MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Mengenal Shiba Inu Crypto dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harganya
Teori
Bagikan!

Mengenal Shiba Inu Crypto dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harganya

26 June 2024
3 menit membaca
Mengenal Shiba Inu Crypto dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harganya

Shiba Inu (SHIB) adalah salah satu aset kripto yang banyak menarik perhatian investor kripto belakangan ini. Diciptakan sebagai Dogecoin Killer, Shiba Inu hadir dengan maskot anjing Shiba Inu yang lucu dan ikonik. Meski awalnya dianggap sebagai lelucon, Shiba Inu telah menunjukkan bahwa dirinya memiliki potensi serius di dunia kripto. Artikel ini akan membahas apa itu Shiba Inu crypto, serta faktor-faktor yang mempengaruhi naik-turunnya harga SHIB.

Apa Itu Shiba Inu Kripto?

Shiba Inu adalah token berbasis Ethereum yang diluncurkan pada Agustus 2020 oleh seseorang atau sekelompok orang dengan nama samaran “Ryoshi”. Token ini dengan cepat menarik perhatian komunitas kripto karena identitasnya yang unik dan dukungan kuat dari penggemar di media sosial. Shiba Inu bertujuan untuk menjadi desentralisasi yang sepenuhnya dikelola oleh komunitasnya.

Shiba Inu memiliki beberapa proyek penting seperti ShibaSwap, sebuah platform DeFi (Decentralized Finance) yang memungkinkan pengguna untuk melakukan staking, farming, dan menukar token. Selain itu, Shiba Inu juga memiliki ekosistem yang mencakup token LEASH dan BONE.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Shiba Inu

1. Kekuatan Komunitas

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi harga Shiba Inu adalah kekuatan komunitasnya. Komunitas yang besar dan aktif dapat meningkatkan permintaan untuk token SHIB. Dukungan dari influencer dan tokoh terkenal juga dapat menyebabkan lonjakan harga secara signifikan. Misalnya, cuitan dari tokoh seperti Elon Musk sering kali memiliki dampak besar pada harga kripto tertentu.

2. Adopsi dan Penggunaan

Penggunaan Shiba Inu dalam berbagai aplikasi dan platform juga berpengaruh terhadap harganya. Adopsi Shiba Inu sebagai metode pembayaran oleh berbagai bisnis atau integrasi ke dalam platform DeFi lainnya dapat meningkatkan nilai token ini. Semakin banyak tempat yang menerima SHIB, semakin tinggi permintaannya.

3. Perkembangan Proyek

Proyek dan perkembangan teknologi di balik Shiba Inu juga mempengaruhi harganya. Peluncuran fitur baru, pembaruan sistem, atau kemitraan strategis dapat meningkatkan kepercayaan investor dan mendorong harga naik. Sebaliknya, masalah teknis atau kegagalan proyek dapat menyebabkan harga turun.

4. Pasar Kripto Secara Umum

Kondisi pasar kripto secara keseluruhan juga berdampak besar pada harga Shiba Inu. Ketika pasar kripto sedang bullish, harga SHIB cenderung naik. Sebaliknya, ketika pasar sedang bearish, harga SHIB juga cenderung menurun. Perubahan besar dalam harga Bitcoin dan Ethereum sering kali mencerminkan pergerakan harga di seluruh pasar kripto.

5. Regulasi dan Kebijakan Pemerintah

Perubahan dalam regulasi dan kebijakan pemerintah terkait kripto dapat mempengaruhi harga Shiba Inu. Pengumuman regulasi yang ketat atau larangan perdagangan kripto di negara-negara besar dapat menyebabkan penurunan harga. Sebaliknya, regulasi yang mendukung dan kebijakan yang ramah terhadap kripto dapat mendorong harga naik.

6. Aktivitas Whales

Aktivitas whales atau pemegang besar SHIB juga berpengaruh. Jika seorang whale menjual sejumlah besar SHIB, ini dapat menyebabkan harga turun karena peningkatan pasokan di pasar. Sebaliknya, jika whales menahan atau membeli lebih banyak SHIB, ini dapat meningkatkan harga karena pengurangan pasokan di pasar.

7. Media dan Sentimen Publik

Media dan sentimen publik memiliki pengaruh besar pada harga Shiba Inu. Berita positif, seperti listing di bursa besar atau pengumuman kemitraan baru, dapat menyebabkan harga naik. Sebaliknya, berita negatif atau rumor tentang penipuan dan masalah keamanan dapat menyebabkan penurunan harga.

Cara Mengelola Investasi di Shiba Inu

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi di Shiba Inu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat mengelola investasi dengan bijak:

1. Lakukan Riset Mendalam

Sebelum berinvestasi, penting untuk melakukan riset tentang Shiba Inu dan memahami proyek serta tim di baliknya. Baca whitepaper, ikuti perkembangan proyek, dan pantau berita terkait.

2. Diversifikasi Portofolio

Jangan meletakkan semua telur dalam satu keranjang. Diversifikasi portofolio investasi kamu dengan berbagai aset kripto lainnya untuk mengurangi risiko.

3. Pantau Pasar Secara Berkala

Pasar kripto sangat volatil. Pantau pergerakan harga SHIB dan berita terkait secara berkala untuk membuat keputusan investasi yang tepat waktu.

4. Tetapkan Tujuan dan Batasan

Tetapkan tujuan investasi dan batasan kerugian. Ini akan membantu kamu untuk tetap tenang dan tidak membuat keputusan emosional saat harga naik atau turun secara signifikan.

Shiba Inu adalah aset kripto yang menarik dengan komunitas yang kuat dan proyek yang sedang berkembang. Namun, seperti investasi kripto lainnya, harga Shiba Inu sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kekuatan komunitas, adopsi, perkembangan proyek, kondisi pasar kripto, regulasi, aktivitas whales, dan sentimen publik. Dengan memahami faktor-faktor ini, kamu dapat membuat keputusan investasi yang lebih bijaksana dan mengelola risiko dengan lebih baik. Selalu lakukan riset mendalam dan pantau perkembangan pasar untuk memaksimalkan potensi keuntungan dari investasi di Shiba Inu.

Keamanan Investasimu Prioritas Kami!

Aplikasi Reku tersedia di Android dan App Store. Download untuk mulai investasi lebih dari 100 aset kripto yang terdaftar. Alasan kenapa Reku menjadi pilihan bagi jutaan pengguna di Indonesia:

  • Fee transaksi sangat rendah
  • Tersedia mode Pro dan mode Lightning, cocok untuk segala jenis investor
  • Staking dengan APY hingga 12.5% dan berlisensi BAPPEBTI
  • Bisa mulai dengan modal Rp5.000
  • Analisa setiap minggu dari Crypto Researcher Reku

Tunggu apa lagi? Ayo mulai perjalanan investasimu di Reku sekarang!

 

Foto diambil dari Freepik