MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Tinjauan Siklus Pasar Crypto dari Indikator Golden Ratio Multiplier
Analisis Pasar
Bagikan!

Tinjauan Siklus Pasar Crypto dari Indikator Golden Ratio Multiplier

19 March 2024
2 menit membaca
Tinjauan Siklus Pasar Crypto dari Indikator Golden Ratio Multiplier

Setelah berhasil mencetak new all time high, harga BTC terkoreksi cukup dalam hingga sempat menyentuh area (sedikit) di bawah $65.000 di beberapa exchange. Pada hari ini BTC diperdagangkan di area $65.500 dan ETH di area $3.400, setelah kemarin sempat sedikit terapresiasi. Apakah situasi ini mensinyalir perubahan tren atau merupakan bagian dari siklus uptrend yang sudah terbentuk? 

Tinjauan indikator Golden Ratio Multiplier mengindikasikan adanya potensi koreksi harga yang cukup kuat dalam jangka pendek namun mensinyalir potensi kenaikan harga yang akan jauh lebih besar setelah koreksi tersebut terjadi. Secara umum, situasi yang ada menurut kami merupakan salah satu situasi pasar terbaik yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan trading secara lebih frequent di mana volatilitas akan cenderung naik dan tren harga masih berada di awal fase bullish. 

Sumber: lookintobitcoin

Indikator Golden Ratio Multiplier yang meninjau 350 day moving average BTC menggunakan golden ratio dan fibonacci sequence, menunjukkan harga BTC saat ini yang telah berada di area ‘potential bull high’ (garis merah). Data tersebut menunjukkan situasi di mana harga BTC saat ini dirasa sudah cukup tinggi dan mungkin akan terkoreksi. 

Koreksi mungkin akan terjadi seperti pada situasi pasar yang sama sebelumnya pada 2012, 2016, dan 2019 (lingkaran biru). Namun yang perlu dicermati pada indikator tersebut adalah bahwa tersentuhnya area ‘potential bull high’ lagi untuk pertama kalinya setelah fase bearish pada siklus sebelumnya berakhir, mensinyalir potensi kenaikan lanjutan yang lebih besar. Berikut performa harga BTC pada siklus-siklus sebelumnya setelah mencapai fase yang ada saat ini. 

Periode Siklus Pergerakan Harga  Kedalaman Koreksi Cycle Peak
Jul. 2012 – Des. 2013 $11 → $8 → $964  -27% +8664% 
Jun. 2016 – Des. 2017 $695 → $530 → $19.650 -24% +2727%
Jun. 2019 – Nov. 2021 $11.000 → $4.950 → $67.550 -55% +514%

* Tabel “Pergerakan Harga” adalah harga pada situasi yang sama dengan saat ini pada masing-masing periode tersebut (ketika ‘potential bull high’ tersentuh untuk pertama kalinya setelah fase bearish pada siklus sebelumnya selesai) → harga terendah saat koreksi (setelah potential bull high tersentuh tersebut) → harga tertinggi (cycle peak) setelah koreksi.

Apabila pola yang akan terjadi tidak jauh berbeda, maka cycle high pada siklus saat ini mungkin akan berada di area harga sekitar 250% dari area harga BTC saat ini di $65.000 yakni kurang lebih di $162.500. Angka ini cukup berbeda dengan indikator lain seperti Stock to Flow model yang memproyeksi BTC akan menyentuh area $440.000 pada 2025 nanti. 

 

 

*PERINGATAN: Pergerakan harga aset crypto sangat fluktuatif, harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Pergerakan harga aset crypto dipengaruhi oleh banyak faktor yang harus Anda gali informasinya. Investasi aset Anda di aset crypto merupakan investasi beresiko tinggi. Semua keputusan jual beli aset crypto Anda merupakan keputusan Anda sendiri dan tidak dipengaruhi oleh pihak lain. Artikel ini hanya bersifat informasional dan bukan merupakan saran atau rekomendasi investasi.