MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
7 Tips Investasi Saham yang Wajib Kamu Tahu!
Teori
Bagikan!

7 Tips Investasi Saham yang Wajib Kamu Tahu!

27 June 2024
4 menit membaca
7 Tips Investasi Saham yang Wajib Kamu Tahu!

Ingin mencapai kebebasan finansial? Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi. Saat ini, investasi di instrumen saham menjadi semakin populer di kalangan masyarakat, berkat kemajuan teknologi yang mempermudah akses melalui berbagai aplikasi trading. Mulai dari pelajar hingga pekerja, banyak yang tertarik untuk mencoba peruntungan di dunia saham. Keuntungan yang tinggi dalam waktu relatif singkat menjadi salah satu daya tarik utamanya. Namun, jangan lupa, ada pepatah dalam dunia ekonomi yang mengatakan “high risk, high return”. Ini berarti, meskipun potensi keuntungan besar, risikonya juga tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memahami seluk-beluk investasi saham sebelum terjun ke dalamnya.

1. Pelajari Saham Terlebih Dahulu

Memulai investasi saham tanpa pengetahuan yang memadai ibarat masuk ke medan perang tanpa persiapan. Sebelum kamu melangkah lebih jauh, penting untuk memahami dasar-dasar investasi saham. Pelajari berbagai jenis saham, risiko yang mungkin terjadi, serta potensi return yang bisa kamu dapatkan. Jangan ragu untuk menggali ilmu dari berbagai sumber. Buku-buku tentang investasi, artikel online, video tutorial, hingga kursus investasi bisa menjadi modal pengetahuanmu. 

2. Pilih Perusahaan Sekuritas yang Tepat

Langkah berikutnya setelah memahami dasar-dasar saham adalah memilih perusahaan sekuritas yang tepat untuk membantu aktivitas investasi kamu. Di tengah banyaknya pilihan perusahaan sekuritas, kamu perlu cermat dalam menentukan yang terbaik. Biaya transaksi tentu menjadi salah satu pertimbangan utama, tetapi jangan hanya fokus pada biaya. Pastikan perusahaan sekuritas pilihanmu juga menawarkan pelayanan yang baik dan terpercaya. Sebelum membuka rekening saham, cek dulu reputasi dan track record perusahaan tersebut.

3. Gunakan Uang Dingin

Memulai investasi saham memang menarik, terutama dengan potensi return yang tinggi. Namun, penting untuk selalu ingat bahwa risiko yang tinggi juga menyertai peluang tersebut. Salah satu kunci dalam manajemen keuangan yang baik adalah menggunakan idle cash atau uang dingin untuk investasi. Uang dingin adalah dana yang tidak digunakan untuk kebutuhan pokok atau pengeluaran prioritas lainnya, sehingga jika terjadi kerugian, kehidupan finansial kamu tetap stabil.

4. Rancang Strategi Trading yang Matang

Mengembangkan strategi trading yang matang sangat penting untuk meraih kesuksesan dalam investasi saham. Langkah pertama dalam strategi ini adalah membuat rencana trading yang jelas. Rencana tersebut harus mencakup daftar saham yang akan diperdagangkan, titik entry (kapan membeli saham), titik exit (kapan menjual saham), serta titik cut loss (batas kerugian maksimal sebelum menjual saham). Disiplin dalam menjalankan rencana ini sangat krusial.

5. Pilih Saham dari Perusahaan Terbaik

Menentukan saham yang tepat untuk diinvestasikan adalah langkah krusial dalam berinvestasi. Carilah informasi mendalam tentang perusahaan yang sahamnya ingin kamu beli. Evaluasi kualitas saham, rekam jejak perusahaan, laporan keuangan, dan berbagai aspek penting lainnya. Di Bursa Efek Indonesia (BEI), terdapat indeks saham seperti IDX30 dan LQ45 yang mencakup saham-saham dengan fundamental perusahaan yang kuat dan likuiditas tinggi, sering kali disebut sebagai saham blue chip. Untuk pemula, saham dalam indeks tersebut merupakan pilihan yang aman dan stabil.

6. Mendalami Analisis Saham untuk Investasi yang Bijak

Menginvestasikan uang dalam saham membutuhkan lebih dari sekadar intuisi. Hal ini memerlukan analisis yang teliti dan mendalam terhadap kinerja perusahaan. Salah satu pendekatan yang efektif adalah dengan mempelajari laporan keuangan perusahaan serta mengamati perkembangan portofolio mereka dalam beberapa tahun terakhir. Dengan demikian, kamu dapat menilai stabilitas dan potensi pertumbuhan saham dengan lebih baik.

7. Bersikap Realistis dan Emosi yang Terkendali dalam Investasi

Ketika memasuki dunia investasi, keberanian untuk tetap realistis dan mengendalikan emosi sangatlah krusial. Investasi bukanlah permainan instan; ia memerlukan kesabaran dan disiplin untuk mencapai hasil yang diinginkan. Hindari harapan untuk keuntungan besar dalam waktu singkat, karena hal tersebut seringkali hanya mengundang risiko yang tidak perlu.Penting juga untuk tidak terbawa arus emosi dalam pengambilan keputusan investasi. Terlalu bersemangat atau terlalu terpukul oleh pergerakan pasar dapat mengganggu penilaian rasional.

Jadi Kapan Mau Mulai Investasi Saham?

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai investasi saham. Dengan segala pengetahuan yang telah kamu peroleh dari artikel ini, kamu memiliki bekal yang cukup untuk melangkah ke dunia investasi saham dengan percaya diri. Ingatlah bahwa investasi saham memang memiliki risiko, namun juga menawarkan potensi keuntungan yang besar jika dikelola dengan bijak. Mulailah dengan langkah-langkah sederhana: pelajari lebih dalam tentang saham, pilih perusahaan sekuritas yang tepat, dan buatlah rencana investasi yang jelas. Gunakan waktu untuk memahami pergerakan pasar dan jangan biarkan emosi menguasai keputusan investasimu. Dengan disiplin dan konsistensi, kamu dapat membangun portofolio investasi yang kuat dan menguntungkan.

Membeli Aset Kripto dengan Aplikasi Reku

Sekarang kamu bisa membeli Bitcoin, Ethereum, dan crypto lainnya aplikasi Reku. Aplikasi ini memungkinkan investor untuk membeli crypto secara online dengan aman dan mudah karena diawasi oleh BAPPEBTI.

Langkah-langkah Membeli Aset Kripto di Reku

  1. Unduh dan Daftar: Unduh aplikasi Reku dan lakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  2. Verifikasi Akun: Lakukan verifikasi akun kurang dari 5 menit, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Deposit Rupiah: Lakukan deposit dalam bentuk Rupiah ke aplikasi Reku. Kamu bisa melakukan transfer dari berbagai bank dan e-wallet, seperti BCA, Mandiri, CIMB Niaga, OVO, Dana, dan lain-lain.
  4. Pilih Aset Kripto: Cari crypto yang ingin kamu beli dari 100+ daftar aset kripto yang dimiliki Reku.
  5. Beli Crypto: Lakukan pembelian dengan mode Pro maupun Lightning sesuai preferensimu.

 

Foto diambil dari Freepik.