MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
7 Cara Trading Saham Paling Tepat untuk Pemula
Teori
Bagikan!

7 Cara Trading Saham Paling Tepat untuk Pemula

25 June 2024
3 menit membaca
7 Cara Trading Saham Paling Tepat untuk Pemula

Trading saham bisa menjadi cara yang menguntungkan untuk meningkatkan kekayaan kamu, tetapi juga bisa berisiko jika tidak dilakukan dengan benar. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara trading saham dengan langkah-langkah yang mudah dipahami, termasuk tips dan strategi yang berguna untuk pemula. Pastikan kamu membaca sampai habis untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang trading saham.

Apa Itu Trading Saham?

Trading saham adalah proses membeli dan menjual saham perusahaan yang terdaftar di bursa saham dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari perubahan harga saham. Berbeda dengan investasi jangka panjang, trading saham biasanya melibatkan pembelian dan penjualan saham dalam jangka waktu yang lebih pendek, mulai dari beberapa menit hingga beberapa bulan.

Langkah-langkah Memulai Trading Saham

  • Pelajari Dasar-dasar Pasar Saham

Sebelum memulai trading saham, penting untuk memahami dasar-dasar pasar saham. Pelajari istilah-istilah penting seperti saham, indeks, bursa saham, dan jenis-jenis order. Kamu juga perlu memahami bagaimana harga saham ditentukan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pergerakan harga saham.

  • Tentukan Tujuan Trading Kamu

Setiap trader memiliki tujuan yang berbeda. Ada yang ingin mendapatkan keuntungan jangka pendek, ada yang mencari penghasilan tambahan, dan ada juga yang ingin membangun kekayaan jangka panjang. Tentukan tujuan trading kamu agar bisa memilih strategi yang tepat.

  • Pilih Broker Saham yang Tepat

Untuk bisa trading saham, kamu perlu membuka akun di broker saham. Pilih broker yang menawarkan platform trading yang user-friendly, biaya transaksi yang rendah, dan layanan pelanggan yang baik. Beberapa broker yang populer di Indonesia antara lain Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, dan Mirae Asset Sekuritas.

  • Buat Rencana Trading

Rencana trading adalah panduan yang akan membantu kamu dalam mengambil keputusan trading. Rencana ini harus mencakup tujuan trading, strategi yang akan digunakan, serta aturan untuk mengelola risiko dan menentukan kapan harus masuk atau keluar dari suatu posisi.

  • Mulai dengan Modal Kecil

Sebagai pemula, disarankan untuk memulai trading dengan modal kecil terlebih dahulu. Ini akan membantu kamu belajar tanpa mengambil risiko yang terlalu besar. Seiring dengan bertambahnya pengalaman dan kepercayaan diri, kamu bisa meningkatkan jumlah modal yang digunakan.

  • Gunakan Analisis Teknikal dan Fundamental

Ada dua pendekatan utama dalam menganalisis saham: analisis teknikal dan analisis fundamental. Analisis teknikal melibatkan penggunaan grafik dan indikator untuk memprediksi pergerakan harga saham berdasarkan data historis. Sementara itu, analisis fundamental fokus pada kinerja keuangan perusahaan, kondisi industri, dan faktor ekonomi makro.

  • Kelola Risiko dengan Bijak

Trading saham memiliki risiko, oleh karena itu penting untuk mengelola risiko dengan bijak. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menetapkan stop-loss order, yaitu perintah untuk menjual saham jika harganya turun hingga tingkat tertentu. Selain itu, diversifikasi portofolio kamu dengan tidak menempatkan semua modal pada satu saham saja.

Tips dan Strategi Trading Saham untuk Pemula

  • Fokus pada Saham yang Likuid

Saham yang likuid adalah saham yang mudah diperdagangkan karena volume perdagangannya tinggi. Saham-saham ini biasanya dimiliki oleh perusahaan besar dan terkenal. Fokus pada saham likuid akan memudahkan kamu untuk membeli dan menjual saham dengan cepat.

  • Manfaatkan Berita dan Informasi Pasar

Berita dan informasi pasar bisa mempengaruhi harga saham. Ikuti perkembangan berita ekonomi, laporan keuangan perusahaan, dan berita industri untuk membantu kamu mengambil keputusan trading yang lebih baik.

  • Jangan Terlalu Emosional

Pasar saham bisa berfluktuasi dengan cepat, dan penting untuk tidak terpengaruh oleh emosi. Buat keputusan berdasarkan analisis dan rencana trading kamu, bukan berdasarkan perasaan takut atau keserakahan.

  • Manfaatkan Teknologi Trading

Banyak broker menawarkan alat-alat trading canggih yang bisa membantu kamu dalam melakukan analisis dan eksekusi order. Manfaatkan teknologi seperti software charting, aplikasi mobile trading, dan alert harga untuk meningkatkan efisiensi trading kamu.

  • Edukasi Diri Secara Berkelanjutan

Dunia trading saham terus berkembang, dan penting untuk selalu memperbarui pengetahuan kamu. Ikuti seminar, baca buku, dan bergabung dengan komunitas trader untuk belajar dari sesama trader dan ahli di bidang ini.

Trading saham bisa menjadi cara yang efektif untuk menghasilkan keuntungan, tetapi juga memerlukan pengetahuan dan strategi yang tepat. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasar pasar saham, tentukan tujuan trading kamu, pilih broker yang tepat, dan buat rencana trading yang solid. 

Gunakan analisis teknikal dan fundamental untuk membantu kamu mengambil keputusan trading, dan kelola risiko dengan bijak. Dengan belajar dari pengalaman dan terus meningkatkan pengetahuan kamu, trading saham bisa menjadi kegiatan yang menguntungkan. 

Kunjungi Reku kampus untuk mengakses informasi menarik lainya seputar kripto dan finansial!

Keamanan Investasimu Prioritas Kami!

Aplikasi Reku tersedia di Android dan App Store. Download untuk mulai investasi lebih dari 100 aset kripto yang terdaftar. Alasan kenapa Reku menjadi pilihan bagi jutaan pengguna di Indonesia:

  • Fee transaksi sangat rendah
  • Tersedia mode Pro dan mode Lightning, cocok untuk segala jenis investor
  • Staking dengan APY hingga 12.5% dan berlisensi BAPPEBTI
  • Bisa mulai dengan modal Rp5.000
  • Analisa setiap minggu dari Crypto Researcher Reku

Tunggu apa lagi? Ayo mulai perjalanan investasimu di Reku sekarang!

 

Foto diambil dari Freepik.