MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Selangkah Lebih Dalam Mengenal Blockchain dan Manfaatnya dalam Dunia Keuangan!
Teori
Bagikan!

Selangkah Lebih Dalam Mengenal Blockchain dan Manfaatnya dalam Dunia Keuangan!

03 July 2024
3 menit membaca
Selangkah Lebih Dalam Mengenal Blockchain dan Manfaatnya dalam Dunia Keuangan!

Blockchain dan aset kripto telah mengubah paradigma keuangan modern dengan cara yang mengagumkan. Teknologi ini tidak hanya memungkinkan transaksi yang aman dan terdesentralisasi, tetapi juga membawa berbagai manfaat signifikan dalam bidang keamanan keuangan. Namun bagaimana peranan teknologi ini dalam dunia keuangan?

Apa itu Blockchain?

Blockchain dalam konteks aset kripto merupakan teknologi fundamental yang mendukung keberadaan dan operasi dari berbagai jenis aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, dan lainnya. Ini adalah sistem terdesentralisasi yang mendasari semua transaksi dan aktivitas yang terkait dengan aset kripto. Blockchain tidak hanya berfungsi sebagai ledger atau buku besar digital yang aman, tetapi juga memungkinkan para penggunanya untuk melakukan transaksi tanpa perlu melibatkan pihak ketiga, seperti bank atau lembaga keuangan lainnya.

Singkatnya, blockchain adalah teknologi yang mendasari semua transaksi yang dilakukan dengan aset kripto. Ini bekerja dengan cara mencatat setiap transaksi dalam blok-blok data yang saling terhubung. Setiap blok memiliki informasi tentang transaksi tertentu bersama dengan tanda waktu dan tautan ke blok sebelumnya, membentuk rantai yang tidak dapat diubah atau dimanipulasi dengan mudah.

Manfaat Blockchain dalam Keuangan

Blockchain menjadi teknologi yang revolusioner dalam dunia keuangan dan menawarkan berbagai manfaat yang signifikan bagi berbagai entitas mulai dari perusahaan besar hingga individu. Berikut beberapa manfaat utama blockchain dalam keuangan:

1. Keamanan yang Tinggi

Blockchain menggunakan kriptografi yang canggih untuk melindungi setiap transaksi dan data yang disimpan di dalamnya. Setiap transaksi yang dimasukkan ke dalam blockchain dienkripsi dan diverifikasi oleh jaringan peer-to-peer, sehingga menciptakan tingkat keamanan yang tinggi. Karena informasi dalam blockchain tidak dapat diubah atau dimanipulasi tanpa persetujuan mayoritas jaringan, risiko kecurangan dan pencurian data dapat diminimalkan secara signifikan.

2. Transparansi dan Keterlacakan

Salah satu fitur terbaik dari blockchain adalah transparansi yang tinggi. Semua transaksi yang tercatat dalam blockchain dapat dilihat oleh semua orang secara publik. Ini memungkinkan pengguna untuk melacak aliran dana dari satu tempat ke tempat lain tanpa mengungkap identitas pribadi pengguna. Misalnya, dalam sistem perbankan tradisional, meskipun ada catatan transaksi, aksesnya terbatas pada pihak tertentu dan mungkin tidak selalu transparan.

3. Pengurangan Risiko Sistemik

Sistem keuangan tradisional rentan terhadap risiko sistemik, di mana kegagalan satu entitas dapat menyebabkan efek domino dan merugikan banyak pihak. Dalam blockchain, karena tidak ada satu entitas sentral yang mengendalikan atau memiliki akses penuh, risiko sistemik ini dapat dikurangi. Blockchain menyebarkan data dan kontrol ke seluruh jaringan, menjadikannya lebih tahan terhadap kegagalan tunggal atau manipulasi.

4. Inovasi dan Akses Mudah dalam Layanan Keuangan

Blockchain telah mendorong inovasi dalam layanan keuangan dengan memungkinkan pengembangan smart contracts. Smart contracts adalah program komputer yang dieksekusi secara otomatis saat kondisi yang ditentukan terpenuhi. Mereka dapat digunakan untuk berbagai aplikasi mulai dari pengelolaan aset hingga eksekusi transaksi otomatis. 

Blockchain juga meningkatkan aksesibilitas ke layanan keuangan bagi individu yang tidak memiliki akses ke sistem perbankan tradisional. Misalnya, di negara-negara berkembang di mana infrastruktur perbankan mungkin kurang dikembangkan, blockchain dapat menyediakan solusi alternatif untuk penyimpanan nilai, pengiriman uang, dan akses ke layanan keuangan lainnya.

Dengan semua manfaatnya yang diuraikan di atas, tidak mengherankan bahwa blockchain telah menjadi fokus utama dalam inovasi keuangan global. Teknologi ini tidak hanya meningkatkan keamanan dan efisiensi operasional, tetapi juga membuka peluang baru untuk inovasi layanan keuangan yang lebih baik dan lebih inklusif. Di masa depan, kita bisa mengharapkan terus berkembangnya peran blockchain dalam mengubah cara kita berinteraksi dengan keuangan global secara keseluruhan.

Adakah Tantangan yang Dihadapi Blockchain di Masa Depan?

Tentunya ada. Meskipun banyak manfaat yang ditawarkan, adopsi blockchain dalam sistem keuangan juga menghadapi tantangan seperti peraturan yang kompleks dan ketidakpastian hukum. Namun, dengan pertumbuhan yang pesat dan dukungan dari berbagai sektor, masa depan blockchain dan aset kripto dalam keamanan keuangan terlihat cerah.

Secara keseluruhan, blockchain dan aset kripto telah membuktikan diri sebagai kekuatan revolusioner dalam bidang keamanan keuangan. Dengan potensi untuk meningkatkan transparansi, keamanan, dan efisiensi operasional, teknologi ini tidak hanya mengubah cara kita bertransaksi, tetapi juga membuka pintu bagi inovasi baru yang dapat membentuk masa depan keuangan global yang lebih aman dan terhubung. Teruslah mengikuti perkembangan teknologi ini, karena kita hanya melihat permulaan dari apa yang bisa dicapai oleh blockchain.

Membeli Aset Kripto dengan Aplikasi Reku

Sekarang kamu bisa membeli Bitcoin, Ethereum, dan crypto lainnya aplikasi Reku. Aplikasi ini memungkinkan investor untuk membeli crypto secara online dengan aman dan mudah karena diawasi oleh BAPPEBTI.

Langkah-langkah Membeli Aset Kripto di Reku

  1. Unduh dan Daftar: Unduh aplikasi Reku dan lakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  2. Verifikasi Akun: Lakukan verifikasi akun kurang dari 5 menit, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Deposit Rupiah: Lakukan deposit dalam bentuk Rupiah ke aplikasi Reku. Kamu bisa melakukan transfer dari berbagai bank dan e-wallet, seperti BCA, Mandiri, CIMB Niaga, OVO, Dana, dan lain-lain.
  4. Pilih Aset Kripto: Cari crypto yang ingin kamu beli dari 100+ daftar aset kripto yang dimiliki Reku.
  5. Beli Crypto: Lakukan pembelian dengan mode Pro maupun Lightning sesuai preferensimu.

 

Foto diambil dari Freepik.