MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Ini Dia 5 Saham dengan Dividen Yield Tertinggi untuk Kamu!
Teori
Bagikan!

Ini Dia 5 Saham dengan Dividen Yield Tertinggi untuk Kamu!

03 July 2024
5 menit membaca
Ini Dia 5 Saham dengan Dividen Yield Tertinggi untuk Kamu!

Ingin mendapatkan penghasilan pasif yang stabil dari investasi kamu? Saham dengan dividen Yield tertinggi bisa jadi jawabannya! Dalam artikel ini, kita akan membahas lima saham dengan dividen Yield tertinggi yang dapat memberikan keuntungan maksimal. Jadi, jika kamu mencari cara untuk meningkatkan portofolio investasi kamu dengan pendapatan dividen yang menggiurkan, simak terus untuk menemukan saham-saham yang bisa jadi pilihan terbaik kamu!

Apa Itu Dividen Yield?

Dividen Yield mungkin terdengar seperti istilah rumit, tapi sebenarnya ini adalah salah satu konsep investasi yang paling penting dan menarik untuk kamu ketahui. Dividen Yield mengukur seberapa besar keuntungan yang kamu dapatkan dari dividen dibandingkan dengan harga saham. Secara sederhana, ini adalah persentase dari harga saham yang dibayarkan kepada kamu sebagai pemegang saham dalam bentuk dividen setiap tahun.

Misalnya, jika kamu memiliki saham dengan harga Rp100.000 dan perusahaan tersebut membayar dividen Rp5.000 per tahun, maka Dividen Yield-nya adalah 5%. Ini berarti, kamu mendapatkan 5% dari nilai investasimu setiap tahun hanya dari dividen, belum termasuk potensi kenaikan harga saham. Menarik, kan? Dengan memahami konsep ini, kamu bisa lebih bijak dalam memilih saham yang tidak hanya memberikan keuntungan dari kenaikan harga, tetapi juga memberikan penghasilan pasif melalui dividen.

Mengapa Dividen Yield Penting dalam Investasi?

Dividen Yield bukan hanya angka statistik, tetapi juga merupakan komponen penting dalam strategi investasi yang sukses. Mengapa? Mari kita lihat beberapa alasan utamanya.

1. Sumber Penghasilan Pasif

Dividen Yield memberikan kamu penghasilan pasif yang stabil. Setiap tahun, kamu mendapatkan pembayaran dividen yang bisa menambah keuntungan investasimu tanpa harus menjual saham.

2. Indikator Kesehatan Perusahaan

Perusahaan yang secara konsisten membayar dividen menunjukkan kesehatan finansial yang baik. Ini mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut memiliki arus kas yang cukup untuk mengembalikan sebagian keuntungannya kepada pemegang saham.

3. Mengurangi Risiko Investasi

Dividen Yield membantu mengurangi risiko investasi. Dalam situasi pasar yang berfluktuasi, pendapatan dari dividen bisa menjadi pelindung yang efektif, memastikan kamu tetap mendapatkan return bahkan ketika harga saham turun.

Kriteria Memilih Saham dengan Dividen Yield Tinggi

Memilih saham dengan dividen Yield tinggi bisa menjadi tantangan, tetapi dengan memperhatikan beberapa kriteria utama, kamu bisa membuat keputusan yang lebih cerdas dan menguntungkan. Berikut adalah beberapa kriteria yang perlu kamu pertimbangkan.

1. Konsistensi Pembayaran Dividen

Cari perusahaan yang memiliki rekam jejak konsisten dalam membayar dividen. Perusahaan yang telah membayar dividen secara teratur selama bertahun-tahun menunjukkan stabilitas dan komitmen terhadap pemegang saham.

2. Rasio Pembayaran Dividen

Perhatikan rasio pembayaran dividen, yaitu persentase laba bersih yang dibayarkan sebagai dividen. Rasio yang terlalu tinggi mungkin tidak berkelanjutan, sementara rasio yang terlalu rendah bisa berarti perusahaan menyimpan terlalu banyak laba yang seharusnya dibagikan.

3. Pertumbuhan Dividen

Pertumbuhan dividen dari waktu ke waktu adalah indikator positif. Pilih perusahaan yang tidak hanya membayar dividen, tetapi juga secara konsisten meningkatkan jumlah dividen yang dibayarkan. Ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut berkembang dan mampu menghasilkan lebih banyak keuntungan.

5 Saham dengan Dividen Yield Tertinggi

Ingin tahu saham mana saja yang memberikan dividen paling menggiurkan? Yuk, simak 5 saham dengan dividen Yield tertinggi yang bisa jadi pilihan investasi kamu!

  1. AT&T (T)

Raksasa telekomunikasi ini dikenal stabil dalam membayar dividen yang tinggi, dengan dividen Yield sebesar 5.85%. AT&T menawarkan pendapatan tetap yang menarik bagi investor. Saham ini menjadi favorit bagi mereka yang mencari stabilitas dan pendapatan pasif. Selain itu, dengan jangkauan layanan yang luas dan terus berkembang, AT&T tetap menjadi pilihan utama dalam portofolio investasi dividen.

  1. Pfizer (PFE)

Perusahaan farmasi ini tidak hanya terkenal dengan inovasi medisnya tetapi juga dengan dividen yang konsisten tinggi, dengan dividen Yield sebesar 5.95%. Pfizer, yang dikenal dengan produk-produk medis terdepan, memberikan keuntungan tambahan melalui dividen yang menarik. Saham ini cocok bagi investor yang menginginkan stabilitas dengan potensi pertumbuhan di sektor kesehatan.

  1. Verizon Communications (VZ)

Verizon, salah satu penyedia layanan komunikasi terbesar di AS, menawarkan dividen Yield sebesar 6.37%, menjadikannya salah satu yang tertinggi di industrinya. Dengan infrastruktur yang kuat dan basis pelanggan yang besar, Verizon terus memberikan keuntungan yang stabil bagi para pemegang sahamnya. Investasi ini ideal untuk kamu yang mengincar dividen tinggi di sektor komunikasi.

  1. Energy Transfer (ET)

Perusahaan ini bergerak di sektor energi dengan fokus pada transportasi dan penyimpanan gas alam, menawarkan dividen Yield yang sangat menarik sebesar 7.76%. Energy Transfer adalah pilihan utama bagi investor yang mencari dividen tinggi dalam sektor energi. Perusahaan ini memiliki jaringan infrastruktur yang luas dan memainkan peran penting dalam industri energi AS.

  1. Gilead Sciences (GILD)

Gilead adalah perusahaan biofarmasi yang terkenal dengan produk-produk inovatifnya di bidang kesehatan, menawarkan dividen Yield sebesar 4.49%, yang cukup tinggi. Gilead tidak hanya memberikan kontribusi signifikan pada kesehatan global tetapi juga memberikan dividen yang menarik bagi investor. Saham ini cocok untuk kamu yang ingin berinvestasi di sektor farmasi dengan imbal hasil yang baik.

Tips Berinvestasi di Saham dengan Dividen Yield Tinggi

Berinvestasi di saham dengan dividen Yield tinggi bisa jadi pilihan cerdas untuk menambah pendapatan pasif kamu. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Perhatikan Kualitas Perusahaan

Pastikan kamu berinvestasi di perusahaan yang memiliki fundamental kuat dan sejarah pembayaran dividen yang konsisten. Perusahaan yang solid akan memberikan keamanan lebih bagi investasi kamu.

2. Diversifikasi Portofolio

Jangan taruh semua telur dalam satu keranjang. Diversifikasikan investasi kamu ke beberapa saham dengan dividen Yield tinggi untuk mengurangi risiko. Dengan memiliki beberapa jenis saham, kamu bisa mengurangi dampak negatif jika satu perusahaan mengalami masalah.

3. Cek Rasio Pembayaran Dividen

Perhatikan rasio pembayaran dividen perusahaan. Rasio yang terlalu tinggi bisa menunjukkan perusahaan mungkin mengorbankan pertumbuhan untuk membayar dividen. Sebaiknya, pilih perusahaan dengan rasio pembayaran yang sehat dan berkelanjutan.

Membeli Aset Kripto dengan Aplikasi Reku

Sekarang kamu bisa membeli Bitcoin, Ethereum, dan crypto lainnya aplikasi Reku. Aplikasi ini memungkinkan investor untuk membeli crypto secara online dengan aman dan mudah karena diawasi oleh BAPPEBTI.

Langkah-langkah Membeli Aset Kripto di Reku

  1. Unduh dan Daftar: Unduh aplikasi Reku dan lakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  2. Verifikasi Akun: Lakukan verifikasi akun kurang dari 5 menit, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Deposit Rupiah: Lakukan deposit dalam bentuk Rupiah ke aplikasi Reku. Kamu bisa melakukan transfer dari berbagai bank dan e-wallet, seperti BCA, Mandiri, CIMB Niaga, OVO, Dana, dan lain-lain.
  4. Pilih Aset Kripto: Cari crypto yang ingin kamu beli dari 100+ daftar aset kripto yang dimiliki Reku.
  5. Beli Crypto: Lakukan pembelian dengan mode Pro maupun Lightning sesuai preferensimu.

Foto diambil dari Freepik.