakan harga yang signifikan setelah periode konsolidasi ini, investor harus tetap waspada dan memantau perkembangan pasar dengan cermat.

Bitcoin tetap menjadi aset yang penuh volatilitas, dan keputusan investasi harus dilakukan dengan mempertimbangkan analisis menyeluruh dan toleransi risiko individu. Periode konsolidasi ini bisa menjadi kesempatan untuk akumulasi bagi beberapa investor, namun juga bisa menjadi pertanda ketidakstabilan pasar yang lebih besar di masa depan.

Cek Harga BTC Sekarang!

 

Altcoin Update: 

  • 🐲 Bullish – Di Kanada, 3iQ Corp mengumumkan peluncuran The Solana Fund, produk ETF perdagangan terbuka pertama di Amerika Utara yang fokus pada Solana (SOL). ETF ini akan menawarkan unit Kelas A dan Kelas F di Bursa Efek Toronto dengan kode “QSOL”. Langkah ini merupakan langkah pertama dalam membawa investor Kanada langsung terlibat dengan pergerakan harga SOL terhadap dolar AS serta potensi pertumbuhan modal jangka panjang di ekosistem Solana yang sedang berkembang pesat.

Cek Harga SOL Sekarang!

  • 🌍 Bullish –  Aktivitas transaksi di jaringan Solana mengalami lonjakan signifikan, mencatat rekor tertinggi dua tahun dengan rata-rata 7 hari mencapai 38,37 juta transaksi non-voting. Lonjakan ini menunjukkan pemulihan aktifitas jaringan setelah periode stagnasi, dengan jumlah transaksi harian stabil mendekati 40 juta sejak awal Juni. Meskipun demikian, minat sosial terhadap Solana menurun belakangan ini, yang dapat mempengaruhi potensi pertumbuhan jaringan Solana di masa depan.

Cek Harga SOL Sekarang!

  • 🚀 Bullish – Beberapa aset kripto yang terkait dengan kecerdasan buatan mengalami lonjakan harga yang signifikan di tengah konsolidasi nilai Bitcoin. Menurut layanan analitik CryptoRank, volume perdagangan proyek-proyek kripto yang disebut “Artificial Intelligence” (AI) naik 17% menjadi $1.3 miliar kemarin. Grup token ini mengalami kenaikan kapitalisasi pasar sebesar 11% dalam sehari terakhir, mencapai $14.6 miliar. Fetch.ai (FET), platform dengan algoritma pembelajaran mesin, memimpin pertumbuhan dengan kenaikan 29% menjadi $1.68 dalam sehari terakhir, sementara SingularityNET (AGIX) naik 25% menjadi $0.6 sebagai platform terdesentralisasi untuk pengembang AI.

Cek Harga FET Sekarang!

 

Berita Terkini dalam Sepekan Terakhir

  • 🌜 Bullish – Cameron dan Tyler Winklevoss telah mendonasikan Bitcoin senilai $2 juta ke kampanye Donald Trump. Tindakan ini mencerminkan dukungan mereka terhadap mantan Presiden AS yang kemungkinan besar akan menjadi calon dari Partai Republik dalam pemilihan presiden mendatang. Tindakan dukungan ini juga menunjukkan bahwa Trump menerima sumbangan dalam bentuk cryptocurrency, sejalan dengan sikap pro-kripto yang diusungnya.

Cek Harga BTC Sekarang!

  • 💰 Bullish – Seorang investor telah melakukan staking sebanyak 14 miliar token Floki Inu (FLOKI) dalam ekosistem Floki, dengan nilai sekitar $2,36 juta. Langkah staking ini mengikuti periode akumulasi selama dua tahun, dimulai ketika harga token ini adalah $0,00001207. Pemilik dompet tersebut kini mengantongi keuntungan yang signifikan sebesar $2,19 juta, mewakili kenaikan mencolok sebesar 1.293%. Tindakan staking dalam volume besar seperti ini dapat berdampak positif terhadap harga FLOKI dengan mengurangi pasokan beredar, potensial mendorong kenaikan harga lebih lanjut dan menarik minat investor lainnya.

Cek Harga FLOKI Sekarang!

  • 🤖 Bullish – Pemegang token US Treasuries tokenized mencapai rekor tertinggi sepanjang masa pada 18 Juni, dengan mencatat 2.143 pemegang, yang menunjukkan pertumbuhan tahun ini sebesar 250% menurut data dari RWA.xyz. Ondo Short-Term US Government Bond Fund (USDY) memimpin dengan 1.054 pemegang dan aset token US Treasuries senilai lebih dari $218 juta. Di sisi lain, BlackRock USD Institutional Digital Liquidity Fund (BUIDL), yang mengelola aset token US Treasuries hampir $463 juta, hanya memiliki 14 pemegang karena ditujukan untuk investor institusional dengan persyaratan investasi minimum $5 juta.

Cek Harga ONDO Sekarang!

 

Analisa market ini adalah hal yang bersifat informasional. Ini bukan merupakan tawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli atau menjual aset kripto apa pun di PT Rekeningku Dotcom Indonesia, perusahaan yang dibatasi oleh pihak atau entitas lain yang diorganisir, dikendalikan, atau dikelola oleh Reku, dan oleh karena itu tidak dapat diandalkan penuh sehubungan dengan pembelian atau penjualan aset kripto.

Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Perubahan harga aset kripto sangat fluktuatif. Diharapkan menggunakan analisa cermat sebelum melakukan aktivitas membeli atau menjual aset kripto. Kami tidak memaksa nasabah untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari pengguna.