MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Mengenal Blockchain: Teknologi Revolusioner dan Cara Kerjanya
Teori
Bagikan!

Mengenal Blockchain: Teknologi Revolusioner dan Cara Kerjanya

01 July 2024
3 menit membaca
Mengenal Blockchain: Teknologi Revolusioner dan Cara Kerjanya

Blockchain adalah teknologi yang menjadi fondasi di balik banyak inovasi digital, termasuk kripto. Teknologi ini telah mengubah cara kita melakukan transaksi dan menyimpan data secara digital. Artikel ini akan menjelaskan apa itu blockchain, bagaimana cara kerjanya, serta manfaat yang bisa kamu dapatkan dari teknologi ini.

Apa Itu Blockchain?

Blockchain adalah sebuah sistem pencatatan yang terdesentralisasi dan aman, digunakan untuk mencatat transaksi di banyak komputer. Ini membuat data yang disimpan di blockchain sulit untuk diubah atau diretas. Istilah blockchain sendiri berasal dari cara data disusun: sebagai serangkaian blok yang dihubungkan dalam rantai (chain).

Setiap blok di blockchain mengandung beberapa transaksi, dan setiap kali ada transaksi baru, catatan transaksi tersebut ditambahkan ke blok baru. Ketika satu blok sudah penuh, ia akan dihubungkan ke blok sebelumnya, membentuk rantai blok yang semakin panjang.

Cara Kerja Blockchain

Untuk memahami cara kerja blockchain, mari kita lihat langkah-langkah dasar yang terlibat dalam sebuah transaksi blockchain:

1. Inisiasi Transaksi

Proses dimulai ketika seseorang memulai sebuah transaksi. Misalnya, kamu ingin mengirim sejumlah Bitcoin ke temanmu. Kamu akan memulai transaksi dengan memasukkan informasi yang diperlukan, seperti jumlah Bitcoin yang akan dikirim dan alamat Bitcoin temanmu.

2. Verifikasi Transaksi

Setelah transaksi diinisiasi, informasi ini disiarkan ke jaringan blockchain. Di sini, jaringan terdiri dari banyak komputer yang dikenal sebagai node. Node-node ini akan memverifikasi validitas transaksi tersebut. Mereka memastikan bahwa kamu memiliki cukup Bitcoin untuk melakukan transaksi dan bahwa kamu benar-benar memiliki hak untuk mengirimkannya.

3. Pencatatan Transaksi

Setelah diverifikasi, transaksi tersebut akan dimasukkan ke dalam sebuah blok bersama transaksi lainnya. Blok ini kemudian akan ditambahkan ke rantai blok yang sudah ada, membuat informasi transaksi menjadi permanen dan tidak dapat diubah.

4. Pengamanan

Salah satu aspek terpenting dari blockchain adalah keamanannya. Setiap blok yang ditambahkan ke rantai mengandung hash dari blok sebelumnya. Hash adalah fungsi matematika yang mengubah input data menjadi string alfanumerik yang tetap. Jika ada perubahan pada satu blok, hash-nya juga akan berubah, yang berarti blok berikutnya tidak lagi valid. Ini membuat blockchain sangat aman terhadap upaya peretasan.

Manfaat Blockchain

Blockchain menawarkan banyak manfaat yang bisa membawa perubahan besar di berbagai sektor. Berikut beberapa manfaat utama dari teknologi blockchain:

1. Transparansi

Semua transaksi yang dilakukan menggunakan blockchain dapat dilihat oleh siapa saja yang memiliki akses ke jaringan. Ini membuat blockchain sangat transparan dan mengurangi risiko kecurangan.

2. Keamanan

Keamanan adalah salah satu keunggulan utama blockchain. Karena data yang disimpan di blockchain tidak dapat diubah tanpa mengubah semua blok berikutnya, teknologi ini sangat sulit untuk diretas.

3. Efisiensi

Dengan blockchain, transaksi dapat diproses lebih cepat dibandingkan dengan sistem tradisional yang membutuhkan perantara. Ini membuat blockchain lebih efisien dan mengurangi biaya transaksi.

4. Desentralisasi

Tidak ada entitas tunggal yang mengendalikan blockchain. Sebaliknya, kontrol didistribusikan di antara semua node dalam jaringan. Ini membuat blockchain lebih adil dan mencegah monopoli.

Penerapan Blockchain di Berbagai Sektor

Blockchain tidak hanya digunakan untuk kripto, tetapi juga telah diterapkan di berbagai sektor lainnya. Berikut beberapa contoh bagaimana blockchain dapat digunakan:

1. Keuangan

Di sektor keuangan, blockchain dapat digunakan untuk memproses transaksi lebih cepat dan lebih aman. Bank dan lembaga keuangan lainnya dapat menggunakan blockchain untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi.

2. Supply Chain

Di sektor supply chain, blockchain dapat digunakan untuk melacak pergerakan barang dari produsen ke konsumen. Ini membantu meningkatkan transparansi dan memastikan integritas produk.

3. Kesehatan

Di sektor kesehatan, blockchain dapat digunakan untuk menyimpan catatan medis secara aman. Ini memastikan bahwa data pasien tetap aman dan hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang.

4. Pemungutan Suara

Blockchain juga dapat digunakan dalam sistem pemungutan suara untuk memastikan bahwa suara yang diberikan tidak dapat diubah atau dihapus. Ini membuat proses pemungutan suara lebih transparan dan dapat diandalkan.

Blockchain adalah teknologi revolusioner yang menawarkan transparansi, keamanan, dan efisiensi yang lebih baik dibandingkan dengan sistem tradisional. Dengan memahami cara kerja blockchain, kamu bisa melihat potensi besar yang dimilikinya untuk membawa perubahan positif di berbagai sektor. Mulai dari keuangan hingga kesehatan, blockchain menawarkan solusi yang lebih baik untuk berbagai tantangan yang kita hadapi saat ini.

Sebagai teknologi yang terus berkembang, penting untuk tetap mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia blockchain. Siapa tahu, mungkin di masa depan kamu akan menjadi salah satu yang memanfaatkan teknologi ini untuk menciptakan inovasi baru yang mengubah dunia.

Keamanan Investasimu Prioritas Kami!

Aplikasi Reku tersedia di Android dan App Store. Download untuk mulai investasi lebih dari 100 aset kripto yang terdaftar. Alasan kenapa Reku menjadi pilihan bagi jutaan pengguna di Indonesia:

  • Fee transaksi sangat rendah
  • Tersedia mode Pro dan mode Lightning, cocok untuk segala jenis investor
  • Staking dengan APY hingga 12.5% dan berlisensi BAPPEBTI
  • Bisa mulai dengan modal Rp5.000
  • Analisa setiap minggu dari Crypto Researcher Reku

Tunggu apa lagi? Ayo mulai perjalanan investasimu di Reku sekarang!

 

Foto diambil dari Freepik.