MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Ekosistem Tron Tunjukkan Potensi
Ringkasan Reku
Bagikan!

Ekosistem Tron Tunjukkan Potensi

18 September 2023
2 menit membaca
Ekosistem Tron Tunjukkan Potensi

Market Overview

Neutral 😐

Pasar terlihat mulai memasuki fase akhir dari tren sideways jangka pendek yang telah berlangsung sejak pertengahan Agustus lalu. Besar kemungkinan akan terjadi perubahan tren yang sepertinya akan cenderung mengarah ke tren bullish (dalam jangka pendek) yang akan membawa harga BTC menembus area $28 ribu. Namun, beberapa pola harga masih harus terbentuk untuk mengkonfirmasi hal tersebut. Dipertahankannya suku bunga The Fed dan kembali meningkatnya volume perdagangan aset kripto yang diikuti oleh peningkatan kekuatan likuiditas secara signifikan menjadi beberapa faktor penting untuk menunjang terealisasinya skenario tersebut. Perkembangan yang terjadi di ekosistem Tron cukup menarik perhatian kami di minggu ini.  

 

Aset-aset Kripto yang Menarik untuk Diperhatikan:

USDT

Sumber: Coingecko

USDT sebagai stablecoin berbasis USD terbesar saat ini kembali mengalami pertumbuhan kapitalisasi pasar setelah selama beberapa minggu cenderung stagnan. Kapitalisasi pasar USDT berada pada angka $82,807 miliar pada 9 September lalu sebelum naik hingga sempat menyentuh angka $83,133 miliar. Kenaikan sekitar 326 miliar dollar tersebut dapat dikatakan cukup signifikan, bukan karena angkanya, namun lebih karena kondisi saat ini dimana hampir semua stablecoin sedang mengalami penurunan kapitalisasi pasar atau masih cenderung stagnan. Meningkatnya kapitalisasi pasar yang ada dapat berpotensi meningkatkan likuiditas aset kripto USDT di pasar yang membuatnya semakin menarik untuk ditradingkan. 

Cek Harga USDT Sekarang!

 

TRX

Sumber: Defillama 

Tron merupakan jaringan blockchain dengan jumlah pengguna aktif terbanyak saat ini. Menurut data Defillama, jaringan Tron memiliki 1,28 juta pengguna aktif dalam 24 jam terakhir, lebih banyak dari pengguna aktif Bitcoin di angka 1,04 juta. Selain itu, Tron juga menunjukkan peningkatan nilai terkunci pada jaringannya (TVL) secara cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir. TVL pada jaringan Tron naik dari $5,57 miliar pada 11 September minggu lalu, menjadi $6,62 pada hari ini, 18 September 2023. Kenaikan sekitar 18,8% tersebut terbilang relatif cukup tinggi disaat TVL pada jaringan-jaringan blockchain L1 lainnya saat ini cenderung stagnan. Performa adopsi yang positif dari jaringan Tron dan aplikasi-aplikasi serta aset kripto yang diciptakan di jaringan tersebut (termasuk USDT TRC-20), dapat berpotensi menjadi katalis positif bagi token TRX di minggu ini.  

Cek Harga TRX Sekarang!

 

BTC

Sumber: Token Terminal

Bitcoin mulai menunjukkan peningkatan aktivitas jaringan dalam beberapa hari kebelakang. Peningkatan yang relatif kecil namun stabil yang terjadi telah membentuk sebuah tren yang mengindikasikan peningkatan tersebut didorong oleh aktivitas organik, seperti dari pembelian BTC oleh para investor ritel yang terjadi di exchange terdesentralisasi misalnya. Hal ini dapat mensinyalir sebuah awal dari perubahan tren harga BTC yang ada saat ini, walaupun masih perlu dikonfirmasi oleh faktor-faktor lainnya. Terlepas dari itu, data positif tersebut dapat berpotensi meningkatkan kepercayaan diri para investor Bitcoin yang dapat turut berdampak pada harga aset kripto tersebut di pasar.

Cek Harga BTC Sekarang!

 

 

*Akurasi dari katalis-katalis diatas dapat dipengaruhi oleh perubahan keadaan seperti akibat dari peristiwa tertentu yang kejadiannya tidak dapat diprediksi sebelumnya. Apabila Anda memutuskan untuk mengambil keputusan trading atau berinvestasi jangka pendek, kami menyarankan untuk selalu memantau peristiwa yang sekiranya dapat berkaitan dengan aset crypto tersebut. Aset crypto juga dapat mengalami kenaikan atau penurunan harga tanpa adanya suatu sebab atau katalis tertentu.
*PERINGATAN: Pergerakan harga aset crypto sangat fluktuatif, harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Pergerakan harga aset crypto dipengaruhi oleh banyak faktor yang harus Anda gali informasinya. Investasi aset Anda di aset crypto merupakan investasi beresiko tinggi. Semua keputusan jual beli aset crypto Anda merupakan keputusan Anda sendiri dan tidak dipengaruhi oleh pihak lain. Artikel ini hanya bersifat informasional dan bukan merupakan saran atau rekomendasi investasi.