MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Apa Itu Securities Investor Protection Corporation (SIPC)
Teori
Bagikan!

Apa Itu Securities Investor Protection Corporation (SIPC)

21 June 2024
4 menit membaca
Apa Itu Securities Investor Protection Corporation (SIPC)

Di dalam dunia investasi, perlindungan terhadap aset adalah hal yang sangat penting. Salah satu lembaga yang bertanggung jawab dalam menjaga keamanan investasi para pelaku pasar adalah Securities Investor Protection Corporation (SIPC). SIPC memberikan jaminan perlindungan hingga $500.000, termasuk batas $250.000 untuk uang tunai, jika perusahaan pialang tempat kamu menyimpan aset mengalami masalah kebangkrutan. 

Pengertian Securities Investor Protection Corporation (SIPC)

Sebuah perlindungan esensial bagi para investor di Amerika Serikat, Securities Investor Protection Corporation (SIPC) adalah badan nirlaba yang muncul melalui Securities Investor Protection Act (SIPA) tahun 1970.  SIPC bertujuan untuk melindungi investor jika perusahaan pialang-dealer yang terdaftar mengalami kebangkrutan. Meskipun SIPC didanai oleh anggota dan diawasi oleh Securities and Exchange Commission (SEC), perannya bukan sebagai lembaga pemerintah atau regulator. Sebagai gantinya, SIPC bertindak sebagai entitas penjamin yang memfasilitasi proses pemulihan dan pengembalian dana dan aset pelanggan yang hilang akibat likuidasi perusahaan investasi yang gagal.

Secara umum, SIPC memberikan kepercayaan kepada investor bahwa aset mereka akan dilindungi dalam situasi yang tidak diharapkan ketika perusahaan pialang-dealer menghadapi masalah likuidasi atau kebangkrutan. SIPC melindungi sebagian besar jenis sekuritas seperti saham, obligasi, dan reksa dana, dengan batasan perlindungan hingga $500.000 per akun investor, termasuk batasan $250.000 untuk uang tunai. Namun, penting untuk dicatat bahwa SIPC tidak memberikan perlindungan terhadap kerugian akibat penurunan nilai pasar dari investasi atau terhadap kontrak investasi yang tidak terdaftar di SEC.

Fokus Utama Securities Investor Protection Corporation (SIPC)

  • Perlindungan Dana dan Aset Investor

SIPC didirikan berdasarkan Securities Investor Protection Act (SIPA) tahun 1970 untuk melindungi investor dalam kasus kebangkrutan perusahaan pialang-dealer yang terdaftar. Perlindungan ini mencakup dana dan aset investor yang disimpan di perusahaan pialang-dealer. Jika perusahaan tersebut tidak mampu memenuhi kewajibannya kepada klien, SIPC akan memfasilitasi pengembalian dana dan aset tersebut. Namun, perlindungan ini tidak mencakup kerugian akibat fluktuasi nilai pasar dari investasi atau kontrak yang tidak terdaftar di SEC.

  • Proses Pemulihan Cepat

Ketika perusahaan pialang-dealer mengalami kegagalan, SIPC bertindak cepat untuk memfasilitasi proses likuidasi yang terkoordinasi. SIPC akan mengajukan permohonan ke pengadilan untuk menunjuk wali (trustee) yang akan mengawasi proses likuidasi. Wali bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan mengelola aset perusahaan yang gagal tersebut, serta memproses klaim dari investor yang terkena dampak. Proses pemulihan yang cepat ini penting untuk memastikan bahwa dana dan aset investor dikembalikan secepat mungkin, dengan cara yang adil dan transparan.

  • Perlindungan Terhadap Kehilangan Akibat Kebangkrutan

Meskipun SIPC memberikan perlindungan signifikan terhadap dana dan aset investor, perlindungan ini memiliki batasan tertentu. Misalnya, SIPC tidak melindungi investor dari kerugian yang disebabkan oleh penurunan nilai pasar dari investasi mereka. Investor tetap memiliki risiko terkait dengan fluktuasi pasar dan performa investasi mereka sendiri. Selain itu, perlindungan SIPC tidak berlaku untuk kontrak investasi yang tidak terdaftar di SEC, seperti beberapa produk investasi alternatif yang mungkin tidak diakui sebagai sekuritas di bawah hukum federal.

  • Kepatuhan dan Pengawasan

SIPC bekerja berdampingan dengan Securities and Exchange Commission (SEC) untuk memastikan bahwa perusahaan pialang-dealer yang terdaftar mematuhi peraturan yang berlaku. Pengawasan ini penting untuk mencegah kecurangan atau pelanggaran lainnya yang dapat membahayakan kepentingan investor. Dengan menjaga standar kepatuhan yang tinggi, SIPC membantu membangun kepercayaan publik terhadap pasar modal Amerika Serikat. Investor dapat yakin bahwa dana mereka dikelola dan dilindungi sesuai dengan standar yang ketat.

  • Peran sebagai Penjamin

Sebagai penjamin, SIPC memainkan peran krusial dalam menjaga stabilitas dan kepercayaan dalam sistem keuangan Amerika Serikat. Keberadaannya memberikan jaminan bagi investor bahwa mereka memiliki perlindungan hukum jika terjadi kegagalan perusahaan pialang-dealer yang terdaftar. Dengan demikian, SIPC tidak hanya berfungsi sebagai entitas perlindungan, tetapi juga sebagai penjaga integritas pasar modal dan pengawas terhadap kesehatan finansial perusahaan pialang-dealer di Amerika Serikat.

Batas Cakupan Securities Investor Protection Corporation (SIPC)

  • $500,000 Total Cakupan Perlindungan

SIPC memberikan perlindungan hingga $500.000 per investor untuk dana dan aset yang hilang akibat kegagalan perusahaan pialang-dealer yang terdaftar. Ini mencakup kombinasi maksimum $250.000 untuk klaim uang tunai yang tidak diinvestasikan dan $250.000 untuk klaim aset yang hilang, seperti saham dan obligasi.

  • Perlindungan Terhadap Kegagalan Perusahaan Pialang-Dealer

Perlindungan SIPC berlaku ketika perusahaan pialang-dealer gagal memenuhi kewajibannya kepada klien. SIPC akan memfasilitasi proses likuidasi dan pengembalian dana serta aset kepada investor yang terkena dampak.

  • Batas Perlindungan untuk Tertentu Jenis Investasi

Perlindungan SIPC tidak mencakup kerugian yang disebabkan oleh fluktuasi nilai pasar dari investasi atau kontrak yang tidak diakui sebagai sekuritas di bawah hukum federal. Investor harus memahami bahwa perlindungan SIPC terbatas pada jenis-jenis investasi yang diakui dan diatur oleh SEC.

  • Proses Likuidasi yang Terkoordinasi

Saat terjadi kegagalan perusahaan pialang-dealer, SIPC akan mengkoordinasikan proses likuidasi dengan mengajukan permohonan ke pengadilan untuk menunjuk wali yang akan mengelola dan memproses klaim dari investor yang terkena dampak. Tujuan utama adalah untuk memulihkan dan mengembalikan aset secepat mungkin kepada investor yang berhak.

  • Keterbatasan Perlindungan

Meskipun SIPC memberikan perlindungan yang signifikan, investor harus memahami bahwa perlindungan ini memiliki batasan tertentu. Selain batas maksimum perlindungan $500.000, SIPC tidak melindungi investor dari kerugian akibat investasi yang berisiko atau tidak diatur.

Keamanan Investasimu Prioritas Kami!

Aplikasi Reku tersedia di Android dan App Store. Download untuk mulai investasi lebih dari 100 aset kripto yang terdaftar. Alasan kenapa Reku menjadi pilihan bagi jutaan pengguna di Indonesia:

  • Fee transaksi sangat rendah
  • Tersedia mode Pro dan mode Lightning, cocok untuk segala jenis investor
  • Staking dengan APY hingga 12.5% dan berlisensi BAPPEBTI
  • Bisa mulai dengan modal Rp5.000
  • Analisa setiap minggu dari Crypto Researcher Reku

Tunggu apa lagi? Ayo mulai perjalanan investasimu di Reku sekarang!

Foto diambil dari SIPC