MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Mengenal Apa itu Dividen, dan Cara Mengetahui Nilai Dividen Sebuah Saham
Teori
Bagikan!

Mengenal Apa itu Dividen, dan Cara Mengetahui Nilai Dividen Sebuah Saham

20 June 2024
3 menit membaca
Mengenal Apa itu Dividen, dan Cara Mengetahui Nilai Dividen Sebuah Saham

Investasi dalam saham sering kali menjadi pilihan menarik bagi banyak orang karena potensi untuk mendapatkan dividen. Dividen adalah bagian dari laba perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham sebagai imbalan atas kepemilikan mereka. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang dividen saham, termasuk apa itu dividen, mengapa penting untuk investor, dan cara mengetahui nilai dividen sebuah saham.

Apa Itu Dividen Saham?

Dividen saham adalah pembagian sebagian dari laba bersih perusahaan kepada pemegang saham sebagai imbalan atas investasi mereka. Pembayaran dividen biasanya dilakukan secara periodik, seperti triwulanan atau tahunan, dan jumlahnya dapat bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan dan kinerja keuangan mereka.

Mengapa Dividen Penting bagi Investor?

Bagi investor, dividen memiliki beberapa manfaat utama:

  1. Pendapatan Pasif: Dividen dapat menjadi sumber pendapatan pasif yang stabil bagi investor, terutama bagi mereka yang mengandalkan investasi saham sebagai sumber penghasilan.
  2. Indikator Kesehatan Perusahaan: Pembayaran dividen yang konsisten dan meningkat dari waktu ke waktu sering kali menjadi indikator kesehatan finansial perusahaan.
  3. Penghasilan Selain Pertumbuhan Modal: Selain dari kenaikan harga saham (capital gain), dividen merupakan cara lain bagi investor untuk mendapatkan pengembalian atas investasi mereka.

Bagaimana Cara Mengetahui Nilai Dividen Sebuah Saham?

  • Tinjau Laporan Keuangan Perusahaan

Langkah pertama untuk mengetahui nilai dividen sebuah saham adalah dengan meninjau laporan keuangan perusahaan. Di laporan keuangan, kamu dapat menemukan informasi tentang jumlah dividen yang dibayarkan perusahaan selama periode tertentu. Biasanya, dividen diumumkan dalam laporan laba rugi atau laporan arus kas.

  • Perhatikan Dividen Yield

Dividen Yield adalah perbandingan antara dividen tahunan per saham dengan harga saham saat ini. Rumusnya adalah:

Dividen Yield=Dividen per saham/Harga Saham saat ini × 100%

Dividen Yield membantu kamu untuk membandingkan tingkat pengembalian dari dividen antara saham-saham yang berbeda. Semakin tinggi Dividen Yield, semakin besar pula pembayaran dividen relatif terhadap harga sahamnya.

  • Tinjau Sejarah Pembayaran Dividen

Melihat sejarah pembayaran dividen perusahaan dapat memberikan gambaran tentang konsistensi dan kecenderungan perusahaan dalam membagikan laba kepada pemegang sahamnya. Perusahaan dengan sejarah pembayaran dividen yang stabil cenderung memberikan keyakinan tambahan kepada investor.

  • Analisis Dividen-to-Earnings Ratio (DPR)

Dividen-to-Earnings Ratio (DPR) mengukur persentase laba perusahaan yang dibayarkan sebagai dividen. Rumusnya adalah:

DPR=Dividen per saham/Earnings per share (EPS)×100%

DPR yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan mengalokasikan sebagian besar labanya untuk membayar dividen kepada pemegang sahamnya.

Cara Melihat Nilai Dividen Saham AS

Investasi dalam saham seringkali menjadi pilihan menarik bagi banyak orang karena potensi untuk mendapatkan dividen, yang merupakan bagian dari laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari cara melihat nilai dividen saham AS secara efektif, termasuk menggunakan platform seperti NASDAQ, cara menemukan informasi dividen di halaman perusahaan, dan bagaimana pengumuman dividen mempengaruhi strategi investasi kamu.

  1. Mencari Informasi Dividen di NASDAQ

NASDAQ merupakan salah satu platform terkemuka untuk melihat informasi saham, termasuk nilai dividen. Berikut cara melakukannya:

  1. Kunjungi Situs NASDAQ di nasdaq.com.
  2. Cari Nama atau Simbol Saham yang kamu minati menggunakan kotak pencarian di bagian atas halaman.
  3. Pilih Saham yang Tepat dari hasil pencarian untuk melihat halaman detailnya.
  4. Di halaman saham tersebut, kamu akan menemukan bagian yang menyediakan informasi tentang dividen, termasuk tanggal dan besaran pembayaran dividen terakhir.
  1. Halaman Perusahaan untuk Informasi Dividen

Setiap perusahaan publik memiliki halaman investor relations di situs web mereka. Di sana, kamu bisa menemukan informasi terkait dividen secara terperinci. Berikut contohnya:

  1. Apple Inc. (AAPL): Buka situs web Apple di investor.apple.com. Di halaman ini, kamu dapat menemukan informasi tentang kebijakan dividen Apple, termasuk sejarah pembayaran dividen mereka dan rencana pembagian dividen di masa depan.
  2. Microsoft Corporation (MSFT): Buka situs web Microsoft di microsoft.com/investor. Di sini, kamu akan menemukan laporan keuangan dan informasi tentang dividen Microsoft, termasuk Dividen Yield dan tanggal pembayaran dividen terakhir.
  3. Johnson & Johnson (JNJ): Kunjungi investor.jnj.com untuk menemukan informasi tentang dividen Johnson & Johnson, termasuk laporan keuangan tahunan dan kuartalan mereka.
  1. Pengumuman Pembagian Dividen

Pengumuman pembagian dividen biasanya dilakukan secara periodik oleh perusahaan, dan ini mempengaruhi strategi investasi kamu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui:

  1. Tanggal Pengumuman: Perusahaan biasanya mengumumkan keputusan pembayaran dividen setelah pertemuan dewan direksi mereka. Informasi ini dapat kamu temukan di situs web investor relations mereka atau melalui platform finansial.
  2. Strategi Investasi: Mengetahui kapan perusahaan mengumumkan dividen dapat membantu kamu merencanakan strategi investasi. Banyak investor memilih untuk membeli saham sebelum tanggal ex-dividen (tanggal di mana seseorang harus memiliki saham untuk menerima dividen) untuk memastikan mereka memenuhi syarat untuk menerima pembayaran dividen.

Foto diambil dari Freepik.