MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
1 Lot Saham: Ekspresi Umum di Dunia Saham, Apa Artinya?
Teori
Bagikan!

1 Lot Saham: Ekspresi Umum di Dunia Saham, Apa Artinya?

27 June 2024
3 menit membaca
1 Lot Saham: Ekspresi Umum di Dunia Saham, Apa Artinya?

Dalam dunia investasi saham, kamu pasti sering mendengar istilah “1 lot saham”. Bagi yang baru terjun ke dunia investasi, istilah ini mungkin terdengar asing dan membingungkan. Artikel ini akan membantu kamu memahami apa itu 1 lot saham, mengapa penting, dan bagaimana cara menggunakannya dalam investasi saham. Yuk, simak lebih lanjut!

Apa Itu 1 Lot Saham?

Secara sederhana, 1 lot saham adalah satuan minimum pembelian saham di bursa efek. Di Indonesia, Bursa Efek Indonesia (BEI) menetapkan bahwa 1 lot saham setara dengan 100 lembar saham. Jadi, jika kamu ingin membeli saham dari suatu perusahaan, kamu harus membelinya minimal sebanyak 1 lot atau 100 lembar.

Mengapa 1 Lot Saham Penting?

Memahami konsep 1 lot saham sangat penting bagi para investor, baik yang baru maupun yang sudah berpengalaman. Berikut beberapa alasan mengapa 1 lot saham penting:

1. Aksesibilitas Investasi

Dengan menetapkan 1 lot saham sebagai 100 lembar, BEI membuat investasi saham menjadi lebih terjangkau bagi masyarakat luas. Investor pemula dapat memulai investasi mereka dengan modal yang relatif kecil. Misalnya, jika harga satu lembar saham adalah Rp500, kamu hanya perlu Rp50.000 untuk membeli 1 lot saham.

2. Standarisasi Transaksi

Penetapan 1 lot saham sebagai standar minimum pembelian memudahkan proses transaksi di bursa efek. Hal ini membantu memastikan bahwa setiap transaksi saham memiliki volume yang cukup untuk menciptakan likuiditas pasar yang baik.

3. Manajemen Portofolio

Memahami konsep 1 lot saham membantu kamu dalam mengelola portofolio investasi dengan lebih baik. Kamu bisa menentukan jumlah saham yang ingin dibeli atau dijual berdasarkan jumlah lot yang tersedia dan strategi investasi kamu.

Bagaimana Cara Membeli 1 Lot Saham?

Membeli saham di bursa efek sekarang lebih mudah dengan adanya teknologi dan platform perdagangan online. Berikut langkah-langkah untuk membeli 1 lot saham:

1. Buka Rekening Saham

Langkah pertama adalah membuka rekening saham di perusahaan sekuritas atau broker. Kamu perlu menyediakan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti KTP, NPWP, dan buku tabungan. Setelah itu, kamu akan mendapatkan akses ke platform perdagangan saham.

2. Setor Dana ke Rekening Saham

Setelah membuka rekening saham, langkah berikutnya adalah menyetor dana ke rekening tersebut. Dana ini akan digunakan untuk membeli saham di bursa efek. Pastikan dana yang disetor cukup untuk membeli minimal 1 lot saham dari perusahaan yang kamu incar.

3. Pilih Saham yang Ingin Dibeli

Gunakan platform perdagangan saham untuk mencari informasi tentang saham-saham yang tersedia di bursa. Kamu bisa melihat harga saham, kinerja perusahaan, dan berita terbaru yang terkait dengan saham tersebut. Pilih saham yang sesuai dengan strategi investasi dan tujuan finansial kamu.

4. Lakukan Pembelian

Setelah menentukan saham yang ingin dibeli, masukkan jumlah lot yang ingin dibeli (minimal 1 lot) dan harga yang kamu tawarkan. Jika ada penjual yang setuju dengan harga tersebut, transaksi akan terjadi dan saham tersebut akan masuk ke dalam portofolio kamu.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Harga saham sangat dinamis dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berikut beberapa faktor utama yang mempengaruhi harga saham:

1. Kinerja Perusahaan

Kinerja keuangan perusahaan sangat mempengaruhi harga sahamnya. Laporan keuangan yang baik, seperti peningkatan pendapatan dan laba, dapat meningkatkan harga saham. Sebaliknya, kinerja yang buruk dapat menurunkan harga saham.

2. Kondisi Ekonomi Makro

Kondisi ekonomi makro seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan suku bunga juga mempengaruhi harga saham. Ekonomi yang kuat cenderung meningkatkan kepercayaan investor dan harga saham, sedangkan ekonomi yang lemah dapat menyebabkan penurunan harga saham.

3. Berita dan Sentimen Pasar

Berita dan sentimen pasar juga memainkan peran penting dalam menentukan harga saham. Berita positif tentang perusahaan atau sektor tertentu dapat meningkatkan harga saham, sementara berita negatif dapat menurunkannya. Sentimen pasar, yang mencerminkan persepsi investor tentang kondisi pasar, juga dapat menyebabkan fluktuasi harga saham.

4. Kebijakan Pemerintah dan Regulasi

Kebijakan pemerintah dan regulasi yang mendukung atau menghambat bisnis tertentu juga mempengaruhi harga saham. Misalnya, kebijakan yang mendukung pengembangan sektor teknologi dapat meningkatkan harga saham perusahaan teknologi.

Memahami apa itu 1 lot saham dan bagaimana cara membelinya adalah langkah penting bagi setiap investor yang ingin terjun ke dunia saham. 1 lot saham yang setara dengan 100 lembar saham membuat investasi saham menjadi lebih terjangkau dan standar. Dengan memahami konsep ini, kamu bisa mengelola portofolio investasi dengan lebih baik dan membuat keputusan investasi yang lebih bijak.

Selain itu, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham dapat membantu kamu dalam menganalisis pasar dan memilih saham yang tepat untuk diinvestasikan. Selalu lakukan riset dan analisis sebelum melakukan pembelian saham untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan. Semoga artikel ini membantu kamu memahami dunia saham dengan lebih baik!

Investasi Lebih Percaya Diri dengan Analisa Unggulan!

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, tim riset Reku siap memberikan analisa unggulan untuk investasimu. Siapkan strategi investasimu dengan lebih banyak analisa terkini di sini.

Download aplikasi Reku untuk pengalaman investasi yang lebih aman dan nyaman.

 

Foto diambil dari Freepik