MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Simak 7 Keuntungan Investasi Saham Sebagai Pilihan Investasi yang Tepat!
Teori
Bagikan!

Simak 7 Keuntungan Investasi Saham Sebagai Pilihan Investasi yang Tepat!

09 July 2024
3 menit membaca
Simak 7 Keuntungan Investasi Saham Sebagai Pilihan Investasi yang Tepat!

Berinvestasi di pasar saham bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kekayaan kamu dalam jangka panjang. Meski banyak orang merasa ragu untuk memulai karena risiko yang terlihat, sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari investasi saham. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai keuntungan investasi saham dan mengapa ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

Apa Itu Saham?

Saham adalah instrumen keuangan yang mewakili kepemilikan sebagian dari suatu perusahaan. Dengan memiliki saham, kamu memiliki bagian dari perusahaan tersebut, yang berarti kamu berhak atas sebagian dari aset dan pendapatan perusahaan. Saham juga dikenal sebagai ekuitas, dan pemegang saham adalah pemilik perusahaan dalam proporsi tertentu berdasarkan jumlah saham yang dimiliki.

Bagaimana Saham Bekerja?

Sebetulnya, cara kerja saham bisa dikatakan cukup sederhana. Ketika kamu membeli saham suatu perusahaan, kamu sebenarnya membeli bagian kepemilikan dari perusahaan tersebut. Perusahaan menerbitkan saham untuk mengumpulkan dana dari publik guna mendanai operasional, ekspansi, atau proyek lainnya. Saham diperdagangkan di bursa saham, di mana harga saham dapat berfluktuasi berdasarkan penawaran dan permintaan pasar, kinerja perusahaan, berita ekonomi, dan faktor lainnya.

Keuntungan Berinvestasi Saham

Sebagai salah satu instrumen investasi yang populer, investasi saham tentu menawarkan banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan utama berinvestasi saham:

1. Potensi Pertumbuhan Modal

Salah satu keuntungan utama berinvestasi saham adalah potensi pertumbuhan modal. Jika perusahaan tempat kamu berinvestasi tumbuh dan berkembang, nilai sahamnya cenderung meningkat. Ini berarti kamu bisa menjual saham tersebut di masa depan dengan harga yang lebih tinggi daripada harga belinya, menghasilkan keuntungan dari selisih harga tersebut.

2. Pendapatan Dividen

Banyak perusahaan membagikan sebagian dari keuntungan mereka kepada pemegang saham dalam bentuk dividen. Dividen adalah pembayaran berkala yang diterima oleh pemegang saham sebagai imbalan atas kepemilikan saham mereka. Ini bisa menjadi sumber pendapatan pasif yang stabil, terutama jika kamu berinvestasi dalam perusahaan yang memiliki sejarah membayar dividen secara konsisten.

3. Diversifikasi Portofolio

Investasi saham memungkinkan kamu untuk mendiversifikasi portofolio investasi kamu. Dengan memiliki saham dari berbagai sektor dan industri, kamu dapat mengurangi risiko yang terkait dengan kinerja buruk dari satu sektor atau perusahaan tertentu. Diversifikasi membantu melindungi investasi kamu dari fluktuasi pasar yang ekstrem.

4. Likuiditas Tinggi

Saham adalah instrumen keuangan yang sangat likuid, yang berarti kamu dapat dengan mudah membeli atau menjual saham di pasar bursa kapan saja selama jam perdagangan. Ini memberi kamu fleksibilitas untuk mengakses dana kamu dengan cepat jika diperlukan atau untuk memanfaatkan peluang pasar yang muncul.

5. Kepemilikan Perusahaan

Sebagai pemegang saham, kamu memiliki hak suara dalam rapat umum pemegang saham (RUPS). Ini memberi kamu kesempatan untuk ikut serta dalam pengambilan keputusan penting perusahaan, seperti pemilihan dewan direksi atau persetujuan kebijakan perusahaan. Dengan demikian, kamu dapat merasa lebih terlibat dalam perkembangan perusahaan tempat kamu berinvestasi.

6. Perlindungan Inflasi

Investasi saham sering kali dianggap sebagai salah satu cara untuk melindungi nilai investasi dari inflasi. Nilai saham cenderung meningkat seiring dengan meningkatnya biaya barang dan jasa, sehingga bisa membantu melindungi daya beli investasi kamu dalam jangka panjang.

7. Passive Income

Selain pendapatan dividen, keuntungan dari peningkatan harga saham juga bisa menjadi sumber penghasilan pasif. Dengan strategi investasi yang tepat, kamu bisa meraih keuntungan tanpa harus terlibat langsung dalam operasional perusahaan.

Investasi saham menawarkan banyak keuntungan yang tidak bisa diabaikan. Dari potensi keuntungan yang tinggi, dividen, diversifikasi, hingga likuiditas yang tinggi, semua ini membuat saham menjadi pilihan investasi yang menarik. Meski ada risiko yang terkait dengan investasi saham, dengan strategi yang tepat dan pemahaman yang baik tentang pasar, kamu bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan risiko.

Mulailah dengan memahami dasar-dasar investasi saham, lakukan riset yang mendalam, dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli keuangan jika diperlukan. Dengan langkah yang tepat, investasi saham bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mencapai kebebasan finansial dan meningkatkan kekayaan kamu dalam jangka panjang.

Keamanan Investasimu Prioritas Kami!

Aplikasi Reku tersedia di Android dan App Store. Download untuk mulai investasi lebih dari 100 aset kripto yang terdaftar. Alasan kenapa Reku menjadi pilihan bagi jutaan pengguna di Indonesia:

  • Fee transaksi sangat rendah
  • Tersedia mode Pro dan mode Lightning, cocok untuk segala jenis investor
  • Staking dengan APY hingga 12.5% dan berlisensi BAPPEBTI
  • Bisa mulai dengan modal Rp5.000
  • Analisa setiap minggu dari Crypto Researcher Reku

Tunggu apa lagi? Ayo mulai perjalanan investasimu di Reku sekarang!

Foto diambil dari Freepik