MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Intip Alasan Mengapa Mutual Funds Menjadi Pilihan Investasi Paling Menarik di Tahun 2024!
Teori
Bagikan!

Intip Alasan Mengapa Mutual Funds Menjadi Pilihan Investasi Paling Menarik di Tahun 2024!

08 July 2024
4 menit membaca
Intip Alasan Mengapa Mutual Funds Menjadi Pilihan Investasi Paling Menarik di Tahun 2024!

Investasi kini semakin mudah diakses oleh siapa saja, termasuk kamu. Salah satu bentuk investasi yang cukup populer adalah mutual funds. Bagi pemula yang ingin mencoba investasi, mutual funds bisa menjadi pilihan yang tepat karena relatif mudah dipahami dan aman. Artikel ini akan menjelaskan apa itu mutual funds, cara kerjanya, dan mengapa kamu harus mempertimbangkannya sebagai bagian dari portofolio investasimu.

Apa Itu Mutual Funds?

Mutual Funds adalah wadah yang menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan dalam berbagai instrumen keuangan seperti saham, obligasi, atau pasar uang. Dana yang terkumpul kemudian dikelola oleh manajer investasi profesional yang bertugas untuk mengoptimalkan keuntungan bagi para investor.

Mutual Funds cocok bagi kamu yang ingin berinvestasi tetapi tidak memiliki banyak waktu atau pengetahuan untuk mengelola investasi secara langsung. Dengan mutual funds, kamu bisa mendapatkan diversifikasi investasi yang baik dengan modal yang relatif kecil.

Bagaimana Cara Kerja Mutual Funds?

Cara kerja mutual funds bisa dibilang cukup sederhana. Kamu sebagai investor membeli unit penyertaan mutual funds. Dana yang terkumpul dari berbagai investor kemudian dikelola oleh manajer investasi untuk dibelikan aset-aset keuangan sesuai.

Adapun beberapa tahap yang bisa kamu perhatikan dalam proses kerja mutual funds, seperti:

1. Pengumpulan Dana

Sebagai permulaan, investor akan membeli unit penyertaan mutual funds dengan menyetor sejumlah dana. Misalnya, kamu bisa mulai investasi mutual funds dengan dana minimal yang cukup terjangkau.

2. Pengelolaan Dana

Kemudian, manajer investasi akan mengelola dana yang terkumpul ini dengan menempatkannya pada berbagai instrumen investasi sesuai dengan kebijakan dan strategi yang sudah ditentukan.

3. Diversifikasi

Seperti yang kita ketahui jika salah satu keunggulan mutual funds adalah diversifikasi, dimana investasi akan disebar ke dalam berbagai jenis aset untuk mengurangi risiko. Sebagai contoh, jika salah satu saham dalam portofolio mutual funds kamu mengalami penurunan, maka masih ada kemungkinan jika investasi kamu di aset lain mengalami kenaikan. Setidaknya kerugian bisa diminimalisir. 

4. Nilai Aktiva Bersih (NAB)

NAB adalah harga per unit penyertaan mutual funds yang dihitung setiap hari. NAB mencerminkan total nilai pasar dari seluruh aset dalam portofolio mutual funds dikurangi dengan biaya-biaya, kemudian dibagi dengan jumlah unit penyertaan yang beredar.

5. Return

Return mutual funds berasal dari kenaikan NAB. Jadi, jika NAB per unit naik, maka nilai investasi kamu juga naik. Return ini bisa berasal dari dividen saham, bunga obligasi, atau apresiasi harga aset. Kemudian, di tahap terakhir, investor bisa menjual kembali unit penyertaan mutual funds (redemption) kepada manajer investasi atau agen penjual. Dana hasil penjualan ini kemudian akan ditransfer ke rekening investor.

Keuntungan Berinvestasi di Mutual Funds

Berinvestasi di mutual funds menjadi pilihan populer di kalangan masyarakat, terutama bagi yang ingin mulai berinvestasi tapi tidak memiliki banyak waktu atau pengetahuan mendalam tentang pasar keuangan. 

Ada beberapa alasan mengapa mutual funds bisa menjadi pilihan investasi yang menarik:

1. Diversifikasi

Mutual Funds memberikan diversifikasi investasi, yang berarti dana kamu akan diinvestasikan dalam berbagai aset. Ini membantu mengurangi risiko karena jika salah satu aset berkinerja buruk, aset lain bisa menutupi kerugian tersebut.

2. Dikelola Profesional

Dana mutual funds dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman. Mereka memiliki keahlian dan pengetahuan untuk membuat keputusan investasi yang optimal, sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang detail investasi sehari-hari.

3. Likuiditas

Mutual Funds menawarkan likuiditas yang tinggi, ini artinya kamu bisa membeli atau menjual unit penyertaan mutual funds kapan saja. Ini memberikan fleksibilitas jika kamu membutuhkan dana tunai secara mendadak.

4. Akses Mudah

Mutual Funds bisa diakses oleh siapa saja, termasuk investor pemula dengan modal kecil. Kamu bisa memulai investasi dengan jumlah yang terjangkau.

Risiko Berinvestasi di Mutual Funds

Berinvestasi di mutual funds tentu memiliki sejumlah risiko yang perlu kamu pahami. Pertama, ada risiko pasar, di mana nilai investasi bisa turun akibat fluktuasi harga aset yang ada dalam portofolio mutual funds, seperti saham atau obligasi. Dalam berinvestasi di mutual funds atau reksa dana ini juga memiliki risiko likuiditas, yang muncul ketika mutual funds mengalami kesulitan dalam menjual aset untuk memenuhi penarikan dana oleh investor. 

Kemudian ada yang disebut sebagai risiko manajer investasi, yang berkaitan dengan kinerja manajer dalam mengelola dana. Jika manajer investasi tidak mampu membuat keputusan yang baik, kinerja mutual funds bisa terganggu. Risiko inflasi juga menjadi salah satu faktor yang bisa mengurangi nilai riil dari imbal hasil yang kamu terima. Memahami risiko-risiko ini penting agar kamu bisa membuat keputusan investasi yang lebih bijaksana dan sesuai dengan profil risiko kamu.

Dengan pengetahuan yang tepat, mutual funds bisa menjadi salah satu instrumen yang efektif untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Jangan ragu untuk memulai perjalanan investasi kamu dengan mutual funds, dan pastikan untuk selalu memantau perkembangan serta kinerja investasi secara berkala. Dengan demikian, kamu bisa mengambil keputusan yang lebih bijaksana dan tepat dalam mengelola portofolio investasi kamu.

Keamanan Investasimu Prioritas Kami!

Aplikasi Reku tersedia di Android dan App Store. Download untuk mulai investasi lebih dari 100 aset kripto yang terdaftar. Alasan kenapa Reku menjadi pilihan bagi jutaan pengguna di Indonesia:

  • Fee transaksi sangat rendah
  • Tersedia mode Pro dan mode Lightning, cocok untuk segala jenis investor
  • Staking dengan APY hingga 12.5% dan berlisensi BAPPEBTI
  • Bisa mulai dengan modal Rp5.000
  • Analisa setiap minggu dari Crypto Researcher Reku

Tunggu apa lagi? Ayo mulai perjalanan investasimu di Reku sekarang!

 

Foto diambil dari Freepik.