MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Apa Itu GDP? Simak Penjelasan Lengkap dan Sederhananya!
Teori
Bagikan!

Apa Itu GDP? Simak Penjelasan Lengkap dan Sederhananya!

25 June 2024
5 menit membaca
Apa Itu GDP? Simak Penjelasan Lengkap dan Sederhananya!

Halo Sobat Reku! Kamu pasti sering mendengar istilah GDP dalam berita ekonomi, bukan? GDP, atau Gross Domestic Product, adalah salah satu indikator utama yang digunakan untuk mengukur kesehatan ekonomi suatu negara. Bayangkan GDP sebagai nilai total semua barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam jangka waktu tertentu. Angka ini bisa memberikan gambaran seberapa besar aktivitas ekonomi yang terjadi di negara tersebut. Meskipun terdengar rumit, sebenarnya konsep GDP bisa dipahami dengan sederhana. Di artikel ini, kita akan membahas segala hal tentang GDP: dari definisinya, jenis-jenisnya, cara menghitungnya, hingga manfaatnya untuk perekonomian.

Apa Itu GDP?

GDP, atau Gross Domestic Product, yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Produk Domestik Bruto (PDB), adalah nilai total semua barang dan jasa yang dihasilkan di dalam batas wilayah suatu negara selama satu tahun. Ini mencakup semua aktivitas ekonomi dari warga negara tersebut serta warga negara asing yang tinggal dan bekerja di negara tersebut.

Jadi, bayangkan GDP sebagai ringkasan besar dari semua usaha dan kerja keras yang dilakukan di dalam negeri. Misalnya, setiap produk yang kamu beli di pasar, setiap layanan yang kamu gunakan, semuanya berkontribusi pada GDP negara kita. Tapi, hanya aktivitas yang terjadi di dalam negeri yang dihitung. Artinya, jika seorang warga negara Indonesia menjual barang di luar negeri, penjualan tersebut tidak termasuk dalam GDP Indonesia. Sebaliknya, jika ada perusahaan asing seperti Freeport yang beroperasi di Indonesia, hasil penjualan mereka justru masuk dalam perhitungan GDP kita.

GDP ini penting karena memberikan gambaran yang jelas tentang seberapa aktif dan produktif perekonomian suatu negara. Dengan memahami konsep ini, kamu bisa lebih mengerti berita ekonomi dan dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari kita. Mari kita teruskan untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang bagaimana GDP dihitung dan mengapa angka ini sangat krusial bagi kita semua.

Jenis-Jenis GDP

Setelah kita memahami apa itu GDP, sekarang mari kita lihat lebih dalam mengenai jenis-jenis GDP. Kamu mungkin berpikir bahwa GDP hanya ada satu jenis, tapi sebenarnya ada dua jenis GDP yang penting untuk kita ketahui. Dengan memahami kedua jenis GDP ini, kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang kondisi ekonomi suatu negara. 

  • GDP atas Dasar Harga Berlaku (Nominal)

GDP atas dasar harga berlaku, atau sering disebut GDP nominal, adalah nilai total barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada tahun tersebut. Ini berarti bahwa angka GDP nominal mencerminkan nilai ekonomi tanpa penyesuaian inflasi. Data ini sangat berguna untuk melihat pergeseran dan struktur ekonomi dari waktu ke waktu. Misalnya, jika kita ingin tahu bagaimana sektor teknologi berkembang dalam satu tahun tertentu, kita bisa melihat GDP nominal untuk sektor tersebut.

  • GDP atas Dasar Harga Konstan (Riil)

GDP atas dasar harga konstan, atau GDP riil, adalah nilai total barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga dari tahun dasar tertentu. Ini berarti bahwa angka GDP riil telah disesuaikan dengan inflasi, sehingga memberikan gambaran yang lebih akurat tentang pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun. GDP riil digunakan untuk mengetahui kemampuan ekonomi secara riil dalam mendorong pertumbuhan dari satu periode ke periode berikutnya. Dengan kata lain, GDP riil menunjukkan seberapa banyak ekonomi benar-benar tumbuh tanpa pengaruh perubahan harga.

Manfaat GDP

Selanjutnya, kita akan membahas manfaat GDP yang begitu penting dalam dunia ekonomi. GDP tidak hanya membantu pemerintah dalam mengambil keputusan, tetapi juga memberikan gambaran kepada kita semua tentang kesehatan ekonomi negara kita. Mari kita lihat apa saja manfaatnya!

  • Mengukur Laju Pertumbuhan Ekonomi

Dengan adanya GDP, negara dapat mengukur seberapa cepat perekonomiannya berkembang. Data GDP memungkinkan pemerintah untuk menganalisis sektor mana yang berkembang pesat dan mana yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Dengan demikian, langkah-langkah strategis bisa diambil untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih optimal.

  • Sebagai Landasan Perumusan Kebijakan Pemerintah

GDP sering dianggap sebagai indikator kesejahteraan suatu negara. Angka GDP yang tinggi biasanya menunjukkan produksi yang tinggi, yang pada gilirannya mencerminkan daya beli masyarakat yang kuat. Pemerintah dapat menggunakan data GDP untuk merumuskan kebijakan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti kebijakan fiskal, moneter, dan investasi infrastruktur.

  • Membandingkan Kemajuan Ekonomi Antar Negara

GDP juga berfungsi sebagai alat untuk membandingkan kemajuan ekonomi antar negara. Dengan angka GDP, kita bisa mengetahui negara mana yang memiliki perekonomian lebih kuat dan mana yang perlu berbenah. Misalnya, kelompok G7 dan G20 adalah contoh dari negara-negara dengan perekonomian terkuat di dunia, yang diidentifikasi melalui perbandingan GDP.

  • Mengetahui Struktur Perekonomian Suatu Negara

Melalui GDP, kita juga bisa memahami struktur ekonomi suatu negara. Data ini membantu mengidentifikasi sektor-sektor mana yang menjadi penyumbang utama perekonomian dan mana yang perlu ditingkatkan. Informasi ini sangat berharga untuk pengembangan kebijakan ekonomi dan perencanaan jangka panjang.

Rumus dan Cara Menghitung GDP

Setelah mengetahui apa itu GDP dan manfaatnya, sekarang kita akan membahas cara menghitung GDP. Meskipun terdengar teknis, menghitung GDP sebenarnya bisa dipahami dengan mudah. Yuk, kita lihat lebih dekat bagaimana caranya!

Secara umum, GDP adalah jumlah nilai dari semua barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara asli maupun warga negara asing yang berada di suatu negara dalam satu tahun. Namun, ada tiga pendekatan utama yang digunakan untuk menghitung GDP. Mari kita jelajahi satu per satu!

  1. Pendekatan Pendapatan

Pendekatan ini menghitung total pendapatan yang diterima oleh semua faktor produksi dalam menghasilkan barang dan jasa akhir. Rumusnya adalah:

GDP = w + r + i + π

Keterangan:

  • w = upah atau gaji
  • r = bunga
  • i = pendapatan sewa
  • π = laba atau profit

Dengan pendekatan ini, kita menjumlahkan semua pendapatan yang diterima oleh pekerja, pemilik modal, penyewa properti, dan pemilik usaha.

  1. Pendekatan Pengeluaran

Pendekatan pengeluaran mengukur jumlah total yang telah dikeluarkan untuk menciptakan semua barang dan jasa akhir dalam satu periode. Rumusnya adalah:

GDP = C + G + I + (X − M)

Keterangan:

  • C = konsumsi rumah tangga
  • G = pengeluaran dan investasi pemerintah
  • I = investasi perusahaan dalam bentuk persediaan, peralatan, dan pabrik
  • X = ekspor
  • M = impor

Pendekatan ini menjumlahkan semua pengeluaran dari konsumen, pemerintah, investor, dan nilai bersih ekspor.

  1. Pendekatan Produksi

Pendekatan produksi mengukur nilai tambah dari semua barang dan jasa yang diproduksi di dalam negeri. Rumusnya adalah:

GDP = (P1 × Q1) + (P2 × Q2) +…+ (Pn × Qn)

Keterangan:

  • P1​ = harga barang ke-1
  • Q1​ = jumlah barang ke-1
  • Pn = harga barang ke-n
  • Qn​ = jumlah barang ke-n

Dengan pendekatan ini, kita menjumlahkan nilai dari semua produk yang dihasilkan dalam negeri tanpa memandang apakah faktor produksi tersebut milik warga negara sendiri atau asing.

Keamanan Investasimu Prioritas Kami!

Aplikasi Reku tersedia di Android dan App Store. Download untuk mulai investasi lebih dari 100 aset kripto yang terdaftar. Alasan kenapa Reku menjadi pilihan bagi jutaan pengguna di Indonesia:

  • Fee transaksi sangat rendah
  • Tersedia mode Pro dan mode Lightning, cocok untuk segala jenis investor
  • Staking dengan APY hingga 12.5% dan berlisensi BAPPEBTI
  • Bisa mulai dengan modal Rp5.000
  • Analisa setiap minggu dari Crypto Researcher Reku

Tunggu apa lagi? Ayo mulai perjalanan investasimu di Reku sekarang!

Foto diambil dari Freepik.