MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
7 Faktor Penting yang Mempengaruhi Naik Turunnya Harga Kripto!
Teori
Bagikan!

7 Faktor Penting yang Mempengaruhi Naik Turunnya Harga Kripto!

27 June 2024
4 menit membaca
7 Faktor Penting yang Mempengaruhi Naik Turunnya Harga Kripto!

Dalam beberapa tahun terakhir, kripto telah menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan di dunia finansial. Banyak orang tertarik untuk berinvestasi dalam aset kripto karena potensi keuntungannya yang tinggi. Namun, harga kripto sangat fluktuatif dan dapat naik atau turun dengan cepat. Artikel ini akan membahas faktor-faktor utama yang mempengaruhi harga koin atau token di dunia kripto sehingga kamu bisa memahami dinamika pasar kripto dengan lebih baik.

Pengertian Aset Kripto

Aset kripto adalah bentuk mata uang digital yang menggunakan teknologi kriptografi untuk mengamankan transaksi, mengontrol pembuatan unit baru, dan memverifikasi transfer aset. Bitcoin adalah contoh pertama dan paling terkenal, tetapi ada ribuan aset kripto lainnya seperti Ethereum, Ripple, dan banyak lagi.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Kripto

1. Permintaan dan Penawaran

Seperti halnya pasar lainnya, harga aset kripto sangat dipengaruhi oleh hukum permintaan dan penawaran. Jika lebih banyak orang ingin membeli koin tertentu (permintaan tinggi) dan jumlah koin yang tersedia terbatas (penawaran rendah), harga akan naik. Sebaliknya, jika banyak orang menjual koin mereka dan tidak banyak pembeli (permintaan rendah), harga akan turun.

2. Adopsi dan Penggunaan

Adopsi oleh institusi keuangan besar, perusahaan teknologi, atau bahkan pemerintah dapat mempengaruhi harga kripto. Misalnya, ketika Tesla mengumumkan bahwa mereka menerima Bitcoin sebagai metode pembayaran, harga Bitcoin naik secara signifikan. Penggunaan kripto dalam transaksi sehari-hari, pembayaran, dan investasi juga dapat meningkatkan permintaan dan harga.

3. Regulasi Pemerintah

Kebijakan dan regulasi pemerintah sangat berpengaruh terhadap harga kripto. Regulasi yang mendukung, seperti legalisasi penggunaan kripto atau penerimaan pembayaran pajak dengan kripto, dapat mendorong harga naik. Sebaliknya, regulasi yang ketat atau pelarangan penggunaan kripto dapat menurunkan harga. Berita tentang rencana regulasi sering kali memicu reaksi pasar yang cepat dan signifikan.

4. Sentimen Pasar

Sentimen pasar mencerminkan persepsi dan sikap investor terhadap aset kripto tertentu. Berita positif, seperti peluncuran produk baru, kemitraan strategis, atau pengembangan teknologi, dapat meningkatkan sentimen positif dan mendorong harga naik. Sebaliknya, berita negatif, seperti peretasan bursa kripto, skandal penipuan, atau kegagalan proyek, dapat menurunkan sentimen pasar dan harga.

5. Perkembangan Teknologi

Kemajuan teknologi di ekosistem kripto juga memainkan peran penting dalam menentukan harga. Misalnya, pembaruan atau peningkatan protokol blockchain yang meningkatkan keamanan, skalabilitas, atau fungsionalitas dapat meningkatkan kepercayaan dan minat investor. Contohnya, pembaruan Ethereum 2.0 yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan jaringan Ethereum dapat mendorong harga Ether (ETH) naik.

6. Likuiditas Pasar

Likuiditas mengacu pada seberapa mudah aset kripto dapat dibeli atau dijual tanpa mempengaruhi harga pasar secara signifikan. Aset kripto dengan volume perdagangan tinggi cenderung lebih stabil dan kurang rentan terhadap fluktuasi harga yang tajam. Sebaliknya, aset kripto dengan likuiditas rendah lebih rentan terhadap perubahan harga yang drastis akibat transaksi besar.

7. Spekulasi

Spekulasi adalah aktivitas membeli dan menjual aset kripto dengan harapan mendapatkan keuntungan dari fluktuasi harga. Aktivitas spekulatif oleh pedagang dan investor dapat menyebabkan volatilitas harga yang tinggi. Misalnya, pembelian besar-besaran oleh investor besar (whales) dapat menyebabkan harga naik, sementara penjualan besar-besaran dapat menyebabkan harga turun.

Mengelola Investasi di Kripto

Karena volatilitas tinggi, penting untuk memiliki strategi yang baik saat berinvestasi di kripto. Berikut beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Diversifikasi Portofolio

Jangan menempatkan semua uangmu dalam satu koin atau token. Diversifikasi portofolio dapat membantu mengurangi risiko.

2. Tetapkan Tujuan Investasi

Tentukan apakah kamu berinvestasi untuk jangka pendek atau jangka panjang dan sesuaikan strategi kamu.

3. Pantau Berita dan Perkembangan

Selalu ikuti berita terbaru dan perkembangan di dunia kripto untuk membuat keputusan investasi yang lebih baik.

4. Gunakan Analisis Teknis dan Fundamental

Manfaatkan analisis teknis untuk mempelajari pola harga dan analisis fundamental untuk memahami nilai intrinsik koin atau token.

5. Pertimbangkan Likuiditas

Pilih aset kripto dengan likuiditas yang baik untuk meminimalkan risiko fluktuasi harga yang ekstrem.

Harga aset kripto dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti permintaan dan penawaran, adopsi dan penggunaan, regulasi pemerintah, sentimen pasar, perkembangan teknologi, likuiditas pasar, dan spekulasi. Dengan memahami faktor-faktor ini, kamu bisa lebih siap menghadapi volatilitas dan membuat keputusan investasi yang lebih bijaksana. Selalu lakukan riset mendalam dan pertimbangkan strategi yang tepat untuk mengelola risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan dari investasi kripto.

Ingin lebih dalam mengulik informasi dan edukasi seputar finansial dan kripto? Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar lebih banyak di Reku Kampus! Kunjungi sekarang untuk mendapatkan wawasan dan strategi terbaik dalam dunia keuangan dan aset kripto.

Membeli Aset Kripto dengan Aplikasi Reku

Sekarang kamu bisa membeli Bitcoin, Ethereum, dan crypto lainnya aplikasi Reku. Aplikasi ini memungkinkan investor untuk membeli crypto secara online dengan aman dan mudah karena diawasi oleh BAPPEBTI.

Langkah-langkah Membeli Aset Kripto di Reku

  1. Unduh dan Daftar: Unduh aplikasi Reku dan lakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  2. Verifikasi Akun: Lakukan verifikasi akun kurang dari 5 menit, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Deposit Rupiah: Lakukan deposit dalam bentuk Rupiah ke aplikasi Reku. Kamu bisa melakukan transfer dari berbagai bank dan e-wallet, seperti BCA, Mandiri, CIMB Niaga, OVO, Dana, dan lain-lain.
  4. Pilih Aset Kripto: Cari crypto yang ingin kamu beli dari 100+ daftar aset kripto yang dimiliki Reku.
  5. Beli Crypto: Lakukan pembelian dengan mode Pro maupun Lightning sesuai preferensimu.

Foto diambil dari Freepik.