MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Mengenal Risk Reward Ratio, Kunci Sukses dalam Investasi
Teori
Bagikan!

Mengenal Risk Reward Ratio, Kunci Sukses dalam Investasi

14 June 2024
3 menit membaca
Mengenal Risk Reward Ratio, Kunci Sukses dalam Investasi

Jika kamu tertarik dengan dunia investasi atau trading, mungkin sudah pernah mendengar istilah “risk reward ratio”. Konsep ini penting untuk memahami bagaimana mengelola risiko dan potensi keuntungan dalam setiap keputusan investasi. Artikel ini akan menjelaskan secara sederhana apa itu risk reward ratio, bagaimana cara menghitungnya, serta mengapa penting untuk diterapkan dalam strategi investasi kamu.

Pengertian Risk Reward Ratio

Risk reward ratio adalah perbandingan antara risiko yang kamu ambil dan potensi keuntungan yang kamu harapkan dari sebuah investasi. Rasio ini membantu kamu menentukan apakah sebuah investasi layak dilakukan atau tidak. Misalnya, jika kamu mempertaruhkan $100 untuk potensi keuntungan sebesar $200, risk reward ratio-nya adalah 1:2. Artinya, kamu berisiko kehilangan $1 untuk setiap $2 yang bisa kamu peroleh.

Mengapa Risk Reward Ratio Penting?

  1. Mengelola Risiko
    Risk reward ratio membantu kamu mengelola risiko dengan lebih baik. Dengan mengetahui rasio ini, kamu bisa menentukan apakah potensi keuntungan sebanding dengan risiko yang diambil.
  2. Membantu Keputusan Investasi
    Dengan memahami risk reward ratio, kamu bisa membuat keputusan investasi yang lebih bijaksana. Investasi dengan rasio yang menguntungkan bisa meningkatkan peluang keberhasilan kamu.
  3. Menghindari Kerugian Besar
    Rasio ini juga membantu kamu menghindari kerugian besar. Dengan menetapkan batas risiko yang bisa ditoleransi, kamu bisa menghindari investasi yang terlalu berisiko.

Cara Menghitung Risk Reward Ratio

Menghitung risk reward ratio cukup sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tentukan Potensi Keuntungan
    Pertama, tentukan berapa banyak keuntungan yang kamu harapkan dari investasi tersebut. Misalnya, jika kamu membeli saham dengan harapan naik sebesar $50, itu adalah potensi keuntungan kamu.
  2. Tentukan Risiko
    Selanjutnya, tentukan berapa banyak yang kamu siap kehilangan. Misalnya, jika kamu siap menjual saham jika turun sebesar $25, itu adalah risiko kamu.
  3. Hitung Rasio
    Bagilah potensi keuntungan dengan risiko. Dalam contoh ini, rasio adalah $50/$25, yang menghasilkan 2:1.

Contoh Risk Reward Ratio

Misalkan kamu berinvestasi di saham XYZ dengan harga beli $100. Kamu menetapkan target keuntungan di $120 dan batas kerugian di $90. Berikut cara menghitung risk reward ratio-nya:

  • Potensi keuntungan: $120 – $100 = $20
  • Risiko: $100 – $90 = $10
  • Risk reward ratio: $20/$10 = 2:1

Artinya, kamu berisiko kehilangan $1 untuk setiap $2 yang diharapkan.

Menggunakan Risk Reward Ratio dalam Strategi Investasi

  1. Menetapkan Rasio Ideal
    Banyak trader dan investor menetapkan rasio minimal yang diinginkan. Sebagai contoh, rasio 1:2 atau lebih tinggi sering dianggap baik. Ini berarti potensi keuntungan setidaknya dua kali lipat dari risiko yang diambil.
  2. Disiplin dalam Eksekusi
    Disiplin adalah kunci dalam menggunakan risk reward ratio. Setelah menetapkan rasio, patuhi batas risiko dan target keuntungan yang telah ditentukan. Jangan biarkan emosi mengganggu keputusan investasi kamu.
  3. Evaluasi dan Penyesuaian
    Selalu evaluasi hasil investasi kamu dan sesuaikan strategi jika perlu. Jika rasio yang ditetapkan tidak memberikan hasil yang diharapkan, pertimbangkan untuk menyesuaikan target keuntungan atau batas risiko kamu.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Risk Reward Ratio

Keuntungan:

  1. Pengelolaan Risiko yang Lebih Baik
    Dengan risk reward ratio, kamu bisa mengelola risiko dengan lebih efektif, memastikan setiap investasi memiliki potensi keuntungan yang memadai.
  2. Keputusan yang Lebih Bijaksana
    Membantu membuat keputusan investasi berdasarkan analisis yang objektif, bukan berdasarkan emosi.
  3. Meningkatkan Disiplin
    Menggunakan rasio ini membantu meningkatkan disiplin dalam investasi, mencegah overtrading dan keputusan impulsif.

Kerugian:

  1. Tidak Menjamin Keberhasilan
    Meskipun membantu mengelola risiko, risk reward ratio tidak menjamin keberhasilan setiap investasi. Faktor lain seperti analisis pasar dan kondisi ekonomi juga berperan.
  2. Memerlukan Penyesuaian Terus-Menerus
    Rasio ini memerlukan evaluasi dan penyesuaian terus-menerus agar tetap relevan dengan kondisi pasar yang berubah-ubah.

Tips Menerapkan Risk Reward Ratio

  1. Gunakan Alat Bantu
    Gunakan alat bantu seperti kalkulator risk reward atau software trading untuk membantu menghitung rasio dengan cepat dan akurat.
  2. Perhatikan Biaya Transaksi
    Jangan lupa mempertimbangkan biaya transaksi seperti komisi broker atau pajak saat menghitung potensi keuntungan dan risiko.
  3. Kombinasikan dengan Analisis Lain
    Kombinasikan penggunaan risk reward ratio dengan analisis teknikal dan fundamental untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang potensi investasi.

Risk reward ratio adalah alat penting dalam dunia investasi dan trading. Dengan memahami dan menerapkan konsep ini, kamu bisa mengelola risiko dengan lebih baik dan membuat keputusan investasi yang lebih bijaksana. Ingat, meskipun risk reward ratio membantu dalam mengelola risiko, tidak ada jaminan keberhasilan tanpa analisis dan strategi yang komprehensif. Jadi, selalu lakukan riset mendalam dan pertimbangkan semua faktor sebelum membuat keputusan investasi. Dengan pendekatan yang tepat, kamu bisa meningkatkan peluang sukses dalam dunia investasi.

Investasi Lebih Percaya Diri dengan Analisa Unggulan!

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, tim riset Reku siap memberikan analisa unggulan untuk investasimu. Siapkan strategi investasimu dengan lebih banyak analisa terkini di sini.

Download aplikasi Reku untuk pengalaman investasi yang lebih aman dan nyaman.