MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Dark Pools: Dunia Perdagangan Saham yang Tidak Diketahui Banyak Orang
Teori
Bagikan!

Dark Pools: Dunia Perdagangan Saham yang Tidak Diketahui Banyak Orang

21 June 2024
4 menit membaca
Dark Pools: Dunia Perdagangan Saham yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Dalam dunia perdagangan saham, terdapat sebuah fenomena yang menarik namun kurang dikenal oleh banyak orang, yaitu dark pools. Sobat Reku, pernahkah kamu mendengar istilah ini? Dark pools adalah platform perdagangan saham yang memungkinkan transaksi besar terjadi secara anonim, jauh dari mata publik. Fenomena ini bukanlah sesuatu yang baru, tetapi dengan perkembangan teknologi yang pesat, dark pools menjadi semakin relevan dan perlu mendapat perhatian lebih. Dark pools memberikan keuntungan bagi para investor besar untuk menghindari dampak harga yang bisa terjadi jika transaksi mereka diketahui pasar luas.

Apa Itu Dark Pools?

Pernahkah kamu membayangkan sebuah tempat di mana transaksi saham besar terjadi tanpa terendus oleh pasar umum? Itulah yang terjadi di dark pools. Dark pools, atau sering disebut sebagai kolam gelap, adalah platform perdagangan yang memungkinkan institusi keuangan melakukan transaksi secara anonim.

Dark pools menyediakan ruang bagi para investor institusional untuk membeli dan menjual saham dalam jumlah besar tanpa mengungkapkan informasi rinci kepada publik. Hal ini sangat berbeda dengan perdagangan konvensional di bursa saham, di mana setiap transaksi terlihat oleh semua peserta pasar. Di dalam dark pools, transaksi tetap tersembunyi hingga setelah kesepakatan tercapai, sehingga mengurangi dampak harga yang biasanya terjadi pada perdagangan besar.

Platform ini tidak hanya mencakup saham, tetapi juga obligasi dan aset keuangan lainnya, memberikan fleksibilitas lebih bagi para pemain besar di pasar. Dengan demikian, dark pools menawarkan cara yang lebih pribadi dan tertutup untuk bertransaksi, membantu menjaga strategi perdagangan dan mengurangi risiko fluktuasi harga yang tidak diinginkan.

Karakteristik Dark Pools

Dark pools menawarkan fleksibilitas dan privasi yang tidak bisa ditemukan di pasar terbuka, membuatnya menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin melakukan perdagangan besar tanpa mempengaruhi dinamika pasar secara keseluruhan. Ketika berbicara tentang dark pools, ada beberapa karakteristik utama yang membuatnya unik dan menarik bagi para pelaku pasar institusional yakni sebagai berikut.

  1. Anonimitas

Salah satu daya tarik utama dari dark pools adalah anonimitas yang mereka tawarkan. Di sini, para investor bisa melakukan transaksi tanpa harus mengungkapkan identitas atau detail transaksi mereka kepada publik. Hal ini membantu mencegah pergerakan harga yang tidak diinginkan, karena informasi tentang siapa yang melakukan transaksi dan seberapa besar volume transaksi tersebut tetap tersembunyi.

  1. Transaksi Ukuran Besar

Dark pools dirancang untuk memungkinkan transaksi dengan volume besar tanpa mengganggu harga di pasar terbuka. Ini sangat menguntungkan bagi institusi keuangan yang ingin membeli atau menjual saham dalam jumlah besar tanpa mempengaruhi harga pasar secara signifikan. Dengan demikian, mereka bisa melakukan perdagangan besar secara efisien dan dengan risiko minimal.

  1. Private dan Eksklusif

Dark pools beroperasi secara eksklusif untuk anggota atau peserta tertentu, biasanya lembaga keuangan besar atau trader institusional. Karena sifatnya yang tertutup, informasi tentang transaksi yang terjadi di dalam dark pools tidak dapat diakses oleh publik. Ini memberikan keunggulan kompetitif bagi para pesertanya, karena mereka bisa melakukan transaksi besar tanpa diketahui oleh pesaing.

  1. Kurangnya Transparansi

Berbeda dengan bursa efek konvensional, dark pools memiliki tingkat transparansi yang sangat rendah. Peserta pasar lainnya tidak bisa melihat harga bid dan ask atau volume perdagangan secara real-time. Kurangnya transparansi ini sering kali menjadi subjek kontroversi, karena bisa menyebabkan ketidakadilan di pasar yang lebih luas.

  1. Likuiditas Terbatas

Meskipun dark pools menawarkan keuntungan dalam hal anonimitas dan kemampuan untuk menangani transaksi besar, mereka sering kali memiliki likuiditas yang lebih terbatas dibandingkan dengan bursa efek utama. Hal ini berarti mungkin ada lebih sedikit peserta dan lebih sedikit saham yang tersedia untuk diperdagangkan, yang bisa mempengaruhi efisiensi perdagangan.

  1. Biaya Transaksi yang Lebih Rendah

Dark pools seringkali menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah dibandingkan dengan bursa efek tradisional. Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa institusi besar memilih dark pools untuk melakukan perdagangan dalam jumlah besar. Biaya yang lebih rendah berarti penghematan yang signifikan, terutama untuk perdagangan berukuran besar.

Praktik Dark Pools dalam Kripto

Dark pools tidak hanya terbatas pada pasar keuangan tradisional; konsep ini juga telah merambah ke dunia kripto. Beberapa platform perdagangan kripto kini menawarkan layanan dark pools untuk para investor institusional yang ingin melakukan transaksi besar tanpa mempengaruhi harga pasar secara signifikan. Mirip dengan praktik di pasar tradisional, dark pools dalam kripto memungkinkan transaksi tetap tidak terlihat oleh peserta pasar lainnya, sehingga menjaga kerahasiaan identitas dan volume perdagangan. Hal ini sangat menguntungkan bagi investor besar yang ingin menghindari pergerakan harga yang merugikan. Namun, penggunaan dark pools dalam kripto juga menimbulkan pertanyaan etika dan keamanan, khususnya terkait dengan transparansi pasar dan potensi manipulasi. Oleh karena itu, regulasi dan pengawasan yang lebih ketat mungkin diperlukan untuk memastikan integritas pasar kripto di masa depan.

Membeli Aset Kripto dengan Aplikasi Reku

Sekarang kamu bisa membeli Bitcoin, Ethereum, dan crypto lainnya aplikasi Reku. Aplikasi ini memungkinkan investor untuk membeli crypto secara online dengan aman dan mudah karena diawasi oleh BAPPEBTI.

Langkah-langkah Membeli Aset Kripto di Reku

  1. Unduh dan Daftar: Unduh aplikasi Reku dan lakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  2. Verifikasi Akun: Lakukan verifikasi akun kurang dari 5 menit, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Deposit Rupiah: Lakukan deposit dalam bentuk Rupiah ke aplikasi Reku. Kamu bisa melakukan transfer dari berbagai bank dan e-wallet, seperti BCA, Mandiri, CIMB Niaga, OVO, Dana, dan lain-lain.
  4. Pilih Aset Kripto: Cari crypto yang ingin kamu beli dari 100+ daftar aset kripto yang dimiliki Reku.
  5. Beli Crypto: Lakukan pembelian dengan mode Pro maupun Lightning sesuai preferensimu.

Foto diambil dari Freepik