MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Jam Bursa Saham: Waktu Terbaik untuk Memaksimalkan Investasimu!
Teori
Bagikan!

Jam Bursa Saham: Waktu Terbaik untuk Memaksimalkan Investasimu!

04 July 2024
5 menit membaca
Jam Bursa Saham: Waktu Terbaik untuk Memaksimalkan Investasimu!

Jam bursa saham adalah waktu di mana pasar saham dibuka dan ditutup, dan ini sangat penting untuk kamu ketahui jika ingin memaksimalkan investasimu. Di Indonesia, bursa saham beroperasi mulai pukul 09:00 hingga 16:00 WIB, sedangkan di Amerika Serikat, jam perdagangan dimulai dari pukul 09:30 hingga 16:00 ET. Memahami jadwal ini membantu kamu menentukan kapan waktu terbaik untuk melakukan transaksi. Lalu, apa yang bisa kamu lakukan di luar jam bursa? Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang strategi dan tipsnya!

Apa Itu Jam Bursa Saham?

Pernahkah kamu bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk membeli atau menjual saham? Jawabannya terletak pada jam bursa saham. Jam bursa saham adalah waktu di mana pasar saham buka untuk perdagangan. Di Indonesia, Bursa Efek Indonesia (BEI) buka dari pukul 09:00 hingga 16:00 WIB dengan jeda istirahat di tengah hari. Sementara itu, bursa saham di Amerika Serikat, seperti NYSE dan NASDAQ, buka dari pukul 09:30 hingga 16:00 EST. Memahami jam bursa saham penting agar kamu bisa mengatur strategi investasi dan mengambil keputusan tepat waktu.

Jam Bursa Saham Indonesia dan Amerika Serikat

Di Indonesia, Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki jam perdagangan yang spesifik agar kamu bisa merencanakan investasi dengan tepat. Sesi pertama dimulai dari pukul 09:00 hingga 12:00 WIB, dilanjutkan dengan sesi kedua dari pukul 13:30 hingga 16:00 WIB. Selama jam ini, kamu bisa melakukan transaksi jual beli saham, memantau pergerakan harga, dan menyesuaikan strategi investasi kamu. Memahami jam operasional ini penting agar kamu bisa mengoptimalkan waktu untuk mengambil keputusan investasi yang lebih cerdas dan tepat waktu.

 

Sedangkan di Amerika Serikat, bursa saham utama seperti NYSE dan NASDAQ memiliki jam perdagangan yang dimulai dari pukul 09:30 hingga 16:00 waktu setempat (EST). Jam perdagangan ini sangat penting untuk kamu yang ingin berinvestasi di pasar saham AS, karena pergerakan harga saham dan volume transaksi paling aktif terjadi pada waktu ini. Untuk investor di Indonesia, ini berarti pasar AS dibuka pada malam hari, memberikan kesempatan unik untuk memanfaatkan pergerakan pasar global setelah jam kerja di Indonesia. Memahami perbedaan waktu ini bisa membantu kamu mengatur strategi investasi yang lebih baik dan mengoptimalkan potensi keuntungan dari pasar internasional.

Strategi Memaksimalkan Investasi saat Jam Bursa Saham

Investasi yang sukses membutuhkan strategi yang cerdas, terutama saat jam bursa saham sedang aktif. Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan investasimu.

1. Pantau Berita dan Tren Pasar 

Pastikan kamu selalu up-to-date dengan berita ekonomi dan tren pasar terkini. Berita dapat mempengaruhi pergerakan harga saham dalam waktu singkat, jadi dengan memantau berita secara aktif, kamu bisa mengambil keputusan investasi yang lebih tepat. Gunakan sumber berita terpercaya dan perhatikan indikator ekonomi utama yang bisa mempengaruhi pasar.

2. Gunakan Analisis Teknikal dan Fundamental 

Pelajari dan gunakan analisis teknikal dan fundamental untuk membuat keputusan investasi yang lebih baik. Analisis teknikal melibatkan pemeriksaan grafik harga dan indikator teknis lainnya untuk memprediksi pergerakan harga di masa depan, sementara analisis fundamental melibatkan evaluasi kesehatan finansial dan prospek perusahaan. Kombinasikan keduanya untuk strategi yang lebih komprehensif.

3. Diversifikasi Portofolio 

Jangan taruh semua uangmu dalam satu jenis saham atau sektor. Diversifikasi portofolio investasimu untuk mengurangi risiko dan meningkatkan potensi keuntungan. Investasi di berbagai sektor dan jenis aset, seperti saham, obligasi, dan reksa dana, dapat membantu melindungi investasimu dari fluktuasi pasar yang tidak terduga.

4. Manfaatkan Volatilitas Pasar 

Volatilitas pasar dapat menjadi peluang untuk membeli saham dengan harga lebih rendah atau menjual saham dengan harga lebih tinggi. Jangan takut untuk memanfaatkan fluktuasi harga saham selama jam bursa aktif. Namun, pastikan untuk melakukan riset dan analisis yang mendalam sebelum mengambil tindakan berdasarkan volatilitas.

5. Tetapkan Tujuan dan Batas Risiko 

Tentukan tujuan investasi jangka pendek dan jangka panjang, serta batas risiko yang kamu siapkan. Memiliki tujuan yang jelas dan memahami batas risiko akan membantumu tetap fokus dan disiplin dalam investasi. Jangan biarkan emosi menguasai keputusanmu, tetap tenang dan bijak dalam menghadapi naik turunnya pasar.

Apa yang Bisa Dilakukan di Luar Jam Bursa Saham

Investasi tidak berhenti hanya karena pasar tutup. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan di luar jam bursa saham untuk tetap memaksimalkan investasimu.

1. Melakukan Riset dan Analisis 

Gunakan waktu di luar jam bursa untuk melakukan riset mendalam dan analisis terhadap saham-saham yang kamu miliki atau yang ingin kamu beli. Baca laporan keuangan, analisis industri, dan berita ekonomi terkini. Dengan melakukan riset yang komprehensif, kamu akan lebih siap untuk membuat keputusan yang bijak saat pasar kembali buka.

2. Mengevaluasi Portofolio 

Evaluasi portofolio investasimu secara rutin untuk memastikan bahwa kamu berada di jalur yang benar menuju tujuan keuanganmu. Tinjau kinerja saham-saham dalam portofoliomu dan lakukan penyesuaian jika diperlukan. Ini juga waktu yang tepat untuk mengevaluasi alokasi aset dan memastikan diversifikasi yang tepat guna mengurangi risiko.

3. Mengembangkan Strategi Investasi 

Gunakan waktu ini untuk mengembangkan atau memperbarui strategi investasimu. Pertimbangkan pendekatan baru, seperti diversifikasi ke jenis aset lain atau sektor yang berbeda. Buat rencana jangka pendek dan jangka panjang, tetapkan tujuan keuangan yang jelas, dan susun strategi untuk mencapainya. Dengan memiliki strategi yang baik, kamu akan lebih siap menghadapi fluktuasi pasar.

Tips dan Trik untuk Investasi yang Sukses

Untuk mencapai kesuksesan dalam berinvestasi, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan. Yuk, kita simak!

1. Diversifikasi Portofolio 

Diversifikasi adalah kunci untuk mengurangi risiko dalam investasi. Jangan hanya berinvestasi pada satu jenis saham atau sektor saja. Misalnya, kamu bisa mengalokasikan sebagian dana ke saham blue-chip seperti BBCA atau BBRI, dan sebagian lainnya ke saham AS seperti AAPL. Dengan diversifikasi, kamu bisa melindungi diri dari fluktuasi pasar yang ekstrim di satu sektor tertentu.

2. Tetapkan Tujuan Investasi 

Menetapkan tujuan investasi yang jelas akan membantumu tetap fokus dan termotivasi. Apakah tujuanmu untuk menabung dana pensiun, membeli rumah, atau pendidikan anak? Dengan memiliki tujuan yang spesifik, kamu bisa menentukan strategi investasi yang sesuai. Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi dan menyesuaikan tujuanmu seiring berjalannya waktu dan perubahan kondisi keuangan.

3. Pahami Risiko dan Lakukan Riset 

Setiap investasi memiliki risiko, jadi penting untuk memahami risiko yang terkait dengan setiap jenis saham atau instrumen investasi. Lakukan riset mendalam sebelum memutuskan untuk membeli saham tertentu. Baca laporan keuangan, analisis pasar, dan tren industri. Dengan pengetahuan yang cukup, kamu bisa membuat keputusan yang lebih informatif dan mengurangi risiko kerugian.

4. Tetap Disiplin dan Konsisten 

Disiplin dan konsistensi adalah kunci dalam berinvestasi. Tetaplah pada strategi investasi yang telah kamu buat dan hindari keputusan emosional. Misalnya, jika kamu sudah menetapkan untuk berinvestasi dalam jangka panjang, jangan tergoda untuk menjual saham hanya karena pasar sedang turun. Ingatlah bahwa investasi adalah maraton, bukan sprint, jadi tetaplah konsisten dengan rencana investasimu.

5. Manfaatkan Jam Bursa Saham dengan Bijak 

Saat jam bursa saham Indonesia dan AS buka, manfaatkan waktu ini untuk melakukan transaksi dan memantau pergerakan harga saham. Kamu bisa membeli saham seperti BBCA, BBRI, atau saham AS seperti AAPL. Di luar jam bursa, gunakan waktu untuk mengevaluasi portofolio dan melakukan riset tambahan. Dengan memanfaatkan jam bursa secara optimal, kamu bisa meningkatkan peluang sukses dalam investasi.

Keamanan Investasimu Prioritas Kami!

Aplikasi Reku tersedia di Android dan App Store. Download untuk mulai investasi lebih dari 100 aset kripto yang terdaftar. Alasan kenapa Reku menjadi pilihan bagi jutaan pengguna di Indonesia:

  • Fee transaksi sangat rendah
  • Tersedia mode Pro dan mode Lightning, cocok untuk segala jenis investor
  • Staking dengan APY hingga 12.5% dan berlisensi BAPPEBTI
  • Bisa mulai dengan modal Rp5.000
  • Analisa setiap minggu dari Crypto Researcher Reku

Tunggu apa lagi? Ayo mulai perjalanan investasimu di Reku sekarang!

Foto diambil dari Freepik.