MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Kenali ShibaSwap, Si Platform DeFi Inovatif di Dunia Kripto
Teori
Bagikan!

Kenali ShibaSwap, Si Platform DeFi Inovatif di Dunia Kripto

02 July 2024
4 menit membaca
Kenali ShibaSwap, Si Platform DeFi Inovatif di Dunia Kripto

Dalam dunia aset kripto yang terus berkembang, munculnya berbagai platform inovatif telah membuka peluang baru bagi para investor. Salah satu platform yang sedang naik daun adalah ShibaSwap, sebuah platform DeFi (Decentralized Finance) yang lahir dari ekosistem Shiba Inu. Simak selengkapnya tentang ShibaSwap di artikel ini!

Apa Itu ShibaSwap?

ShibaSwap adalah sebuah platform pertukaran terdesentralisasi (decentralized exchange atau juga disebut sebagai DEX). Platform ini memungkinkan pengguna untuk menukar aset kripto, menyediakan likuiditas, dan mendapatkan keuntungan melalui staking dan yield farming. ShibaSwap pertama kali diluncurkan pada Juli 2021 oleh tim di balik Shiba Inu, yang bertujuan untuk memberikan alternatif yang lebih terdesentralisasi dan aman dibandingkan dengan bursa kripto tradisional. Namun bagaimana cara kerja ShibaSwap?

Cara Kerja ShibaSwap

Untuk memahami bagaimana cara kerja ShibaSwap, mari kita bahas fitur-fitur utamanya terlebih dahulu, seperti:

1. Swap

Fitur Swap memungkinkan pengguna untuk menukar satu aset kripto dengan aset kripto lainnya secara langsung melalui platform ShibaSwap. Prosesnya sederhana dan cepat, mirip dengan pertukaran di bursa kripto tradisional. Pengguna dapat memilih pasangan token yang ingin mereka tukar, menentukan jumlahnya, dan melakukan transaksi dalam beberapa klik saja.

2. Liquidity Pool (Liquidity Providing)

ShibaSwap memungkinkan pengguna untuk menyediakan likuiditas ke dalam berbagai pool likuiditas. Dengan menyediakan likuiditas, pengguna akan menerima token LP (Liquidity Provider) sebagai tanda kepemilikan mereka dalam pool tersebut. Token LP ini bisa digunakan untuk memperoleh pendapatan tambahan dari biaya transaksi yang terjadi dalam pool likuiditas.

3. Staking (Bury)

Staking, yang di ShibaSwap disebut sebagai Bury, memungkinkan kamu untuk menyimpan token SHIB, LEASH, atau BONE dalam smart contract untuk jangka waktu tertentu. Sebagai gantinya, kamu akan mendapatkan bagian dari hasil yang dihasilkan oleh berbagai aktivitas di platform, seperti biaya transaksi dan pendapatan tambahan lainnya. Staking membantu menjaga kestabilan ekosistem dengan mengurangi jumlah token yang beredar dan memberi insentif bagi pemegang token untuk mempertahankan kepemilikan mereka.

4. Farming (Dig)

Farming, atau Dig, adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk menggabungkan dua token dalam pool likuiditas dan mendapatkan hadiah tambahan berupa token BONE. Hadiah ini berasal dari sebagian biaya transaksi yang dibayarkan oleh pengguna lain yang menukar token dalam pool tersebut. Dengan farming, kamu bisa memaksimalkan passive income dari kepemilikan aset kripto kamu.

5. Yield Farming

Yield Farming di ShibaSwap memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mendapatkan return yang ekstra dengan ikut serta dalam program-program khusus yang tersedia di platform. Di sini pengguna bisa menempatkan token mereka dalam kontrak tertentu dan mendapatkan return berupa token BONE atau token lainnya.

Tokenomics ShibaSwap

ShibaSwap memiliki tiga token utama: SHIB, LEASH, dan BONE. Setiap token memiliki peran dan kegunaan yang berbeda dalam ekosistem:

SHIB: Token utama dan paling dikenal dalam ekosistem Shiba Inu. SHIB digunakan untuk perdagangan dan likuiditas di ShibaSwap.

LEASH: Token ini memiliki pasokan yang lebih terbatas dibandingkan dengan SHIB, menjadikannya lebih langka. LEASH digunakan untuk staking dan memperoleh pendapatan tambahan.

BONE: Token governance yang memungkinkan pemegangnya untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dalam ekosistem ShibaSwap. BONE juga digunakan sebagai pendapatan tambahan dalam berbagai program di ShibaSwap.

Keuntungan Menggunakan ShibaSwap

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan ShibaSwap yang dapat kamu nikmati:

1. Desentralisasi dan Keamanan

ShibaSwap beroperasi di atas blockchain Ethereum, yang berarti semua transaksi dilakukan secara terdesentralisasi tanpa perantara. Ini memberikan tingkat keamanan yang tinggi karena tidak ada otoritas pusat yang mengendalikan aset kamu.

2. Pendapatan Tambahan Melalui Yield Farming

Salah satu fitur utama ShibaSwap adalah Yield Farming. Dengan memasukkan token ke dalam kontrak-kontrak tertentu, kamu bisa mendapatkan pendapatan tambahan dalam bentuk token BONE atau token lainnya. Ini memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan keuntungan dari aset kripto yang kamu miliki.

3. Staking yang Lebih Menguntungkan

ShibaSwap menawarkan program staking yang menarik. Dengan menempatkan token Shiba Inu (SHIB) atau token lain di platform, kamu bisa mendapatkan pendapatan berupa token passive income bagi para pengguna.

4. Liquidity Pools dan Passive Income

ShibaSwap memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam liquidity pools. Dengan menyediakan likuiditas ke dalam pool, kamu bisa mendapatkan sebagian dari biaya transaksi yang dihasilkan dari trading di platform. Ini bisa menjadi sumber passive income yang menarik.

Dengan berbagai keuntungan ini, ShibaSwap tidak hanya menjadi alat untuk pertukaran token tetapi juga platform yang dapat membantu kamu memaksimalkan potensi keuntungan dari aset kripto. Jika kamu tertarik untuk mengoptimalkan investasi kripto kamu, ShibaSwap bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kekurangan ShibaSwap

ShibaSwap, seperti platform keuangan lainnya, memiliki risiko dan tantangan yang perlu dipertimbangkan sebelum terlibat di dalamnya:

1. Ketidakpastian Regulasi

ShibaSwap beroperasi dalam lingkungan regulasi yang belum diatur sepenuhnya. Perubahan regulasi atau larangan terhadap aset kripto dapat mempengaruhi operasional dan aksesibilitas platform.

2. Keamanan dan Teknologi

Platform DeFi seperti ShibaSwap rentan terhadap risiko keamanan, termasuk serangan cyber dan kebocoran data. Selalu ada risiko kehilangan aset kripto karena kegagalan teknologi atau serangan hacker.

3. Volatilitas Pasar

Pasar kripto cenderung sangat volatil, dengan harga yang bisa berubah secara dramatis dalam waktu singkat. Ini dapat mempengaruhi nilai aset kripto yang dipertaruhkan di ShibaSwap.

Memahami risiko dan tantangan ini penting untuk mengambil keputusan yang lebih terinformasi dan mengelola risiko secara efektif saat terlibat dengan platform seperti ShibaSwap.

Investasi Lebih Percaya Diri dengan Analisa Unggulan!

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, tim riset Reku siap memberikan analisa unggulan untuk investasimu. Siapkan strategi investasimu dengan lebih banyak analisa terkini di sini.

Download aplikasi Reku untuk pengalaman investasi yang lebih aman dan nyaman.