MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Mengenal SEC: Apa Itu Securities and Exchange Commission dan Fungsinya?
Teori
Bagikan!

Mengenal SEC: Apa Itu Securities and Exchange Commission dan Fungsinya?

20 June 2024
6 menit membaca
Mengenal SEC: Apa Itu Securities and Exchange Commission dan Fungsinya?

Ketika kamu terjun ke dunia investasi, baik itu saham, obligasi, atau aset kripto, penting untuk memahami berbagai lembaga yang mengatur dan menjaga integritas pasar. Salah satu lembaga yang paling berpengaruh di dunia investasi adalah Securities and Exchange Commission (SEC). Bagi sobat Reku yang belum familiar, SEC adalah otoritas regulasi utama di Amerika Serikat yang bertugas melindungi investor, menjaga pasar yang adil dan efisien, serta memfasilitasi pembentukan modal.

Apa Itu Securities and Exchange Commission (SEC)

Pernahkah kamu bertanya-tanya siapa yang mengawasi agar pasar investasi tetap jujur dan transparan? Di Amerika Serikat, tugas penting ini diemban oleh Securities and Exchange Commission (SEC). Lembaga ini bukan hanya sekadar pengawas, tetapi juga pelindung bagi investor dan penegak keadilan di pasar keuangan.

Dibentuk pada tahun 1934 melalui Securities Exchange Act, SEC memiliki mandat untuk mengatur dan mengawasi industri sekuritas di Amerika. Dengan tujuan utama melindungi investor, SEC memastikan bahwa pasar tetap adil dan efisien serta bebas dari penipuan dan manipulasi. Mereka bekerja keras untuk menjamin bahwa semua perusahaan publik memberikan informasi yang transparan dan akurat kepada investor, sehingga kamu bisa membuat keputusan investasi yang berdasarkan informasi yang jelas dan benar.

Bayangkan betapa kacau dan tidak dapat diandalkannya pasar investasi tanpa pengawasan SEC. Tidak hanya sekadar mengatur, SEC juga mengambil tindakan tegas terhadap pelanggaran, memastikan bahwa para pelaku pasar mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Dalam dunia yang terus berubah ini, SEC terus beradaptasi dengan inovasi dan tantangan baru, termasuk di pasar kripto, untuk memastikan perlindungan investor tetap menjadi prioritas utama.

Sejarah Didirikannya Securities and Exchange Commission

Tanpa adanya pengawasan, dunia investasi akan berjalan dengan penuh kecurangan dan manipulasi. Nah, kondisi inilah yang melatarbelakangi berdirinya Securities and Exchange Commission (SEC) pada tahun 1934. Setelah kejatuhan pasar saham tahun 1929 yang memicu Great Depression, Amerika Serikat menyadari pentingnya regulasi ketat di pasar keuangan untuk melindungi investor dan menjaga stabilitas ekonomi.

Pembentukan SEC didasarkan pada Securities Exchange Act of 1934, yang memberi wewenang kepada lembaga ini untuk mengatur dan mengawasi perdagangan efek. Tugas SEC mencakup pelaksanaan dan penegakan undang-undang penting lainnya seperti Securities Act of 1933, Trust Indenture Act of 1939, Investment Company Act of 1940, dan Sarbanes-Oxley Act of 2002. Tujuan utama SEC adalah untuk mencegah penyalahgunaan di pasar keuangan, memastikan keterbukaan informasi, dan menghindari tindakan penipuan yang bisa merugikan investor.

Presiden Franklin D. Roosevelt, yang saat itu memimpin Amerika Serikat, menunjuk Joseph P. Kennedy, Sr.—ayah dari mantan Presiden John F. Kennedy—sebagai ketua pertama SEC. Langkah ini menunjukkan komitmen serius pemerintah dalam mengawasi dan menegakkan peraturan pasar keuangan.

SEC tidak hanya mengatur perusahaan publik untuk menyerahkan laporan keuangan berkala, tetapi juga menciptakan sistem EDGAR (Electronic Data Gathering, Analysis, and Retrieval system) yang memungkinkan investor mengakses informasi finansial secara online. Dengan adanya EDGAR, transparansi informasi keuangan perusahaan menjadi lebih mudah diakses, membantu investor dalam membuat keputusan investasi yang lebih terinformasi.

Kehadiran SEC telah membawa perubahan besar dalam dunia investasi, mengurangi risiko insider trading dan penipuan, serta memastikan bahwa semua investor memiliki akses yang sama terhadap informasi penting tentang perusahaan publik. Melalui pengawasan yang ketat dan penegakan hukum yang tegas, SEC terus berperan penting dalam menjaga integritas pasar keuangan hingga saat ini.

Fungsi Utama Securities and Exchange Commission

  • Perlindungan Investor

Melindungi investor adalah salah satu misi utama dari SEC. Mereka berusaha memastikan bahwa investor tidak menjadi korban praktik penipuan, manipulasi pasar, atau pelanggaran hukum lainnya. SEC memberikan edukasi dan informasi kepada investor untuk membantu mereka membuat keputusan investasi yang lebih cerdas. Selain itu, SEC juga memastikan bahwa perusahaan dan individu yang terlibat dalam pasar keuangan beroperasi secara jujur dan adil. Dengan demikian, investor dapat merasa lebih aman dan yakin dalam berinvestasi.

  • Pengawasan Pasar Keuangan

SEC memiliki wewenang untuk mengawasi seluruh entitas yang terlibat dalam pasar keuangan, termasuk perusahaan publik, perusahaan sekuritas, perusahaan investasi, dan perusahaan pialang. Mereka memastikan bahwa semua entitas ini mematuhi aturan dan peraturan yang berlaku untuk menjaga integritas dan stabilitas pasar. Dengan pengawasan yang ketat, SEC dapat mendeteksi dan mencegah potensi masalah sebelum menjadi krisis yang lebih besar.

  • Pengaturan dan Penegakan Hukum

Selain mengeluarkan peraturan yang mengatur berbagai aspek pasar keuangan, SEC juga memiliki kekuatan untuk menegakkan hukum dan mengajukan tuntutan terhadap pelanggar hukum. Mereka mengatur penerbitan dan penawaran sekuritas, mengawasi perusahaan publik, pialang, dan lembaga investasi. Penegakan hukum yang tegas memastikan bahwa semua pihak mematuhi aturan, sehingga menciptakan lingkungan pasar yang adil dan transparan.

  • Pengungkapan Informasi

Transparansi adalah kunci dalam pasar keuangan, dan SEC mewajibkan perusahaan publik serta perusahaan sekuritas lainnya untuk mengungkapkan informasi keuangan mereka secara berkala. Ini termasuk laporan keuangan tahunan dan kuartalan, laporan manajemen, dan informasi lain yang relevan. Dengan adanya pengungkapan informasi ini, investor dapat membuat keputusan investasi yang berdasarkan informasi yang akurat dan up-to-date.

  • Penyusunan Aturan dan Standar

Untuk menciptakan keseragaman dalam pelaporan keuangan dan memudahkan investor dalam memahami serta membandingkan informasi dari berbagai perusahaan, SEC berperan dalam menyusun aturan dan standar pasar keuangan. Standar akuntansi dan pelaporan keuangan yang ditetapkan oleh SEC membantu memastikan bahwa informasi yang diberikan oleh perusahaan dapat dipahami dengan mudah oleh investor, meningkatkan transparansi dan kepercayaan di pasar keuangan.

  • Penegakan Hukum Sekuritas

Menegakkan hukum sekuritas federal adalah salah satu tugas penting SEC. Dengan mengadili pelaku kejahatan seperti manipulasi pasar dan penipuan, SEC mempertahankan integritas pasar dan kepercayaan investor. Langkah-langkah ini tidak hanya melindungi investor tetapi juga menjaga stabilitas dan kredibilitas pasar keuangan secara keseluruhan.

  • Pembentukan Modal

Membantu pembentukan modal adalah aspek penting lain dari mandat SEC. Dengan mengatur penawaran sekuritas dan memastikan kepatuhan dengan persyaratan registrasi, SEC memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan untuk ekspansi bisnis, penciptaan lapangan kerja, dan inovasi. Hal ini tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi tetapi juga menciptakan peluang baru bagi investor.

  • Pengawasan Pasar

SEC juga memantau perkembangan dan tren pasar untuk menjaga pasar yang teratur dan efisien. Dengan menyesuaikan regulasi dan keahlian sesuai dengan dinamika pasar yang terus berkembang, SEC mempromosikan stabilitas dan ketahanan pasar. Pengawasan ini memastikan bahwa pasar keuangan tetap transparan, adil, dan berfungsi dengan baik bagi semua peserta.

Perkembangan Terbaru Securities and Exchange Commission

Dalam beberapa tahun terakhir, Securities and Exchange Commission (SEC) telah mengambil berbagai langkah inovatif untuk meningkatkan transparansi dan perlindungan investor di pasar keuangan. Di bawah kepemimpinan Gary Gensler, SEC fokus pada regulasi yang lebih ketat terhadap pasar kripto, meningkatkan kewajiban pelaporan perusahaan terkait isu-isu lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG), serta memperkuat aturan terkait perdagangan berbasis informasi non-publik (insider trading). Selain itu, SEC juga sedang mengkaji ulang aturan tentang perdagangan sekuritas untuk memastikan mereka sesuai dengan perkembangan teknologi dan dinamika pasar yang cepat berubah. Inisiatif-inisiatif ini mencerminkan komitmen SEC untuk terus beradaptasi dengan tantangan baru dan menjaga integritas pasar keuangan demi melindungi kepentingan investor.

Membeli Aset Kripto dengan Aplikasi Reku

Sekarang kamu bisa membeli Bitcoin, Ethereum, dan crypto lainnya aplikasi Reku. Aplikasi ini memungkinkan investor untuk membeli crypto secara online dengan aman dan mudah karena diawasi oleh BAPPEBTI.

Langkah-langkah Membeli Aset Kripto di Reku

  1. Unduh dan Daftar: Unduh aplikasi Reku dan lakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  2. Verifikasi Akun: Lakukan verifikasi akun kurang dari 5 menit, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Deposit Rupiah: Lakukan deposit dalam bentuk Rupiah ke aplikasi Reku. Kamu bisa melakukan transfer dari berbagai bank dan e-wallet, seperti BCA, Mandiri, CIMB Niaga, OVO, Dana, dan lain-lain.
  4. Pilih Aset Kripto: Cari crypto yang ingin kamu beli dari 100+ daftar aset kripto yang dimiliki Reku.
  5. Beli Crypto: Lakukan pembelian dengan mode Pro maupun Lightning sesuai preferensimu.

Foto diambil dari Reuters.