MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Uniswap Kukuhkan Dominasi di Bursa Terdesentralisasi
Ringkasan Reku
Bagikan!

Uniswap Kukuhkan Dominasi di Bursa Terdesentralisasi

06 June 2023
3 menit membaca
Uniswap Kukuhkan Dominasi di Bursa Terdesentralisasi

UNI

Source: Dune 

Uniswap yang merupakan platform DeFi untuk perdagangan (exchange) aset kripto terdesentralisasi terbesar di Ethereum yang juga diluncurkan di beberapa jaringan lainnya menunjukkan peningkatan dominasinya secara cukup signifikan dalam satu minggu terakhir. Pangsa pasar (market share) dari Uniswap (area coklat muda) yang sebelumnya sempat berada pada angka 51,8% pada 22 Mei, meningkat menjadi 76,9% pada hari ini 5 Juni 2023. Dominasi pangsa pasar tersebut merupakan persentase market share Uniswap tertinggi dalam satu tahun terakhir seperti yang dapat dilihat pada grafik Dune diatas. Total Value Locked (TVL) atau total nilai aset kripto yang terdapat pada platform Uniswap yang menjadi tolok ukur kekuatan likuiditas platform tersebut juga mengalami peningkatan sebesar 37,18% dalam tujuh hari terakhir yang merupakan pertumbuhan TVL mingguan tertinggi diantara Top 70 platform DeFi dengan TVL terbesar saat ini menurut data Defillama. 

 

DOGE

Dogecoin (DOGE) sebuah meme koin yang dipopulerkan oleh Elon Musk, beberapa hari terakhir cukup menarik perhatian, pasalnya jumlah transaksi yang diproses pada jaringan Dogecoin melampaui jumlah transaksi di jaringan blockchain besar seperti Ethereum dan Bitcoin. Pada awal Mei, jaringan Dogecoin hanya memproses kurang dari 20.000 transaksi per hari. Namun, semuanya berubah ketika jumlah transaksi melonjak menjadi 1,152 juta pada 25 Mei, kemudian sedikit meningkat menjadi 1,162 juta pada hari berikutnya, dan akhirnya melewati angka 2 juta pada 27 Mei. Peningkatan yang cukup signifikan ini mendorong volume transaksi di jaringan Dogecoin mencapai rekor tertinggi baru dan berhasil melampaui volume transaksi tertinggi Bitcoin dalam 14 tahun terakhir. Meningkatnya aktivitas di jaringan Dogecoin dapat dikaitkan dengan meningkatnya aktivitas minting pada token DRC20 di jaringan tersebut. Biaya transaksi yang rendah yang ditawarkan merupakan salah satu pemicu peningkatan aktivitas di jaringan tersebut. Meskipun terdapat peningkatan volume transaksi di jaringan Dogecoin, namun harga dari DOGE sendiri relatif stabil.

Source: blockchair 

 

AVAX

Avalanche, sebuah jaringan blockchain Layer 1, untuk pertama kalinya mencapai lebih dari 1 juta pengguna aktif bulanan. Salah satu pemicu pertumbuhan ini adalah diperkenalkannya AvaCloud, sebuah platform untuk meluncurkan proyek “blockchain” tanpa perlu melakukan coding di atas jaringan Avalanche, juga dikenal sebagai subnets. Dengan subnets, pengembang dapat membangun blockchain yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa proyek telah berkomitmen untuk membangun subnets melalui AvaCloud, termasuk konglomerat Korea SK Group, aplikasi gaming Blitz, dan studio game AAA Shrapnel. Jaringan utama Avalanche juga mengalami pertumbuhan pada adopsinya akhir-akhir ini. Circle, penerbit stablecoin USDC, baru-baru ini mengumumkan bahwa stablecoin berbasis euro mereka, EUROC, sekarang tersedia secara native di Avalanche, hal ini menandai langkah pertamanya dalam melakukan ekspansi multichain. Selain itu, divisi cloud dari perusahaan teknologi China Alibaba membangun platform launchpad agar bisnis dapat mendeploy proyek metaverse mereka di blockchain Avalanche.

Source: https://stats.avax.network/dashboard/overview/ 

 

MATIC

Source: Cryptoslam 

MATIC, token native pada ekosistem blockchain Polygon yang cukup banyak digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari DeFi hingga NFT untuk koleksi digital, game, dan metaverse mengalami lonjakan jumlah pembeli NFT yang diciptakan pada jaringan Polygon lebih dari 104% dalam rentang waktu mingguan. Peningkatan jumlah pembeli tersebut merupakan peningkatan tertinggi diantara jaringan blockchain lainnya dan menempatkan Polygon sebagai jaringan dengan jumlah pembeli NFT terbanyak dalam satu minggu terakhir yakni sebesar 309.542 pembeli atau dua kali lipat lebih banyak dibandingkan pembeli NFT di jaringan Ethereum yang menempati peringkat kedua. Meskipun secara total angka penjualan yang terjadi Polygon membukukan angka yang lebih sedikit dibandingkan Ethereum dan Bitcoin, tingginya jumlah pembeli yang ada dapat berpotensi mendorong angka tersebut secara lebih besar lagi di minggu ini yang dapat berpotensi memberikan katalis positif pada nilai toke MATIC di pasar.  

 

 

*Akurasi dari katalis-katalis diatas dapat dipengaruhi oleh perubahan keadaan seperti akibat dari peristiwa tertentu yang kejadiannya tidak dapat diprediksi sebelumnya. Apabila Anda memutuskan untuk mengambil keputusan trading atau berinvestasi jangka pendek, kami menyarankan untuk selalu memantau peristiwa yang sekiranya dapat berkaitan dengan aset crypto tersebut. Aset crypto juga dapat mengalami kenaikan atau penurunan harga tanpa adanya suatu sebab atau katalis tertentu.
*PERINGATAN: Pergerakan harga aset crypto sangat fluktuatif, harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Pergerakan harga aset crypto dipengaruhi oleh banyak faktor yang harus Anda gali informasinya. Investasi aset Anda di aset crypto merupakan investasi beresiko tinggi. Semua keputusan jual beli aset crypto Anda merupakan keputusan Anda sendiri dan tidak dipengaruhi oleh pihak lain. Artikel ini hanya bersifat informasional dan bukan merupakan saran atau rekomendasi investasi.